Sel28Mei201913:39

Ini Bahayanya Jika Kutil Kelamin Menular

 

Penyakit kutil kelamin menular melalui hubungan seksual baik anal, oral, maupun vaginal yang dilakukan dengan penderita. Bahkan melalui cairan yang keluar dari alat kelamin, penyakit menular seksual satu ini bisa ditularkan. Kutil kelamin biasanya kurang disadari karena tidak menimbulkan rasa sakit ataupun gatal. Kutil kelamin juga ukurannya kecil sehingga sering tak kasat mata.



Pada wanita, kutil kelamin menular dan dapat tumbuh di bagian dalam vagina dan membuatnya sulit terdeteksi. Kutil kelamin dapat diderita oleh pria maupun wanita. Masa inkubasi bakteri penyebab kutil kelamin ini panjang. Setelah menginfeksi tubuh, gejalanya dapat muncul bahkan hingga belasan tahun. Hal ini membuat penderita kurang mewaspadai penyebab sekaligus gejalanya. Ukuran kutil kelamin awalnya kecil dan semakin lama akan bertambah ukuran sekaligus jumlahnya.

Faktor Penyebab Penyakit Kutil Kelamin


Kutil kelamin merupakan penyakit menular seksual yang dapat ditularkan lewat aktivitas hubungan seksual. Penyebab utama penyakit kutil kelamin ini adalah Human papilloma virus (HPV). Virus tersebut dapat disebarkan melalui seks anal, oral, maupun vaginal. Selain itu, jika penderita menyentuh kutil lalu menyentuh kelamin pasangan juga memungkinkan penularan virus penyebab kutil kelamin.

Cara lain kutil kelamin menular virusnya adalah melalui penggunaan sex toys atau alat bantu seks. Meskipun jarang terjadi, namun kutil kelamin juga dapat ditularkan penderita yang sedang hamil kepada bayi yang dikandungnya. Tidak seperti kencing nanah, kutil kelamin tidak dapat menular melalui ciuman ataupun kontak tidak langsung seperti penggunaan handuk ataupun toilet yang sama dengan penderita.


Mewaspadai Gejala Kutil Kelamin


Gejala khas dari penyakit kutil kelamin adalah munculnya kutil yang ukurannya beragam, begitu pula bentuknya. Bentuk kutil ada tiga jenis, yang pertama ukurannya kecil dan rata. Bentuk kutil ini disebut moluskum, muncul tiba-tiba seperti daging tumbuh namun sering kali tidak kasat mata. Apalagi jika tumbuhnya di vagina bagian dalam. bentuk lainnya adalah seperti jengger ayam yang merupakan kumpulan dari beberapa kutil menjadi satu. Selain seperti jengger ayam, kutil yang lama kelamaan bertambah juga memiliki bentuk seperti kembang kol.

Pada umumnya kutil kelamin tidak sakit dan tidak gatal, namun bisa juga gatal dan sakit saat jumlahnya telah banyak. Lama kelamaan kutil tersbeut akan menghitam dan muncul luka. Bahkan jika jumlahnya sudah banyak, maka dapat menutupi kemaluan dan mengganggu fungsi kemaluan. Dan tentu saja, kutil kelamin menular dan untuk menghilangkannya dibutuhkan teknologi laser.

Bahaya Penyakit Kutil Kelamin Menular


Jika Anda terinfeksi virus kutil kelamin, maka Anda berisiko untuk menularkannya ke orang lain lagi. Saat Anda didiagnosis kutil kelamin, namun tidak segera mengobatinya maka Anda bisa mengalami komplikasi. Pada wanita, kutil ini dapat menyebabkan kanker serviks, dan pada pria dapat memicu kanker penis. Tak hanya itu, jika kutil kelamin menular ke organ lain, maka dapat mengganggu fungsi organ tersebut. Jika kutilnya mengalami luka, maka dapat terinfeksi oleh bakteri lain dan berdarah. Tentunya kutil kelamin menular, dan bukanlah penyakit yang bisa kita remehkan.

Mengobati Penyakit Kutil Kelamin


Waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan kutil kelamin beragam, tergantung dari seberapa parah. Untuk mencegah virusnya berkembang, biasanya dokter akan memberikan obat antivirus. Namun untuk bekas kutilnya perlu menggunakan laser untuk menghilangkannya. Penyakit kutil kelamin ini harus segera diobati, jika dibiarkan dapat menular dan jumlahnya semakin banyak.



Pengobatan untuk penyakit kutil kelamin menular dapat dilakukan di klinik kami yaitu Klinik Utama Sentosa. Tak hanya penderita saja yang terganggu kesehatannya, orang disekitarnya terutama pasangan juga dapat terancam penyakit menular seksual yang satu ini. Jika Anda menemukan gejala yang mriip dengan gejala kutil kelamin di atas, maka silahkan sampaikan kekhawatiran Anda dengan berkonsultasi dengan dokter kami. Untuk konsultasi online dapat Anda lakukan melalui layanan hotline kami di 081366657878.