Sen01Jul201909:50

Gejala Awal Kutil Kelamin Pada Wanita

Gejala awal kutil kelamin adalah mereka dapat berkembang di sekitar alat kelamin dan muncul sebagai benjolan kecil atau pertumbuhan berdaging. Kutil kelamin adalah infeksi menular seksual (IMS) yang umum. Penyebab kutil kelamin adalah hasil dari infeksi Human papilloma virus (HPV) yang ditularkan melalui aktivitas seksual vaginal, anal, atau oral.
Gejala Awal Kutil Kelamin Pada Wanita
Gejala Awal Kutil Kelamin Pada Wanita
Hal-hal yang perlu Anda ketahui, antara lain:
  • Gejala awal kutil kelamin dapat hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari plak kental hingga benjolan kecil tunggal atau berkelompok.
  • Bahkan jika kutil tidak terlihat, itu tidak berarti bahwa orang yang terinfeksi tidak memilikinya. Beberapa kutil mungkin tumbuh internal (dalam vagina atau anus), sementara orang lain membawa virus tanpa menunjukkan gejala.
  • Ada dua jenis Human papilloma virus, yaitu HPV-6 dan HPV 11, virus yang bertanggung jawab atas sebagian besar kutil kelamin.
Kutil kelamin juga dikenal dengan condyloma acuminata, atau jengger ayam. Kutil kelamin dapat berkembang di dekat vagina, leher rahim, alat kelamin, atau dubur. Karena kutil kelamin dapat memakan waktu beberapa bulan untuk berkembang, Anda dapat mengamai infeksi tanpa gejala apapun.

Human papilloma virus juga adalah penyebab hampir semua kasus kanker serviks. Subtipe yang paling mungkin menyebabkan kanker berbeda dari yang biasanya menyebabkan kutil kelamin. Tetapi, banyak orang yang terinfeksi lebih dari satu subtipe. Oleh sebab itu, orang dengan kutil kelamin lebih mungkin untuk terinfeksi virus penyebab kanker.



Lalu apa saja gejala awal kutil kelamin dan bagaimana mendiagnosisnya?

Tidak semua orang yang terinfeksi jenis HPV akan memiliki kutil kelamin, seringkali orang yang membawa strain tidak memiliki gejala. Bagi mereka yang memiliki gejala, kutil kelamin muncul dalam berbagai bentuk, ukuran, dan presentasi.

Penampilan. Kutil kelamin dapat tumbuh kecil, besar, tunggal atau berkelompok. Kutil umumnya tidak berpigmen (warnanya sama dengan warna kulit disekitarnya), namun terkadang dapat muncul dalam berbagai warna, seperti merah muda, coklat, abu-abu, dan putih. Kutil kelamin mungkin menyerupai kembang kol, ditemukan pada area lembab sekitar alat kelamin dan anus, atau di dalam vagina dan leher rahim.

Sensasi. Gejala awal kutil kelamin biasanya tidak menyebabkan rasa sakit, namun terkadang gatal, berdarah, atau menyebabkan hubungan seksual terasa menyakitkan.
Lokasi. Kutil kelamin dapat berupa internal dan eksternal. Kutil kelamin eksternal muncul pada orang dari semua jenis kelamin, seperti vulva, labia, pubis, pintu masuk uretra, perineum, penis, skrotum, dan sekitar pintu masuk ke anus.

Simak: Adakah Obat Kutil Kelamin Yang Ampuh?

Jika Anda aktif secara seksual dan merasa memiliki kutil kelamin, konsultasi dengan dokter adalah hal pertama yang harus Anda lakukan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kutil kelamin umumnya dapat didiagnosis dengan meudah dengan pemeriksaan sederhana.

Pengujian lebih lanjut tergantung dimana kutil tumbuh, Anda akan disarankan untuk menjalani pemeriksaan lebih rinci. Perawatan kutil kelamin yang tepat dilakukan tergantung pada jenis kutil yang Anda miliki, letak dan ukuran kutil.

Tidak disarankan untuk mengobati kutil pada alat kelamin sendiri tanpa anjuran dokter, termasuk mengoleskan krim yang dijual bebas, hati-hatilah dalam melakukan tindakan pada alat kelamin Anda, dan selalu ikuti saran dan anjuran dokter untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Gejala awal kutil kelamin yang terdeteksi sejak dini akan mempercepat proses penyembuhan, membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran kutil pada area organ kelamin. Selain itu, juga akan menghemat waktu dan biaya pengobatan kutil kelamin karena masih mudah untuk diatasi.



Kutil kelamin? konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Jika saat ini Anda mengalami gejala awal kutil kelamin berupa pertumbuhan kecil berdaging pada area alat kelamin, akan lebih baik untuk tidak diabaikan begitu saja, dan segera konsultasikan ke dokter ahli kelamin. Kami, Klinik Utama Sentosa adalah adalah klinik kulit kelamin yang menangani berbagai penyakit kelamin, termasuk kutil kelamin baik pada pria maupun wanita hingga tuntas.

Kami hadir dengan metode perawatan terbaru yang efektif untuk membasmi kutil kelamin, perawatan medis berkualitas dan terarah, dimana Anda ditangani langsung oleh dokter ahli terlatih di bidangnya. Di dukung peralatan medis canggih, laboratorium steril dengan biaya yang tidak menguras kantong Anda.

Kami juga menyediakan layanan konsultasi online gratis 24 jamu untuk memudahkan Anda konsultasi, untuk pertanyaan lainnya mengenai gejala awal kutil kelamin atau penyakit kelamin lainnya, silahkan klik website kami atau Anda dapat menghubungi kami di 081366657878.