Rab17Jul201909:40

Gejala atau Tanda Kutil Kelamin Tahap Awal

 

Gejala yang muncul pada penderita kutil kelamin tahap awal biasanya tidak terlalu tampak, hal ini karena kutil kelamin bentuknya masih kecil dan cenderung tidak kasat mata. Kutil kelamin yang muncul di sekitar kemaluan awalnya hanya berupa kulit tumbuh yang datar dan jumlahnya sedikit. Apalagi kutil ini tidak gatal ataupun sakit, sehingga keberadaanya di bagian alat kelamin yang termasuk organ tertutup juga sulit untuk ditemukan.

kutil kelamin tahap awal
kutil kelamin tahap awal


Bahkan kutil kelamin pada wanita seringkali tidak disadari karena kutilnya dapat tumbuh hingga ke dinding rahim. Semakin lama, kutil kelamin akan semakin membesar dan jumlahnya bertambah. Kutil ini jika sudah membesar dan berdekatan bentuknya menyerupai kembang kol maupun jengger ayam. Ketika menemukan kutil masih berukuran kecil di sekitar kelamin, periksakan diri ke dokter untuk mengetahui itu adalah kutil kelamin atau bukan.

Gejala Awal Kutil Kelamin


Pada kutil kelamin tahap awal, penderita biasanya tidak merasakan gatal maupun sakit. Hal ini membuat kutil sulit untuk dideteksi pada awalnya. Namun, semakin lama, ukuran kutil akan semakin membesar dan mudah untuk dikenali. Jadi, jika Anda menemukan kutil di sekitar kelamin, jangan abaikan. Kutil kelamin ini dapat menjadi lebih besar lagi jika infeksi virusnya tidak dihentikan. Berikut ini beberapa gejala kutil kelamin yang mungkin harus Anda waspadai:



• Muncul kutil di penis, vagina, vulva, anus, maupun dinding rahim pada wanita.
• Kutil yang terasa gatal di kelamin.
• Kutil berbentuk jengger ayam.
• Kutil berbentuk kembang kol.

Penyakit kutil kelamin dapat bertambah ukuran serta jumlahnya seiring berjalannya waktu. Penggunaan obat antivirus dapat digunakan untuk menghentikan pertumbuhan kutil kelamin tahap awal. Sedangkan mendeteksi kutil kelamin tahap awal dapat mengurangi risiko kutil menular. Pasalnya kutil kelamin dapat menular melalui hubungan seksual baik seks oral, anal, maupun vaginal.

kutil kelamin tahap awal
kutil kelamin tahap awal

Bahaya Kutil Pada Kelamin


Kutil pada kelamin merupakan penyakit yang patut diwaspadai, karena penyakit yang satu ini dapat diderita oleh pria maupun wanita. Ketika kutil menginfeksi tubuh, maka setelah itu proses penularan dapat terjadi. Ketika kutil kelamin belum memunculkan gejala, risiko penularan sudah bisa terjadi. Apalagi penyakit kutil kelamin ini memiliki banyak bahaya yang sangat berbahaya, salah satunya adalah kanker penis.

Kutil kelamin tahap awal hanya memunculkan kutil berukuran kecil dan cenderung kasat mata yang tidak gatal maupun sakit. Namun, jika setelah menyadarinya, kutil tidak diberikan tindakan pengobatan, maka kutilnya akan berubah semakin besar dan menutupi bagian yang ditumbuhi. Bahkan ada yang hingga menutupi vulva maupun penis. Jika kutil tumbuh di sekitar lubang kencing, maka aktivitas buang air kecil dapat terganggu karena lubang kencing tertutupi oleh kutil. Tak hanya itu, kutil yang banyak dapat menyebabkan rasa gatal yang jika digaruk dapat luka dan lecet. Jika luka lecet ini terkena urine, maka infeksi penyakit lainnya dapat terjadi, salah satunya kanker penis dan kanker serviks pada wanita.


Mengobati Gejala Kutil Kelamin

Untuk mengobati kutil kelamin tahap awal, maka diperlukan beberapa cara. Cara yang pertama adalah untuk mencegah virusnya agar tidak semakin menyebar dan menginfeksi organ tubuh lainnya. sedangkan cara yang kedua adalah dengan metode laser untuk menghilangkan bekas kutil kelamin. Bekas kutil kelamin jika tidak dihilangkan dapat menutupi alat kelamin.
 
Alat kelamin yang tertutupi kutil kelamin ini selain tidak sedap dipandang, juga dapat menghalangi fungsi alat kelamin, seperti berhubungan seksual maupun buang air kecil. Pengobatan kutil kelamin disarankan untuk dilakukan pada kutil kelamin tahap awal. Jika tidak, resiko penularannya akan semakin besar, begitu juga dengan bekas kutil yang harus dihilangkan jauh lebih banyak. Konsultasikan pengobatan kutil kelamin di Klinik Utama Sentosa melalui layanan hotline di nomor 081366657878.