Sel16Apr201910:54

Efek Kutil Kelamin Jika Tak Segera Ditangani

Efek kutil kelamin akibat tidak segera menangani penyakit adalah munculnya komplikasi berbahaya. Kutil kelamin merupakan salah satu infeksi menular seksual yang terjadi akibat human papillomavirus atau HPV. Pada tahap awal, penyakit kutil kelamin tidak menyebabkan rasa sakit. Namun, kemunculan kutil pada kelamin ini bisa menimbulkan rasa gatal hingga ketidaknyamanan pada penderitanya.
efek kutil kelamin
efek kutil kelamin

Bagaimana Gejala Akibat Infeksi Virus Kutil Kelamin?

Gejala kutil kelamin muncul sekitar 2 hingga 4 minggu setelah virus menginfeksi tubuh pertama kali. Infeksi virus kutil kelamin akan menyebabkan munculnya tonjolan asing di sekitar organ kelamin. Kutil kelamin dapat tumbuh secara tunggal maupun berkelompok hingga menyerupai kembang kol. Benjolan akibat kutil kelamin yang telah menyebar atau membesar dapat mengganggu penderitanya, seperti terasa nyeri hingga pendarahan ketika berhubungan seks.



Secara umum, gejala yang akan dirasakan penderitanya adalah gatal di sekitar kemaluan, tubuh mengalami demam, sakit ketika buang air kecil, keluarnya cairan keputihan tidak normal, dan sakit saat berhubungan intim. Kutil kelamin pada wanita dan pria memiliki perbedaan, yakni lokasi atau area yang ditumbuhi. Perbedaan lokasi pertumbuhan kutil tersebut, adalah sebagai berikut:
 

• Kutil kelamin pria

Seorang pria yang menderita penyakit kutil kelamin biasanya akan merasakan sakit di bagian tertentu. Area tubuh yang ditumbuhi kutil, antara lain batang atau ujung kemaluan, kantung buah zakar, area selangkangan, paha bagian atas, dan sekitar atau dalam anus.


• Kutil kelamin wanita

Berbeda dengan pria, benjolan yang menandakan adanya infeksi kutil kelamin umumnya tumbuh di daerah tertentu. Beberapa bagian tubuh yang ditumbuhi kutil kelamin adalah dinding organ kelamin, vulva atau bagian luar kemaluan, dalam organ kelamin, dan leher rahim atau serviks.


Beberapa Cara Menangani Penyakit Kutil Kelamin

Risiko munculnya berbagai efek kutil kelamin disebabkan oleh beberapa faktor pemicu. Seseorang rentan terinfeksi kutil kelamin karena memiliki hal-hal, seperti berusia di bawah 30 tahun, memiliki kebiasaan merokok, sudah aktif secara seksual sejak muda, melakukan hubungan seksual dengan orang yang berbeda, sistem imum yang dimiliki tubuh lemah, dan pernah menderita penyakit menular seksual lain sebelumnya.
 
Bahaya atau efek kutil kelamin yang akan diderita jika tak segera melakukan penanganan adalah kanker serviks, kanker vulva, kanker penis, dan kanker anus. Karena itu, sebelum berlanjut pada efek kutil kelamin yang lebih serius, pengobatan bersama dokter harus dilakukan dengan segera. Penanganan untuk kutil kelamin biasanya dilakukan dengan menggunakan obat oles sesuai resep dokter. Jika obat belum mampu meredakan gejala, maka tindak operasi menjadi pilihan lainnya. Untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, perawatan harus disertai dengan tindak pencegahan, seperti:

• Gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual.
• Tidak bergonta ganti pasangan seks atau setia pada satu orang saja.
• Lakukan vaksinasi HPV sebanyak 2 hingga 3 kali sebelum berusia 26 tahun.
• Keringkan organ kelamin dengan benar setelah mandi atau seusai berkemih.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Efek kutil kelamin, berupa komplikasi dapat diatasi dengan berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik spesialis penanganan penyakit kulit dan kelamin terbaik di wilayah Jakarta. Klinik ini didukung dengan dokter ahli berpengalaman dan peralatan medis canggih berteknologi modern. Melakukan perawatan di Klinik Utama Sentosa, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan medis terbaik dan dengan biaya perawatan yang terjangkau. Layanan konsultasi dan reservasi dapat dilakukan secara online sehingga memudahkan pasien untuk mengetahui penyebab penyakit, efek kutil kelamin, dan jenis perawatan yang cocok. Informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya Anda bisa segera berkonsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.