Jum18Jan201916:20

Ciri Ciri Penyakit Jengger Ayam

Munculnya benjolan di sekitar organ kelamin merupakan salah satu ciri ciri penyakit jengger ayam. Ciri ciri penyakit jengger ayam atau biasanya disebut kutil kelamin disebabkan oleh virus human papillomavirus atau HPV. Penyakit ini sangat mudah menular melalui kontak seksual, baik secara oral, anal, dan vaginal. Gejala yang akan dirasakan penderitanya adalah rasa perih dan gatal pada daerah dimana kutil tumbuh.

ciri ciri penyakit jengger ayam
ciri ciri penyakit jengger ayam

>>>lakukan konsultasi online dengan dokter Kami<<<

Gejala Penyakit Jengger Ayam Secara Umum

Penyakit jengger ayam bisa menyerang wanita maupun pria yang aktif secara seksual. Namun, infeksi lebih mudah terjadi pada wanita karena memiliki sistem imun yang lebih lemah dibandingkan pria. Ciri ciri penyakit jengger ayam pada wanita dapat dikenali dengan adanya pendarahan ketika melakukan hubungan seksual. Virus yang telah menginfeksi dapat memunculkan ciri ciri penyakit jengger ayam di beberapa bagian tubuh, seperti tenggorokan, mulut, leher rahim, kulit sekitar anus, vulva, dan perineum.
 
Ciri ciri penyakit jengger ayam secara umum adalah kutil di sekitar kelamin yang berwarna serupa dengan kulit atau sedikit lebih gelap. Kutil juga dapat tumbuh secara tunggal atau berkelompok sehingga menyerupai kembang kol. Gejala lain yang menyertai, seperti rasa gatal, tidak nyaman di sekitar kelamin, nyeri serta sensasi terbakar saat buang air kecil, dan terjadi pendarahan ketika berhubungan seksual. Ciri ciri penyakit jengger ayam dapat tumbuh berbeda tempat antara pria dan wanita, yakni sebagai berikut:
 
• Pada pria, jengger ayam atau kutil kelamin akan tubuh di sejumlah area, seperti batang atau ujung kelamin, kantung buah zakar, area sekitar selangkangan, paha bagian atas, dan dalam anus.
 
• Pada wanita, kutil kelamin umumnya dapat muncul di bagian tubuh, seperti leher rahim, dinding organ kelamin, vulva atau bagian luar kemaluan, daerah antara kelamin dan anus, serta di dalam organ kelamin.

Bagaimana Cara Penularan Penyakit Jengger Ayam?

Penanganan paling tepat pada penyakit jengger ayam adalah melakukan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya penularan virus. Virus penyebab penyakit ini dapat menular melalui kontak fisik secara langsung dengan area yang telah terinfeksi. Dalam beberapa kasus, penyakit jengger ayam dapat menular karena menyentuh organ kelamin yang sudah terkena infeksi. Karena itu, penanganan bersama dokter ahli harus segera dilakukan. Beberapa penanganan untuk mengurangi ciri ciri penyakit jengger ayam, antara lain:


• Obat oles

Pemberian obat oles kepada penderita penyakit jengger ayam berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghentikan pertumbuhan sel jengger ayam, dan mengurangi munculnya gejala.
 

• Tindak operasi

Jengger ayam yang sudah tumbuh semakin besar dan tidak dapat disembuhkan dengan obat-obatan, maka operasi merupakan salah satu jalan terbaik. Tindakan operasai juga dapat dilakukan pada penderita jengger ayam yang sedang dalam keadaaan hamil. Beberapa pilihan operasi jengger ayam, antara lain krioterapi, laser, eksisi bedah, dan elektrokauter.
 
Selama masa perawatan, penderita disarankan untuk tidak merokok. Selain itu, Anda juga tidak diperbolehkan untuk menggunakan losion atau sabun pembersih organ kelamin yang mengandung parfum. Penggunaan produk tersebut akan mengakibatkan terjadinya iritasi pada kulit sekitar kelamin. Dokter biasanya akan menyarankan penderita penyakit jengger ayam untuk tidak melakukan hubungan seksual guna menghindari penularan virus kepada pasangan.


Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Cara terbaik mengatasi penyakit jengger ayam adalah dengan melakukan perawatan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan kenyamanan serta kepuasaan karena pelayanan medis diberikan secara optimal. Untuk informasi lebih lanjut, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.