Kam17Jan201915:49

Ciri Ciri Kutil Kelamin Wanita

Ciri ciri kutil kelamin pada wanita ialah munculnya benjolan yang berbentuk datar dan kadang tidak terlihat. Penyakit kutil kelamin dapat dialami pria maupun wanita yang aktif secara seksual. Penyebaran kutil kelamin terjadi akibat adanya infeksi virus HPV atau human papillomavirus tipe 6 dan 11. Virus ini menyebar ke orang lain dengan mudah karena melakukan hubungan seksual secara oral, anal, dan vaginal.

ciri ciri kutil kelamin
ciri ciri kutil kelamin

>>>lakukan konsultasi online dengan dokter Kami<<<

Gejala Umum dari Penyakit Kutil Kelamin

Selain benjolan, ciri ciri kutil kelamin wanita yang paling umum adalah rasa gatal dan tidak nyaman di sekitar organ kemaluan. Selain itu seorang wanita yang terkena infeksi virus penyebab penyakit kutil kelamin akan mengalami pendarahan ketika melakukan hubungan seksual. Ciri ciri kutil kelamin wanita ditandai dengan muncul benjolan di sejumlah bagian tubuh, seperti:


• Dinding organ kelamin.
• Bagian luar kelamin atau vulva.
• Antara kelamin dan anus atau perineum.
• Di dalam organ kelamin wanita.
• Leher rahim wanita.
• Dalam anus.

Kutil kelamin biasanya tumbuh secara tunggal atau berkelompok sehingga menyerupai kembang kol. Pertumbuhan kutil sering tidak disadari, namun menimbulkan rasa nyeri di bagian yang terinfeksi. Dalam beberapa kasus, kutil juga dapat menyerang daerah tangan karena menyentuh organ kelamin yang terinfeksi. Beberapa faktor risiko munculnya ciri ciri kutil kelamin adalah sebagai berikut:

• Menderita penyakit kencing manis atau diabetes mellitus.
• Mengalami stres hingga mengakibatkan keluarnya banyak keringat.
• Memiliki sistem imum atau kekebalan tubuh yang lemah.
• Berhubungan seksual dengan organ yang berbeda tanpa kondom.
• Pernah menderita infeksi menular seksual sebelumnya.
• Sudah aktif secara seksual sejak usia yang masih muda.


Komplikasi Serta Penanganan yang Dapat Dilakukan

Ciri ciri kutil kelamin yang tidak berbahaya adalah melalui ukurannya. Kutil yang masih berukuran kecil tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan cepat. Namun, jika sudah semakin membesar dapat mengakibatkan munculnya komplikasi yang lebih serius. Komplikasi akibat kutil kelamin, antara lain:


• Penyakit kanker

Infeksi akibat virus penyebab penyakit kutil kelamin berkaitan erat dengan penyakit kanker. Berbagai jenis kanker yang berhubungan dengan adanya kutil pada kelamin, seperti kanker serviks, kanker vulva, kanker anus, kanker mulut, dan juga tengggorokan.


• Masalah pada kehamilan

Kutil kelamin yang tidak segera ditangani akan mengakibatkan munculnya masalah selama masa kehamilan. Kutil yang sudah membesar dapat menyulitkan ibu hamil untuk buang air kecil. Selain itu, dinding organ kelamin yang ditumbuhi kutil akan menyebabkan berkurangnya kemampuan jaringan untuk meregang ketika proses melahirkan.
 
Ciri ciri kutil kelamin yang baru memasuki tahap awal perlu dilakukan penanganan dengan segera. Penanganan biasa dilakukan dokter dengan beberapa metode medis, seperti eksisi atau pemotongan dengan pisau bedah, elektrokauter atau bedah dengan listrik, krioterapi atau menggunakan nitrogen cair, dan bedah laser atau penghancuran jaringan dalam kutil. Penanganan bersama dokter ini harus disertai dengan beberapa pencegahan mandiri, dengan cara:
 
• Gunakan pelindung atau kondom ketika melakukan hubungan seksual.
• Berendam dengan ait hangat selama 10 hingga 15 menit setiap hari.
• Keringkan organ kelamin sesudah mandi atau sehabis buang air kecil.


Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Lakukan konsultasi untuk menangani penyakit kutil kelamin bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik spesialis penanganan penyakit Andrologi, Ginekologi, dan Penyakit Menular Seksual di wilayah Jakarta. Klinik ini didukung dengan dokter ahli berpengalaman dan peralatan medis canggih berteknologi modern. Melakukan perawatan di Klinik Utama Sentosa, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan medis terbaik dan dengan biaya perawatan yang terjangkau. Layanan konsultasi dan reservasi dapat dilakukan secara online sehingga memudahkan pasien. Untuk infromasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878. Membiarkan penyakit di dalam tubuh dalam waktu yang lama akan membahayakan kesehatan tubuh. Karena itu, segera lakukan perawatan medis bersama Klinik Utama Sentosa.