Jum26Jul201914:18

Cara Mengobati Penyakit Kutil Pada Kemaluan

Cara mengobati penyakit kutil kelamin biasanya dapat dilakukan setelah melakukan pemeriksaan ke dokter. Hal ini dikarenakan, kutil kelamin merupakan salah satu penyakit menular seksual yang bisa dialami oleh siapa saja. Pria atau pun wanita yang aktif secara seksual rentan terinfeksi penyakit kutil kelamin. Gejala yang akan ditimbulkan adalah berupa tumbuhnya kutil di beberapa bagian tubuh, termasuk organ kelamin.
cara mengobati penyakit kutil
cara mengobati penyakit kutil

Penyebab Serta Gejala dari Penyakit Kutil Kelamin

Sebelum Anda mengetahui cara mengobati penyakit kutil pada kelamin, sebaiknya kenali terlebih dahulu penyebab dan gejalanya. Penyakit kutil kelamin terjadi akibat infeksi virus HPV atau Human papillomavirus. Penyebaran virus kutil kelamin ini sangat mudah terutama melalui hubungan seksual, baik secara oral, vaginal, maupun anal. Tak hanya itu, virus kutil kelamin bisa juga menular akibat berbagi penggunaan alat bantu seks.
 


Pada kasus yang sangat jarang, virus kutil kelamin dapat menjangkiti bayi baru lahir akibat terinfeksi sejak dalam masa kandungan. Sang ibu juga bisa menularkan virus kepada bayi dalam kandungannya ketika proses persalinan. Jika cara mengobati penyakit kutil kelamin ingin segera Anda ketahui, simak beberapa gejala umumnya berikut ini:
 
  • Kutil kelamin berukuran kecil dan berwarna serupa kulit atau lebih gelap.
  • Kutil sulit terlihat secara kasat mata, namun dapat diketahui setelah diraba.
  • Kutil tumbuh secara tunggal atau bergerombol sehingga mirip kembang kol.
  • Muncul rasa gatal dan tidak nyaman di area sekitar organ kelamin.
  • Adanya sensasi terbakar, nyeri hingga pendarahan ketika berhubungan seks.

Kutil kelamin pada pria biasanya tumbuh di sejumlah area, seperti batang atau ujung kelamin, kantung buah zakar, selangkangan, paha bagian atas, dan sekitar atau dalam anus. Sementara pada wanita, kutil akan tumbuh di dinding vagina, vulva atau bagian luar vagina, di antara vagina dan anus, di dalam vagina atau dalam anus, serta leher rahim.


Obati Kutil Kelamin Segera Sebelum Terlambat

Sebenarnya, cara mengobati penyakit kutil pada kelamin tidak perlu dilakukan jika gejala tidak terlalu mengganggu. Hal ini dikarenakan, dalam beberapa kasus kutil kelamin bisa hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun, apabila penderita kutil sudah merasakan gatal, nyeri, hingga sensasi terbakar maka pengobatan harus segera dilakukan. Cara mengobati penyakit kutil yang biasanya dokter berikan berupa krim atau salep. Obat ini bekerja dengan cara membakar kutil kelamin dan bisa digunakan jika kutil menginfeksi tubuh bagian dalam.
 
Cara mengobati penyakit kutil tak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan obat, namun juga prosedur bedah. Tindakan ini merupakan salah satu cara mengobati penyakit kutil jika penderita tidak merespon pemberian obat tersebut. Beberapa prosedur bedah pada penyakit kutil kelamin, antara lain:
 
  • Eksisi, dilakukan dengan cara memotong dan membuang kutil menggunakan pisau bedah.
  • Elektrokauter, merupakan prosedur bedah menggunakan listrik untuk membuang jaringan abnormal, termasuk kutil.
  • Krioterapi, adalah prosedur pengangkatan kutil yang dilakukan menggunakan nitrogen cair dengan suhu minus 195 derajat.
  • Bedah laser, dilakukan dengan cara menghancurkan pembuluh darah dalam kutil sehingga mudah diangkat.

Lakukan Pengobatan Bersama Klinik Utama Sentosa

Cara mengobati penyakit kutil pada kemaluan bisa dilakukan segera setelah pemeriksaan bersama dokter di Klinik Utama Sentosa. Melakukan penanganan penyakit kulit dan kelamin, terutama kutil kelamin di klinik ini, Anda akan mendapatkan perawatan terbaik. Hal ini dikarenakan Klinik Utama Sentosa dilengkapi dengan peralatan medis canggih serta modern dan mengikuti kemajuan teknologi.
 
Klinik ini juga didukung oleh dokter ahli yang telah berpengalaman di bidangnya sehingga proses penyembuhan berlangsung cepat. Dengan biaya perawatan dan lokasi yang strategis menjadikan Klinik Utama Sentosa sebagai pilihan banyak orang dalam menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin. Untuk itu, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Kami di nomor 081366657878.