Sab19Jan201913:02

Cara Mengobati Penyakit Jengger Ayam

Cara mengobati penyakit jengger ayam dapat dilakukan dengan menggunakan obat sesuai resep dokter. Jengger ayam atau kutil kelamin merupakan benjolan kecil yang tumbuh di sekitar organ kelamin dan dubur. Penyakit ini termasuk infeksi menular seksual yang terjadi akibat melakukan hubungan seksual, baik secara anal, oral, maupun vaginal. Selain itu, penularan juga dapat terjadi jika menyentuh organ kelamin yang telah terinfeksi virus penyebab penyakit kutil.

cara mengobati penyakit jengger ayam
cara mengobati penyakit jengger ayam

>>>lakukan konsultasi online dengan dokter Kami<<<


Apa Saja Gejala Penyakit Jengger Ayam?

Virus yang menyebabkan munculnya penyakit jengger ayam dapat tumbuh dan berkembang pada tempat yang lembab dan mudah basah. Karena itu, tempat munculnya tonjolan biasanya di sekitar organ kelamin. Namun, perlu diwaspadai pada penderita diabetes mellitus karena dapat mengakibatkan munculnya jengger ayam di dalam organ kelamin. Penyebab jengger ayam lainnya bisa juga berhubungan dengan menurunnya imunitas akibat kurang tidur dan mengalami stres.
 
Gejala seseorang yang menderita jengger ayam akan muncul sekitar dua sampai empat minggu setelah virus menginfeksi. Pada beberapa orang, gejala jengger ayam bisa tidak terlihat selama berbulan-bulan sehingga penanganan dilakukan secara terlambat. Namun, Anda bisa mengetahui gejala umum jengger ayam, berupa perkembangan bentuk dari jengger ayam yang semakin kasar sehingga menyerupai kembang kol. Beberapa gejala lainnya dapat berupa:
 

• Munculnya rasa sakit saat berhubungan seksual.
• Rasa gatal di sekitar organ kelamin.
• Terdapat bintik kecil pada mulut sampai tenggorokan.
• Tumbuh kutil di vulva pada penderita wanita.

Jengger ayam atau kondiloma akuminata dapat tumbuh di uretra pria dan serviks pada wanita. Penyakit jengger ayam pada wanita sering ditandai dengan bau tidak sedap dari area kewanitaan. Jika dibiarkan tanpa penanganan bersama dokter ahli dapat menyebabkan kondisi yang lebih parah, seperti kemandulan, berkembangnya kanker pada leher rahim, dan juga kematian.


CIRI CIRI PENYAKIT JENGGER AYAM*

Tindak Pencegahan Pada Penyakit Jengger Ayam

Cara mengobati penyakit jengger ayam harus dilakukan dengan benar dan tepat karena dapat berbahaya jika dibiarkan. Sebab itu, sebelum virus menyebar lebih luas tindak pencegahan bisa diterapkan. Pada dasarnya, virus penyebab jengger ayam tetap berada di dalam tubuh dan dapat menyebabkan kekambuhan sewaktu-waktu. Anda dapat melakukan beberapa pencegahan untuk menghindari penularan virus, seperti sering mengganti celana dalam dan menggunakan pelindung atau kondom selama beraktivitas seksual.

Jengger ayam dapat dicegah dengan melakukan beberapa pencegahan lain, seperti tidak bergonta-ganti pasangan seksual, menjaga kebersihan daerah kemaluan, lakukan olahraga secara teratur, selalu bersihkan tangan sebelum memegang organ kelamin, dan perbanyak konsumsi air mineral sekitar 2 liter setiap harinya. Anda juga disarankan untuk banyak mengonsumsi sayur yang kaya akan serat.
 

Beberapa Cara Penanganan Pada Jengger Ayam

Cara mengobati penyakit jengger ayam bisa dilakukan bersama dokter ahli. Dokter biasanya akan memberikan beberapa obat antibiotik guna meredakan gejala yang muncul. Obat yang diberikan dapat berupa salep atau krim yang digunakan sesuai dengan resep dokter. Namun, pada jengger ayam yang sudah parah maka penanganan lain bisa dilakukan, yakni prosedur ablasi.
 
Ablasi merupakan cara mengobati penyakit jengger ayam oleh dokter kulit guna menghilangkan jengger ayam. Prosedur ablasi umumnya menjadi pilihan kedua bagi dokter jika obat-obatan tidak mampu menghilangkan kutil yang sudah cukup menyebar. Cara mengobati penyakit jengger ayam dengan metode ini tetap harus diperhatikan meski gejala yang muncul berada di permukaan kulit. Penggunaan obat yang sembarangan dikhawatirkan bisa mengakibatkan iritasi pada daerah yang terinfeksi

>>>konsultasi online 24 jam gratis di Klinik Sentosa<<<

Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa


Jika penyakit tetap tidak bisa disembuhkan, cara mengobati penyakit jengger ayam terbaik bisa Anda lakukan di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin. Anda akan mendapatkan perawatan terbaik karena klinik ini dilengkapi dengan peralatan yang sudah canggih dan modern. Karena itu, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878 untuk informasi lebih lanjut.