Rab24Apr201911:24

Cara Menghindari Bahaya Penyakit Kutil Kelamin

Bahaya penyakit kutil kelamin jika tak segera ditangani bisa menimbulkan beberapa komplikasi yang lebih serius. Tanda dari kutil kelamin adalah benjolan kecil yang tumbuh di sekitar organ kelamin dan dubur. Penyebab utama munculnya gejala kutil kelamin, yakni human papillomavirus atau HPV. Virus ini dapat menular dengan mudah karena melakukan hubungan seksual yang tidak aman tanpa menggunakan pelindung atau kondom.
bahaya penyakit kutil kelamin
bahaya penyakit kutil kelamin

Apa Saja Gejala Penyakit Kutil Kelamin?

Untuk menghindari bahaya penyakit kutil kelamin, gejala harus diketahui sejak dini. Kutil kelamin berukuran kecil dan memiliki warna yang serupa dengan kulit atau sedikit lebih gelap. Meski terkadang tidak terlihat, kutil kelamin akan menimbulkan beberapa gejala berupa rasa gatal dan tidak nyaman di sekitar organ kelamin. Gejala kutil kelamin akan terlihat di bagian tubuh yang berbeda antara pria dan wanita, yakni:


• Pada pria
 
Gejala kutil kelamin biasanya akan tumbuh di sejumlah area tubuh, seperti batang atau ujung kemaluan, kantung buah zakar, area selangkangan, paha bagian atas, dan sekitar atau di dalam anus.


• Pada wanita

Sementara, kutil kelamin yang diderita oleh wanita muncul di beberapa daerah tubuh, yakni dinding organ kelamin, vulva atau bagian luar kemaluan, daerah antara kemaluan dan anus atau perineum, di dalam organ kelamin atau dalam anus, dan leher rahim.
 
Munculnya gejala kutil kelamin ini disebabkan oleh beberapa faktor risiko, berupa kebiasan merokok, memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, aktif secara seksual sejak usia muda, memiliki riwayat kekerasan seksual saat kecil, dan berhubungan intim dengan orang yang tidak diketahui riwayat seksnya.

Penanganan Terbaik Terhadap Bahaya Kutil Kelamin

Bahaya penyakit kutil kelamin bisa dihindari jika penanganan terhadap gejala awal segera dilakukan. Beberapa bahaya penyakit kutil kelamin yang mungkin muncul adalah kanker serta infeksi pada masa kehamilan. Penyakit kutil kelamin kerap dikaitkan dengan sejumlah kanker, seperti kanker vulva, kanker anus, kanker penis, dan kanker mulut atau tenggorokan. Selain itu, kutil kelamin juga bisa menyebabkan masalah saat masa kehamilan.
 
Wanita hamil yang menderita infeksi kutil kelamin akan mengalami kesulitan ketika berkemih jika benjolan kian membesar. Tak hanya itu, kutil pada dinding kemaluan dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan jaringan sekitarnya untuk meredang saat proses melahirkan. Jika kutil tumbuh dan membesar di vulva, maka bisa pula mengakibatkan pendarahan saat proses mengejan. Karena itu, agar bahaya penyakit kutil kelamin tidak terjadi, berikut beberapa tindak pencegahan yang bisa dilakukan.

• Tidak berhubungan seksual dengan sembarang orang.
• Gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan intim.
• Setia pada satu orang atau tidak bergonta ganti pasangan seks.
• Hindari penggunaan alat bantu seks secara bergantian.
• Lakukan imunisasi HPV mulai dari usia 10 hingga 18 tahun.


Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Bahaya penyakit kutil kelamin dapat dihindari dengan melakukan perawatan bersama Klinik Utama Sentosa. Melakukan penanganan penyakit kulit dan kelamin, terutama kutil kelamin di klinik ini, Anda akan mendapatkan perawatan terbaik. Melakukan perawatan di Klinik Utama Sentosa, penanganan akan langsung dilakukan oleh dokter ahli serta telah dilengkapi dengan peralatan medis canggih dan mengikuti kemajuan teknologi.
 
Klinik ini juga didukung oleh dokter ahli yang telah berpengalaman di bidangnya sehingga proses penyembuhan berlangsung cepat. Dengan biaya perawatan dan lokasi yang strategis menjadikan Klinik Utama Sentosa sebagai pilihan banyak orang dalam mengatasi berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin. Segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Kami di nomor 081366657878.