Sen07Jan201915:30

Cara Menghilangkan Kutil Di Kelamin

 

Kutil kelamin atau sering disebut jengger ayam karena bentuk dan warna menyerupai jengger ayam merupakan penyakit yang terjadi pada organ kelamin. Tanda dari penyakit kutil kelamin adalah munculnya semacam daging yang berbentuk seperti jengger ayam pada area kelamin. Pada pria, kutil dapat tumbuh di buah zakar, atau pada sekitar anus. Sedangkan pada wanita, kutil kelamin ini muncul pada bibir vagina serta vagina.

cara menghilangkan kutil di kelamin
cara menghilangkan kutil di kelamin

Meski tidak menimbulkan rasa nyeri, kehadiran kutil kelamin tentu akan sangat mengganggu. Sebab ukuran penyakit kutil ini dapat tumbuh semakin membesar serta bertambah banyak, juga akan mengganjal dan dapat mengeluarkan cairan.

Penyebab penyakit kutil kelamin adalah HPV (Human Papilloma Virus). Terdapat ada ribuan tipe HPV, namun tipe yang paling umum atau yang paling sering menyebabkan kutil kelamin merupakan tipe 6 atau 11. HPV dapat menular dari satu orang ke orang lain dengan melalui hubungan seksual. Virus HPV dapat masuk serta menginfeksi kulit melalui kulit yang terluka saat melakukan hubungan seksual. Setelah proses itu, virus akan mudah untuk berkembang biak.

Kesehatan tubuh adalah hal yang sangat penting dan berharga untuk dijaga kesehatannya dengan baik. Tidak hanya pada bagian tubuh yang hanya terlihat mata atau yang tidak tertutupi pakaian, akan tetapi kesehatan organ intim sangat perlu untuk diperhatikan. Kebersihan organ intim sangat penting, sebab organ intim merupakan organ yang berhubungan dengan sistem reproduksi. Baik pada pria maupun wanita sangat wajib untuk menjaga kesehatannya. Organ intim yang kebersihannya tidak terjaga sangat mudah untuk terinfeksi virus atau bekteri.

 

Mengenal gejala klinis kutil kelamin

Kutil kelamin paling sering tumbuh pada permukaan tubuh yang lembab serta hangat. Pada pria, daerah yang sering terkena kutil adalah ujung serta batang penis dan dibawah kulit depannya (jika pria tidak sunat). Sedangkan pada wanita kutil dapat tumbuh pada bagian vulva, leher rahim (serviks) dinding vagina, dan kulit sekeliling vagina.

Kutil pada biasanya akan muncul dalam waktu 1 sampai g bulan setelah terinfeksi, dimulai dengan pembengkakan kecil lembut, lembab serta berwarna merah atau pink. Kutil tumbuh dengan cepat dan dapat memiliki tangkai. Pada suatu daerah sering tumbuh beberapa kutil kelamin dan permukaan yang kasar memberi gambaran menyerupai bunga kol.

 

Lantas bagaimana cara mengatasi kutil kelamin?

Kutil kelamin merupakan infeksi menular seksual yang di tandai berupa munculnya benjolan-benjolan daging yang berukuran kecil pada area atau sekitar kelamin. Penyakit ini tidak menimbulkan rasa nyeri, seringkali muncul tanpa disadari oleh penderita, sehingga tidak melakukan pengobatan untuk mengatasi yang menyebabkan penyakit semakin parah.

Metode serta langkah pengobatan kutil kelamin terbagi menjadi dua, yang pertama melalui pemberian obat dan melakukan prosedur ablasi (penghancuran jaringan kutil, yaitu dengan cara dibakar, dibedah, atau dibekukan).

Penderita kutil kelamin yang telah terinfeksi disarankan untuk segera melakukan pengobatan dan penanganan secepat mungkin sebelum virus HPV penyebab kutil kelamin ini semakin banyak dan berkembang biak di dalam sel darah, penyakit yang semakin lama dibiarkan maka akan semakin memperparah kondisi organ vital Anda, karena kutil kelamin akan semakin dan terus membesar sehingga akan terlihat seperti jengger ayam, untuk penderita baru pertama kali tertular, biasanya kurang dari satu bulan akan lebih cepat dan mudah untuk ditanggulangi.

Sebaiknya tidak menggunakan obat-obatan penghilang kutil kelamin yang di jual bebas tanpa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Penggunaan obat sembarangan di khawatirkan akan menyebabkan iritasi di sekitar yang terkena kutil kelamin dan menyebabkan rasa sakit.

 

Komplikasi dan bahaya akibat kutil kelamin

Beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kanker serviks. HPV jenis seperti ini disebut dengan HPV dengan risiko tinggi. Orang yang sudah terserang HPV risiko tinggi bukan berarti akan mengidap penyakit kanker serviks. Akan tetapi HPV risiko tinggi akan dapat menyebabkan kanker. Namun kasus kanker serviks pada wanita adalah infeksi HPV risiko tinggi yang persisten.

Kanker pada pria yang berhubungan dengan infeksi HPV ialah kanker penis, kanker anus, yang paling utama disebabkan oleh HPV16.

Oleh sebab itu, jika Anda mengalami gejala kutil kelamin atau Anda adalah orang yang berisiko mengalami kutil kelamin, maka sebaiknya jangan menunda untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan pada dokter, hal ini bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan sejak dini. Kutil yang sudah parah akan sulit disembuhkan dan sulit untuk membasmi virus penyebab.

 

Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Jika saat ini Anda sedang mencari cara untuk merontokkan kutil di kelamin Anda dan bagaimana cara untuk mengihlangkannya, serta sedang mencari tempat untuk mengatasi kutil kelamin, kunjungi Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik yang berada di Jakarta, Indonesia yang sudah banyak membantu menyembuhkan penyakit menular seksual (PMS), Andrologi dan Ginekologi, termasuk kutil kelamin yang saat ini Anda alami. Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan dan perawatan intensif dengan dokter ahli profesional yang sudah berpengalaman bidang penyakit kulit dan kelamin, dengan langkah serta metode pengobatan terbaru untuk mengatasi kutil kelamin, di dukung peralatan medis modern yang canggih, dengan biaya yang relatif terjangkau, dapat Anda temukan di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa mengutamakan kenyamanan selama proses dan tindakan pengobatan, Anda dapat konsultasi lebih dahulu kepada dokter dengan leluasa menyempaikan keluhan Anda. Kesehatan dan kesembuhan penyakit setiap pasien yang mempercayakan pengobatan pada Klinik Utama Sentosa adalah prioritas bagi kami.

Untuk informasi lebih lanjut dan Anda ingin konsultasi langsung dengan dokter Klinik Utama Sentosa terkait mengatasi kutil di kelamin Anda, silahkan hubungi hotline kami di 081366657878.