Kam07Feb201913:22

Berikut Dampak Kutil Kelamin Jika Tak Diobati

Dampak kutil kelamin yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan komplikasi penyakit lebih serius. Kutil kelamin atau kondiloma akuminata merupakan salah satu gejala yang muncul akibat infeksi menular seksual. Penyakit ini ditandai dengan benjolan kecil yang tumbuh di sekitar organ kelamin dan dubur. Baik wanita maupun pria bisa menderita penyakit ini terutama yang aktif secara seksual.

dampak kutil kelamin
dampak kutil kelamin

Apa Saja Penyebab Adanya Kutil Pada Kelamin?

Penyakit kutil kelamin umumnya disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV. Virus ini dapat menular melalui kontak seksual antara individu yang aktif secara seksual. Kelamin termasuk area yang lembab serta mudah basah sehingga menjadi tempat aman dan nyaman bagi virus. Selain itu, terdapat pula beberapa kondisi fisik yang berpotensi menyebabkan kutil pada kelamin, antara lain:


 
• Seorang penderita kencing manis atau diabetes mellitus.
• Mengalami stres sehingga menyebabkan banyak keluar keringat.
• Memiliki sistem imunitas tubuh yang sedang menurun.
• Melakukan seks dengan pasangan berbeda tanpa pelindung.
• Pernah memiliki infeksi menular seksual sebelumnya.
• Berhubungan seks dengan orang yang tidak diketahui sejarah seksualnya.
• Sudah aktif secara seksual sejak usia yang masih sangat muda.

Tubuh yang terinfeksi virus penyebab kutil kelamin akan memunculkan tanda atau gejala secara umum. Tanda dan gejala kutil kelamin, dapat berupa pembengkakan kecil di sekitar area kemaluan, kutil tumbuh berdekatan sehingga menyerupai kembang kol, muncul rasa gatal serta tidak nyaman di daerah kelamin, dan terjadi pendarahan ketika melakukan hubungan sekual. Jika gejala tidak segera ditangani, maka dapat mengakibatkan munculnya dampak kutil kelamin yang lebih serius.


Dampak Serta Penanganan Tepat Pada Penyakit Kutil Kelamin

Penyakit kutil kelamin yang tidak segera ditangani dapat menimbulkan dampak atau komplikasi serius. Dampak kutil kelamin dapat terjadi karna benjolan atau kutil yang muncul bisa semakin membesar sehingga membahayakan kondisi kesehatan penderitanya. Beberapa komplikasi atau dampak kutil kelamin yang mungkin terjadi, adalah sebagai berikut:


• Penyakit kanker

Dampak kutil kelamin akibat mengabaikan pengobatan salah satunya adalah penyakit kanker. Berbagai jenis kanker berkaitan erat dengan infeksi HPV, antara lain kanker vulva, kanker anus, kanker mulut, dan kanker tenggorokan. Bagi penderita wanita, pemeriksaan pap smear sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya kekambuhan serta komplikasi berbahaya.


• Infeksi saat masa kehamilan

Kutil kelamin yang dibiarkan dapat menyebabkan munculnya masalah selama masa kehamilan. Pembesaran pada kutil akan menyebabkan wanita hamil kesulitan untuk buang air kecil. Selain itu, kutil yang terdapat pada dinding vagina bisa mengurangi kemampuan jaringan untuk meregang saat proses persalinan.
 
Penanganan terhadap kutil kelamin bisa dilakukan bersama dokter dengan menggunakan obat oles dalam bentuk krim maupun gel. Obat ini dapat dioleskan sendiri di rumah tanpa bantuan tenaga medis. Selain itu, penanganan rumahan dapat dilakukan dengan mengubah gaya hidup. Gunakan juga pelindung atau kondom ketika melakukan hubungan seksual. Selain itu, dokter juga menyarankan untuk rutin berendam setiap hari guna meredakan sakit akibat kutil.
 

Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Cara menghindari dampak kutil kelamin adalah melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan konsultasi di klinik ini, Anda akan mendapatkan kesembuhan maksimal karena peralatan medis yang digunakan sudah canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memiliki fasiltas unggulan, seperti layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi ini, pasien dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti serta jenis penanganan yang cocok dilakukan. Tak perlu ragu, karena Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan pada biaya perawatan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Kami di nomor 081366657878.