Sab29Des201815:21

Berikut Beberapa Gejala Kutil Kelamin

Gejala kutil kelamin dapat dihindari dengan mengurangi faktor risiko yang mungkin terjadi. Kutil kelamin mudah menyerang siapa saja, baik pada wanita maupun pria yang aktif secara seksual. Namun, umumnya penyakit ini sering dialami dan rentan diderita oleh wanita dibanding dengan pria. Pertanda seseorang terjangkit kutil kelamin adalah munculnya benjolan berupa daging kecil berwarna merah yang tumbuh secara tunggal atau bergerombol seperti kembang kol.

gejala kutil kelamin
gejala kutil kelamin

Apa Saja Gejala Penyakit Kutil Kelamin?

Dalam beberapa kasus, kutil biasanya tumbuh secara lembut dan tak kasat mata. Karena itu, gejala kutil kelamin harus dideteksi melalui sentuhan. Penyakit ini sering tidak menimbulkan ciri yang pasti, namun cenderung menimbulkan rasa sakit, perih, dan gatal di sekitar daerah yang terinfeksi. Beberapa gejala kutil kelamin lainnya, antara lain:

• Pembengkakan kecil di sekitar kemaluan.
• Pendarahan saat berhubungan seksual.
• Ketidaknyaman di daerah organ kelamin.
• Muncul kutil yang berdekatan, seperti kembang kol.


Tanda Umum dan Komplikasi Akibat Kutil Kelamin

Keberadaan gejala kutil kelamin dapat berbeda-beda antara pria dan wanita. Bagi wanita, gejala kutil kelamin akan muncul di beberapa area tubuh, seperti paha bagian atas, dinding vagina, vulva, saluran anus, leher rahim, serta daerah antara kelamin dan anus. Sementara pada pria yang menderita penyakit ini, gejala kutil kelamin dapat berkembang, di ujung atau batang kelamin, area selangkangan, testis, saluran kemih, paha bagian atas, dan dalam anus.
 
Bagi wanita, kutil kelamin sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kanker serviks dan vulva. Gejala kutil kelamin harus segera ditangani sebelum bertambah parah dan menyebabkan berbagai komplikasi dalam tubuh. Beberapa komplikasi yang akan muncul jika penanganan tidak segera dilakukan, meliputi:


• Penyakit kanker

Gejala kutil kelamin sering dikaitkan dengan infeksi human papillomavirus. Beberapa jenis virus ini juga berhubungan dengan kanker vulva, kanker organ kelamin, kanker mulut, kanker anus, serta kanker tenggorokan. Karena itu, penderita wanita wajib melakukan pemeriksaan dengan pap smear guna mengetahui jenis virus yang menginfeksi.


• Infeksi saat kehamilan

Penyakit kutil kelamin dapat menyebabkan masalah serius jika dialami selama masa kehamilan. Kutil yang membesar pada ibu hamil akan mengakibatkan kesulitan ketika buang air kecil. Kutil kelamin yang muncul di dinding vagina juga bisa mempengaruhi kemampuan jaringan organ kelamin untuk meregang saat proses persalinan secara normal. Selain itu, kutil pada vulva atau organ kelamin dengan ukuran besar dapat menimbulkan pendarahan ketika proses mengejan.

Penanganan Terbaik Pada Masalah Kutil di Kelamin

Jika Anda sudah memiliki gejala tersebut, segera lakukan konsultasi bersama dokter ahli. Jenis penanganan terhadap penyakit kutil kelamin bergantung pada tingkat keparahannya. Namun biasanya, dokter akan melakukan penanganan dengan memberikan beberapa obat kutil kelamin dalam bentuk salep atau krim oles. Jika gejala tidak berkurang melalui penanganan obat, maka tindak operasi diperlukan. Pilihan prosedur operasi guna mengurangi gejala yang muncul, seperti:


• Krioterapi

Krioterapi merupakan prosedur yang dilakukan dengan cara membekukan kutil menggunakan cairan nitrogen. Untuk kutil yang berukuran kecil, penanganan dengan krioterapi cukup dilakukan sekali. Namun jika sudah berukuran besar, metode krioterapi harus dilakukan secara berulang hingga kutil menghilang dan diganti dengan kulit baru.


• Elektrokauter

Metode penghilangan kutil lainnya adalah dengan elektrokauter, yaitu menggunakan arus listrik untuk membakar kutil kelamin. Cara ini lebih sering digunakan untuk menghilangkan kutil di bagian dalam tubuh, seperti vulva dan anus. Metode ini bisa menyembuhkan kutil dengan cepat, namun akan memunculkan efek samping, yakni rasa sakit dan pembengkakan.


• Bedah

Untuk menghilangkan kutil, dokter mungkin melakukan metode bedah dengan menggunakan alat khusus untuk memotong kutil. Sebelum prosedur bedah dilakukan, dokter biasanya memberikan anestesi atau bius lokal guna mengurangi rasa sakit. Selama anestesi dilakukan, dokter akan menjahit luka dari kulit yang terinfeksi.


Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan khusus menangani penyakit kulit dan kelamin. Anda akan mendapatkan perawatan terbaik karena klinik ini didukung oleh dokter ahli yang telah berpengalaman dan peralatan medis modern. Selain itu, Anda juga dapat melakukan konsultasi secara online dan gratis. Informasi lebih lanjut, bisa menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.