Min19Mei201916:50

Bahaya Penyakit Kutil Kelamin Pada Pria

 

Bahaya penyakit kutil kelamin tidak dapat diremehkan, mewaspadai gejala sekaligus penyebabnya itu penting bagi Anda yang aktif dalam hubungan seksual. Di antara berbagai penyakit menular seksual, kutil kelamin termasuk salah satu penyakit yang gejalanya cukup lama bagi penderita untuk menyadarinya. Apalagi kutil ini tidak menyebabkan rasa gatal maupun sakit. Pada wanita jika tumbuh di vagina bagian dalam akan sulit diketahui.



Padahal bahaya penyakit kelamin ini cukup banyak jika tidak segera diobati. Jika sejak awal telah mendeteksi gejalanya, maka akan lebih cepat pengobatannya dilakukan. Kutil kelamin sering diderita oleh mereka yang melakukan seks bebas atau yang suka berganti pasangan. Penyebabnya adalah infeksi virus yang menginfeksi bagian kelamin baik pria maupun wanita. Salah satu gejalanya adalah munculnya kutil di area alat kelamin.

Penyebab Penyakit Kutil Kelamin


Bahaya penyakit kutil kelamin disebabkan oleh adanya human papilloma virus (HPV) yang menyebar melalui hubungan seksual. Kutil kelamin ukurannya kecil dan tumbuh di tempat terkadang tidak terlihat, terutama pada wanita. Bentuknya yang kecil dan tidak kasat mata membuat penderita dapat menyentuhnya tanpa menyadarinya. Jika setelah menyentuh kutil, tangan penderita digunakan untuk menyentuh kelamin pasangan, maka virusnya juga dapat menginfeksi pasangannya.

Meskipun tidak menular melalui ciuman dan kontak tidak langsung seperti pemakaian handuk yang sama, namun kemungkinan menularnya virus kutil kelamin dari ibu hamil ke bayinya bisa terjadi. Menggunakan alat bantu seks yang sama dengan penderita juga dapat menjadi pemicu bahaya penyakit kutil kelamin.



Tanda Kutil Kelamin Yang Sering Dialami


Saat seseorang terkena virus, maka akan ada gejala-gejala yang biasanya dialami. Untuk mencegah bahaya penyakit kutil kelamin, penting mengenali gejala kutil kelamin berikut :

• Muncul kutil

Kutil yang muncul ini berbeda-beda bentuk dan ukurannya, ada yang datar dan kasat mata, namun ada pula yang menonjol namun ukurannya tidak terlalu besar. Jumlah kutilnya juga bisa terus bertambah dan jika sudah menumpuk, ukurannya bisa seperti jengger ayam maupun kembang kol.

• Rasa gatal

Rasa gatal ini muncul disekitar area kelamin yang ditumbuhi kutil dengan jumlah yang semakin banyak. Umumnya saat jumlah kutil baru sedikit, tidak ada rasa gatal ataupun sakit. Hal inilah yang membuat penderita kurang menyadari munculnya kutil kelamin ini dan mengira bukan masalah serius.

Bahaya Kutil Kelamin Tanpa Pengobatan


Saat virus penyebab kutil kelamin menginfeksi, baik wanita dan pria dapat mengalami bahaya seperti berikut :

• Menular

Penularan dapat melalui hubungan seksual dari pria ke wanita, maupun wanita ke pria. Baik melalui hubungan seks oral, anal, maupun vaginal.

• Penyakit kanker serviks

Jika penularan terjadi pada wanita, maka dapat menyebabkan penyakit kanker serviks yang saat ini merupakan salah satu penyakit yang sering menjadi penyebab kematian.

• Mempengaruhi fungsi organ lain.

• Jika kutil sudah luka, maka dapat memicu infeksi bakteri lain.

Bahaya penyakit kutil kelamin akan terjadi jika setelah menemukan gejala kita tidak melakukan tindakan penyembuhan.

Cara Menyembuhkan Kutil kelamin
Jika tidak ingin mengalami bahaya penyakit kutil kelamin yang telah disebutkan di atas, maka segeralah periksakan ke dokter jika mengalami gejalanya. Masa inkubasi virus kutil kelamin ini cukup panjang, makanya penderita seringkali tidak mengetahui kapan mulai terinfeksi virusnya. Jadi disarankan bagi penderita kutil kelamin serta pasangannya juga melakukan pemeriksaan.
 
Hal tersebut tentunya untuk mencegah menularnya bahaya penyakit kutil kelamin kepada pasangannya. Pasalnya bisa jadi Anda telah terinfeksi sejak lama, meskipun tidak mengalami gejalanya dan telah menularkannya kepada pasangan anda. Cara menyembuhkan kutil kelamin dapat dilakukan dengan menggunaan berbagai metode. Salah satunya adalah dengan penggunakan obat antivirus yang hanya mengatasi virusnya, namun tidak kutilnya secara fisik. Mengenai detail pengobatan kutil kelamin ini Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kami di Klinik Utama Sentosa. Atau dengan berkonsultasi gratis melalui hotline kami di 081366657878 .