Jum04Jan201915:08

Bahaya Kutil Kelamin

 

Apakah kutil kelamin berbahaya?                  

Penyakit kutil kelamin adalah pertumbuhan kutil di dalam dan sekitar area genital pria maupun wanita. Ukuran kutil yang tumbuh bervariasi dari ukuran besar hingga tidak terlihat dengan mata telanjang. Kutil kelamin merupakan salah satu penyakit menular seksual yang harus diwaspadai, penyakit ini tidak boleh di anggap sepele sebab jika tidak mendapatkan penanganan bisa jadi akan menutup liang vagina pada wanita atau berpotensi menyebabkan kanker serviks, dan bahaya kutil kelamin pada pria adalah kanker penis. Memang, orang yang terinfeksi HPV yang berisiko tinggi bukan berarti akan mengalami kanker serviks. Namun apabila tidak di tangani bukan tidak mungkin hal itu akan terjadi.

bahaya kutil kelamin
bahaya kutil kelamin

Selain itu kutil kelamin juga dapat menyebabkan masalah pada saat kehamilan. Ketika kutil membesar ibu hamil akan sulit buang air kecil. Kutil pada dinding vagina dapat mengurangi kemampuan jaringan vagina meregang ketika proses melahirkan. Sementara kutil yang membesar pada vulva atau vagina dapat menyebabkan pendarahan ketika mengejan.

Meski jarang terjadi, bayi yang baru saja lahir dari ibu yang mengidap penyakit kutil kelamin dapat terinfeksi kutil pada tenggorokannya. Pada kasus ini tindakan operasi harus dilakukan agar sisrem pernapasan bayi tidak tersumbat akibat kutil.

Jika kutil hanya dibiarkan saja dan kutil kelamin tidak diobati, maka penyakit ini akan semakin parah dan kutil akan semakin menyebar. Penanganan dan pengobatan segera sangat dibutuhkan untuk mengatasi virus penyebab semakin berkembang. Lebih dari 40 jenis virus HPV dapat dengan mudah berkembang melalui kontak seksual langsung, dari kulit dan selaput lendir pada orang yang terinfeksi selaput lendir pasangannya. Penderita penyakit kutil kelamin akan mempengaruhi daerah genital, pada pria terjadi di bagian uretra, rektum serta alat kelamin. Pada wanita akan tumbuh dibagian bibir vulva, di dalam alat kelamin, uretra atau rektum. Gejala umum yang terjadi dan sering muncul berupa pembengkakan, pendarahan atau nyeri selama proses atau setelah hubungan seksual.

 

Gejala kutil kelamin

Tanda dan gejala kuti kelamin meliputi:

  • Bengkak kecil pada area kemaluan.
  • Beberapa kutil ada yang tumbuh menyendiri hingga bergerombol menyerupai kembang kol, atau mirip dengan jengger ayam.
  • Gatal atau rasa tidak nyaman di daerah kemaluan.
  • Pendarahan ketikan hubungan seksual.

Apabila gejala ini muncul, sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan, pasangan Anda juga disarankan untuk ikut melakukan pemeriksaan. Gejala kutil kelamin yang terdeteksi sejak dini akan lebih mudah untuk disembuhkan dibandingkan kutil kelamin yang sudah parah. Oleh sebab itu penting untuk mendapatkan pengobatan sejak dini.

 

Mengatasi kutil kelamin

Selain menggunakan obat untuk mengatasi kutil kelami, untuk mengobati kutil kelamin dokter akan menyarankan prosedur bedah untuk merontokkan kutil kelamin, bedah ini disarankan jika tidak respons dengan pemberian obat-obatan. Tidak disarankan untuk melakukan pengobatan sendiri dan tindakan pengobatan sembarangan. Sebaiknya selalu konsultasikan kondisi Anda pada dokter ahli kelamin. Dokter tentu lebih mengetahui langkah serta metode yang tepat untuk mengatasi kutil kelamin Anda.

 

Konsultasikan Keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa merupakan Klinik spesialis kulit dan kelamin, memiliki dokter ahli profesional yang sudah berpengalaman di bidangnya, langkah serta metode pengobatan terbaru, prosedur bedah terbaru untuk merontokkan kutil kelamin, di dukung peralatan medis modern yang canggih, dengan biaya yang relatif terjangkau.

Klinik Utama Sentosa berada di Jakarta, Indonesia. Lokasi yang strategis dan mudah di jangkau sehingga sudah pasien yang datang melakukan pengobatan tidak hanya dari dalam kota tetapi juga dari luar kota Jakarta terkait penyakit kutil kelamin.

Lakukan pengobatan di Klinik Utama Sentosa untuk mengatasi penyakit kutil kelamin Anda. Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan terbaik dan penanganan intensif bagi penyakit Anda sehingga penyakit Anda sembuh. Kesehatan dan kesembuhan penyakit pasien adalah hal yang selalu kami utamakan.

Untuk informasi lebih lanjut terkait kutil kelamin dan untuk konsultasi langsung dengan dokter Klinik Utama Sentosa hubungi kami di Nomor 081366657878.