Sen05Agu201909:18

Bagaimana Penyembuhan Gejala HPV Pada Wanita?

Gejala HPV pada wanita akan muncul akibat adanya infeksi virus bernama human papillomavirus. Penyakit yang dikenal juga dengan nama kutil kelamin ini dapat menular melalui hubungan sekual yang tidak aman. Selain kutil pada organ kelamin, virus HPV juga akan menyebabkan kanker serviks pada wanita. Biasanya, gejala HPV pada wanita ditandai dengan benjolan berupa daging kecil berwarna merah atau bergerombol sehingga menyerupai kembang kol.
gejala HPV pada wanita
gejala HPV pada wanita

Gejala Kutil Kelamin Serta Penyebabnya

Jika gejala HPV pada wanita sudah dirasakan, segera lakukan pemeriksaan bersama dokter sebelum terlambat. Penyakit kutil kelamin ini bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu, namun lebih rentan diderita oleh wanita. Beberapa gejala HPV pada wanita bisa Anda ketahui melalui penjelasan di bawah ini:



  • Adanya pembengkakan kecil di daerah kemaluan.
  • Muncul rasa gatal dan tidak nyaman di sekitar kelamin.
  • Terjadi pendarahan ketika berhubungan seksual.
  • Kutil berukuran kecil dan berwarna serupa dengan kulit.
  • Terasa nyeri serta sensasi seperti terbakar pada kulit.

Pada pria, kutil kelamin akan tumbuh di sejumlah area seperti batang atau ujung kelamin, kantung buah zakar, selangkangan, paha bagian atas, dan sekitar atau dalam anus. Sementara itu, gejala HPV pada wanita dapat tumbuh di dinding vagina, vulva atau bagian luar vagina, daerah antara vagina dan anus, di dalam vagina atau dalam anus, serta leher rahim atau serviks.
 
Gejala HPV pada wanita selain disebabkan oleh hubungan seksual yang tidak aman, namun juga akibat beberapa faktor lain. Sejumlah hal yang dapat memperbesar risiko seseorang menderita kutil kelamin, yakni kebiasaan merokok, memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, aktif secara seksual di usia yang masih muda, dan memiliki riwayat kekerasan seksual saat masih kecil.


Ini Dia Cara Pengobatan Penyakit Kutil Kelamin

Sebelum pengobatan penyakit dilakukan, diagnosis harus dilakukan terlebih dahulu oleh dokter. Dokter dapat mendiagnosis penyakit kutil kelamin melalui gejala yang muncul. Pada beberapa kasus kutil kelamin yang tidak bisa dilihat secara kasat mata, maka dokter akan menjalankan pemeriksaan lebih mendetail, seperti:

  • Pap smear, biasanya dokter akan membuka vagina pasien dengan menggunakan alat khusus bernama spekulum. Pemeriksaan ini berguna untuk mendeteksi keberadaan sel abnormal di dalam serviks.

  • Kolposkopi, dilakukan dengan spekulum yang merupakan mikroskop berlampu guna melihat sel-sel dalam serviks. Agar area serviks terlihat jelas, dokter akan mengoleskan cairan khusus.

  • Tes HPV-DNA, merupakan pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter untuk mengetahui jika pasien juga terinfeksi HPV penyebab kanker leher rahim. Hal ini dikarenakan virus HPV penyebab kanker rahim bisa ikut menginfeksi.

Sebenarnya, gejala HPV pada wanita yang tidak mengganggu bisa sembuh tanpa pengobatan. Namun, jika sudah parah maka segera lakukan pengobatan sesuai dengan resep dokter. Dokter akan memberikan obat dapat bentuk krim atau salep yang bekerja dengan cara membakar kutil. Obat ini juga bisa dioleskan pada kutil kelamin yang muncul di bagian dalam.
 
Selain itu, dokter juga akan menyarankan prosedur bedah jika penderita tidak merespon pemberian obat kutil kelamin. Beberapa prosedur bedah untuk mengobati kutil kelamin, antara lain eksisi, elektrokauter, krioterapi, dan bedah laser. Perlu juga diingat untuk menghindari kebiasaan merokok selama menjalani pengobatan. Penderita juga disarankan untuk menunda hubungan seksual sampai kutil hilang atau gunakan kondom.


Lakukan Pengobatan Bersama Klinik Utama Sentosa

Gejala HPV pada wanita dapat dihilangkan dengan melakulan perawatan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan di daerah Jakarta yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin. Anda dapat melakukan konsultasi secara online dan gratis bersama staf medis yang telah berpengalaman di bidangnya. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyakit dan jenis perawatan yang cocok.
 
Selain konsultasi, Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Proses penyembuhan penyakit berjalan dengan mudah dan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern. Untuk informasi lebih lanjut, lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.