Sab09Feb201915:28

Bagaimana Penularan Virus HPV Pada Pria?

Virus HPV pada pria menular melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi. Virus HPV pada pria merupakan penyebab utama dari penyakit kutil kelamin. Kutil kelamin atau kondiloma akuminata termasuk salah satu gejala penyakit menular seksual. Virus ini dapat menyerang siapa saja, terutama yang aktif secara seksual. Gejala awal yang terlihat dari kutil kelamin biasanya ditandai dengan adanya luka terbuka di daerah yang terinfeksi.

virus HPV pada pria
virus HPV pada pria

Lalu, Bagaimana Gejala Kutil Kelamin?

Terkadang virus HPV pada pria tidak menimbulkan gejala sehingga penderitanya tidak menyadari sudah terinfeksi penyakit. Namun gejala umum kutil kelamin dapat diketahui dengan adanya luka terbuka dan berdarah yang kemudian mengering. Beberapa tanda atau gejala penyakit kutil kelamin di antaranya:
 


• Adanya pembengkakan kecil di sekitar organ kelamin.
• Kutil yang tumbuh berdekatan sehingga menyerupai kembang kol.
• Muncul rasa sakit dan tidak nyaman di daerah kemaluan.
• Mengalami pendarahan ketika melakukan hubungan seksual.

Kutil kelamin dapat tumbuh dengan baik di daerah yang lembab dan basah seperti sekitar kemaluan. Biasanya, bagian tubuh wanita yang diserang oleh virus kutil kelamin adalah paha bagian atas, vulva, dinding organ kelamin, saluran anus, dan leher rahim. Sementara, virus HPV pada pria akan menyerang batang organ kelamin, daerah selangkangan, paha bagian atas, di dalam anus, testis, dan saluran kemih.


Diagnosis Serta Penanganan yang Dapat Dilakukan

Dokter akan mendiagnosis kutil dengan melihat keadaan kulit penderitanya. Hasil diagnosis dapat diketahui dengan menanyakan gejala yang dirasakan serta melakukan pemeriksaan fisik. Namun jika virus HPV pada pria maupun wanita tidak dapat dideteksi, dokter akan mengambil sampel kulit atau biopsi yang kemudian diperiksakan ke laboratorium. Jika hasil diagnosis sudah diketahui, barulah penanganan bersama dokter bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:
 

• Mengonsumsi obat antibiotik

Penanganan kutil kelamin bergantung pada tingkat keparahannya. Namun, biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik guna mengurangi gejala yang muncul. Biasanya, dokter akan memberikan antibiotik berupa obat oles atau krim dan gel yang dapat dioleskan sendiri di rumah tanpa bantuan medis.


• Melakukan tindak operasi

Operasi dilakukan bila kutil sudah membesar dan obat antibiotik yang diberikan sudah tidak dapat mengurangi gejala. Beberapa prosedur operasi yang dokter lakukan untuk menangani kutil kelamin adalah krioterapi, elektrokauter, eksisi bedah, dan laser. Tindakan operasi ini merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan kutil namun tetap menimbulkan efek samping.
 
Selain penanganan, Anda juga dapat melakukan tindak pencegahan untuk menghindari penularan kutil kelamin. Salah satu tindakan pencegahan yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual. Tak hanya itu, pencegahan kutil kelamin lainnya dapat berupa vaksinasi HPV. Melakukan vaksinasi sangat dianjurkan karena mampu mengurangi penyebaran kutil kelamin hingga 50%.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Untuk menghindari penularan virus HPV, Anda dapat melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan konsultasi di klinik ini, anda akan mendapatkan perawatan terbaik karena ditangani oleh dokter berpengalaman di bidangnya dan dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Selain itu, klinik ini juga memiliki fasilitas unggulan seperti, layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, anda dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti serta jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Virus HPV pada pria harus segera ditangani sebelum menyebabkan komplikasi yang serius. Untuk itu, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.