Sab16Mar201915:49

Bagaimana Pengobatan Jengger Ayam Pria?

Pengobatan jengger ayam harus segera dilakukan sebelum menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih serius. Jengger ayam atau lebih dikenal dengan kutil kelamin merupakan salah satu penyakit menular seksual yang bisa diderita oleh pria maupun wanita. Penyakit jengger ayam terjadi karena adanya infeksi human papillomavirus atau HPV. Virus ini sangat mudah menular melalui kontak seksual, baik secara anal, oral, maupun vaginal.
pengobatan jengger ayam
pengobatan jengger ayam

Apa Penyebab Penyakit Jengger Ayam Pada Pria?

Penyakit jengger ayam disebabkan oleh faktor endogen dan eksogen. Endogen adalah faktor bawaan dimana seseorang memiliki kelenjar keringat lebih banyak pada daerah organ kelamin sehingga mudah lembap dan basah. Kondisi organ kelamin yang lembap ini cenderung mengundang virus untuk tinggal dan menyebar ke organ tubuh lain jika tidak segera ditangani. Sementara, faktor eksogen yang memicu jengger ayam, yakni berupa obesitas dan penyakit metabolik seperti kencing manis.
 


Beberapa faktor lain yang dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga menyebabkan adanya virus penyebab kutil, dapat berupa stres psikologi dan tubuh teasa mudah lelah karena tidak mendapat cukup istirahat. Jengger ayam akan muncul dalam jumlah banyak dan berukuran lebih besar dari kutil tubuh pada umumnya. Virus ini hanya akan menyerang permukaan kulit saja sehingga pengobatan jengger ayam bisa dilakukan dengan membakarnya menggunakan laser. Jengger ayam atau kutil kelamin mudah menular dengan beberapa cara, sebagai berikut:

• Tidak menggunakan pelindung atau kondom saat berhubungan seksual.
• Melakukan kontak fisik dengan area vital yang terinfeksi virus HPV.
• Penularan saat persalinan pada bayi baru lahir akibat sang ibu terinfeksi.
• Tidak menjaga kebersihan organ kelamin dengan baik.


Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Jengger Ayam?

Pengobatan jengger ayam dilakukan bergantung pada tingkat keparahan penyakitnya. Biasanya, dokter akan menentukan jenis pengobatan jengger ayam dengan mendiagnosis penyakit. Langkah pertama yang dokter lakukan adalah memberikan obat oles berbagai macam bentuk, seperti cairan, krim, ataupun gel.
 
Beberapa obat-obatan yang diberikan memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi, menghentikan pertumbuhan sel jengger ayam, dan meredakan gejala yang dirasakan penderitanya. Selain obat, pengobatan jengger ayam bisa pula dilakukan dengan tindak operasi, di antaranya:


• Krioterapi

Pengobatan jengger ayam satu ini dilakukan dengan cara membekukan benjolan atau kutil menggunakan cairan nitrogen. Meski mudah, cara ini harus dilakukan secara berulang, terutama jika kutil berukuran cukup besar.


• Bedah laser

Metode bedah laser dilakukan dengan menggunakan energi laser untuk menghilangkan jengger ayam. Laser merupakan pilihan terakhir jika metode lain tidak mampu menyembuhkan kutil yang muncul.


• Eksisi bedah

Eksisi bedah dilakukan dokter untuk menghilangkan kutil atau jengger ayam dengan memotongnya menggunakan alat khusus. Selama masa pemotongan, penderita penyakit jengger ayam harus mendapatkan anestesi karena dokter akan menjahit area yang terinfeksi.


• Elektrokauter

Metode ini dilakukan untuk menghilangkan jengger ayam menggunakan arus listrik. Elektrokauter merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam menyembuhkan kutil yang berada di bagian anus dan vulva.


Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Pengobatan jengger ayam pada pria bisa dilakukan dengan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan di daerah Jakarta yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin. Anda dapat melakukan konsultasi secara online dan gratis bersama staf medis yang telah berpengalaman di bidangnya. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyakit dan jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan.
 
Selain konsultasi, Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Proses penyembuhan penyakit berjalan dengan mudah dan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli dengan menggunakan peralatan medis yang canggih dan berteknologi modern. Untuk informasi lebih lanjut, lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.