Rab20Mar201914:13

Bagaimana Metode Pengobatan Kutil Kelamin?

Pengobatan kutil kelamin biasanya diawali dengan mendiagnosis penyakit terlebih dahulu. Kutil kelamin merupakan salah satu gejala akibat infeksi menular seksual. Kutil kelamin akan ditandai dengan munculnya benjolan berukuran kecil yang tumbuh secara tunggal maupun berkelompok sehingga mirip seperti kembang kol. Penyakit ini bisa diderita oleh siapa saja, baik pria maupun wanita yang aktif secara seksual.
pengobatan kutil kelamin
pengobatan kutil kelamin

Penyebab Serta Faktor Risiko Penyakit Kutil Kelamin

Kutil kelamin atau kondiloma akuminata akan memunculkan gejala, berupa bengkak kecil di daerah kemaluan. Selain itu, tanda lain yang menyertai dapat berupa rasa gatal atau tidak nyaman di sekitar kelamin, adanya sensasi terbakar serta nyeri, hingga mengalami pendarahan ketika melakukan hubungan seksual. Munculnya beberapa gejala kutil kelamin ini disebabkan oleh infeksi virus human papillomavirus atau HPV.
 


Penyakit kutil kelamin dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak kulit dengan kulit. Tak hanya itu, virus penyebab kutil kelamin juga mudah berpindah jika melakukan hubungan seksual yang tidak aman, baik secara anal, oral, maupun vaginal. Beberapa kondisi fisik yang dimiliki seseorang dapat memicu munculnya kutil kelamin, seperti menderita kencing manis atau diabetes mellitus, mengalami stres atau depresi, dan memiliki sistem imun yang lemah. Beberapa faktor risiko lainnya yang perlu Anda ketahui, antara lain:

• Melakukan hubungan seksual dengan orang yang berbeda-beda.
• Memiliki riwayat infeksi menular seksual sebelumnya.
• Berhubungan intim dengan orang yang tidak diketahui riwayat seksnya.
• Sudah aktif secara seksual sejak usia yang masih muda.

Bagaimana Metode Penanganan Kutil Kelamin

Pengobatan kutil kelamin harus segera dilakukan sebelum menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih serius. Komplikasi yang mungkin terjadi akibat tidak segera mengobati kutil kelamin adalah kanker dan infeksi pada masa kehamilan. Karena itu, pengobatan kutil kelamin biasanya bergantung pada tingkat keparahan penyakit. Beberapa pilihan metode pengobatan kutil kelamin yang dokter lakukan, adalah sebagai berikut:


• Metode krioterapi

Krioterapi merupakan metode pengobatan kutil kelamin dengan cara membekukan benjolan menggunakan cairan nitrogen. Metode ini biasanya perlu dilakukan secara berulang hingga kutil hilang dan diganti dengan kulit baru.


• Metode elektrokauter

Prosedur elektrokauter merupakan metode pengobatan kutil kelamin menggunakan arus listrik guna membakar kutil. Cara ini biasanya digunakan untuk menghilangkan kutil yang berada di bagian vulva dan anus.


• Eksisi bedah

Metode pengobatan penyakit kutil kelamin satu ini membutuhkan alat khusus untuk memotong kutil. Karena itu, penderitanya terkadang perlu mendapatkan anestesi lokal atau umum karena dokter akan menjahit luka pada kulit yang terinfeksi.


• Bedah laser

Prosedur bedah ini menggunakan energi laser untuk membakar dan menghilangkan kutil. Biasanya, laser digunakan untuk mengangkat kutil yang besar dan sulit dijangkau, seperti di dalam anus dan saluran kemih atau uretra.


Segera Lakukan Konsultasi di Klinik Utama Sentosa

Sebelum pengobatan kutil kelamin dilakukan, sebaiknya lakukan pemeriksaan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa terlebih dahulu. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, penyakit akan ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Sebelum melakukan penanganan, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu secara online dan gratis. Konsultasi ini sangat berguna bagi pasien karena dapat mengetahui penyebab penyakit serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.