Sen15Apr201914:46

Bagaimana Mengetahui Tanda Kutil Akan Sembuh?

Mengenali tanda kutil akan sembuh sangat mudah jika telah berkonsultasi bersama dokter. Kutil kelamin atau kondiloma akuminata termasuk salah satu gejala umum yang muncul akibat infeksi menular seksual. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh infeksi human papillomavirus atau HPV tipe 6 dan 11. Gejala yang akan dirasakan penderitanya adalah benjolan daging kecil berwarna merah yang tumbuh secara bergerombol.
tanda kutil akan sembuh
tanda kutil akan sembuh

Beberapa Tanda Penyakit Kutil Kelamin Secara Umum

Tanda kutil akan sembuh biasanya diawali dengan kulit yang kembali menjadi rata atau normal. Sebelum mengetahui tanda kutil akan sembuh, Anda perlu mengenali gejala penyakit terlebih dahulu. Beberapa gejala penyaki kutil kelamin, baik pada pria maupun wanita adalah pembengkakan kecil di daerah kemaluan, muncul kutil berdekatan yang menyerupai kembang kol, terasa gatal hingga tidak nyaman di area kelamin, dan keluar darah ketika berhubungan seks.



Kutil kelamin pada wanita biasanya muncul pada bagian tubuh tertentu, seperti paha bagian atas, vulva, dinding organ kelamin, daerah antara organ kelamin ekternal dan anus, saluran anus, dan leher rahim. Sementara pria, kutil kelamin dapat tumbuh di beberapa bagian, yakni ujung atau batang kemalun, area selangkangan, paha bagian atas, sekitar atau dalam anus, di dalam saluran kemih, dan skrotum atau testis.
 
Tubuh yang telah terinfeksi virus kutil kelamin akan tetap berpotensi menyebabkan kekambuhan penyakit. Hal ini dikarenakan biasanya virus penyebab kutil kelamin tetap berada di dalam tubuh. Virus akan tidur dalam beberapa waktu dan dapat hidup kembali jika terdapat pemicunya. Salah satu pemicu munculnya kutil kelamin adalah gaya hidup yang tidak sehat serta tidak memperhatikan kesehatan organ kelamin.


Cara Mengobati Kutil Kelamin Serta Pencegahannya

Untuk mempercepat munculnya tanda kutil akan sembuh, pengobatan penyakit harus segera dilakukan. Penanganan kutil kelamin biasanya bergantung pada tingkat keparahan penyakit serta penyebabnya. Beberapa pengobatan yang dapat dilakukan untuk segera mendapatkan tanda kutil akan sembuh, adalah sebagai berikut:


• Menggunakan obat oles

Obat kutil kelamin berbentuk krim, gel, hingga cairan bisa digunakan untuk mengatasi gejala yang muncul. Obat ini dapat dioleskan sendiri di rumah dan memiliki beberapa manfaat, seperti meningkatkan kemampuan sistem imun untuk melawan virus penyebab kutil kelamin, menghancurkan jaringan kutil, dan membekukan kutil dengan menggunakan protein secara kimia.


• Melakukan tindak operasi

Prosedur operasi dilakukan jika penanganan kutil kelamin dengan obat tidak mengurangi gejala penyakit. Operasi sangat diajurkan bagi wanita hamil guna menghindari obat yang mungkin dapat mempengaruhi janin. Beberapa prosedur operasi kutil kelamin, di antaranya krioterapi, elektrokauter, bedah laser, serta eksisi bedah.
 
Proses penyembuhan penyakit akan berjalan dengan cepat jika penanganan penyakit disertai dengan tindak pencegahan. Cara mencegah infeksi kutil kelamin dapat dilakukan dengan menggunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seks, tidak bergonta ganti pasangan seksual, ketahui riwayat seksual pasangan masing-masing, dan lakukan vaksinasi HPV sebelum berusia 26 tahun.


Segera Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Cara mengetahui tanda kutil akan sembuh adalah berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan konsultasi di klinik ini, Anda akan mendapatkan kesembuhan maksimal karena peralatan medis yang digunakan sudah canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memiliki fasilitas unggulan, seperti layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi ini, pasien dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti serta jenis penanganan yang cocok dilakukan. Tak perlu ragu, karena Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan pada biaya perawatan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Kami di nomor 081366657878.