Sab09Mar201913:17

Bagaimana Mencegah Penularan Kutil Kelamin?

Penularan kutil kelamin mudah terjadi jika melakukan kegiatan seksual yang tidak aman. Kutil kelamin merupakan benjolan berukuran kecil yang biasa tumbuh di sekitar organ genital dan dubur. Penyakit ini bisa diderita baik pria maupun wanita yang aktif secara seksual. Penularan kutil kelamin tak hanya melalui hubungan seksual, namun bisa terjadi karena menyentuh organ genital yang terinfeksi secara langsung.
penularan kutil kelamin
penularan kutil kelamin

Bagaimana Gejala Kutil Kelamin Secara Umum?

Gejala kutil kelamin biasanya akan muncul 2 sampai 3 bulan setelah infeksi pertama kali terjadi. Namun, terdapat beberapa gejala umum akibat kutil pada kelamin yang perlu diketahui, yakni adanya pembengkakan di daerah kemaluan, kutil yang tumbuh berdekatan sehingga menyerupai kembang kol, terasa gatal serta tidak nyaman di daerah kemaluan, dan mengalami pendarahan ketika berhubungan seksual.



Bagian kelamin merupakan salah satu tempat paling nyaman dan aman bagi virus untuk hidup serta berkembang. Hal ini dikarenakan beberapa orang mempunya kelenjar keringat yang banyak di bagian vital sehingga mudah basah dan lembap. Penularan kutil kelamin juga bisa terjadi melalui hubungan seksual secara oral sehingga gejala akan muncul di mulut atau tenggorokan. Penyebaran kutil kelamin antara wanita dan pria bisa berbeda-beda, antara lain:


• Pada wanita

Gejala kutil kelamin pada wanita akan muncul di beberapa bagian, seperti paha bagian atas, dinging organ kelamin, daerah antara organ kelamin eksternal dan anus, saluran anus, serta leher rahim.


• Pada pria

Kutil kelamin pada pria memunculkan gejala di tempat yang berbeda, yakni ujung atau batang kelamin, daerah selangkangan, paha bagain atas, sekitar atau dalam anus, di dalam saluran kemih, dan testis atau skrotum.

Apa Saja Pencegahan Terhadap Penyakit Kutil Kelamin?

Penyebab utama dari kutil kelamin adalah human papillomavirus atau HPV tipe 6 dan 11. Dalam beberapa kasus, penularan kutil kelamin juga terjadi ketika tangan seseorang yang terinfeksi menyentuh area genitalnya sendiri. Tak hanya orang dewasa, bayi yang baru lahir bisa menderita penyakit kutil kelamin karena penularan rentan terjadi saat proses persalinan secara normal.
 
Penanganan kutil kelamin bergantung pada tingkat keparahan penyakit sehingga pemeriksaan bersama dokter harus dilakukan terlebih dahulu. Biasanya dokter akan memberikan obat oles dalam berbagai bentuk, seperti krim, gel, hingga cairan. Penggunaan obat ini harus sesuai dengan anjuran dokter, seperti cara penggunaan yang tepat agar kutil terobati dengan maksimal.
 
Selain obat, pilihan perawatan lainnya yang disarankan dokter adalah tindak operasi, meliputi krioterapi, eksisi bedah, laser, dan elektrokauter. Untuk menghindari penularan kutil kelamin lebih lanjut, perawatan perlu disertai dengan tindak pencegahan. Beberapa cara yang disarankan untuk mencegah menularnya penyakit kutil kelamin, adalah sebagai berikut:

• Selalu gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual.
• Rutin berendam dalam air hangat selama 10 hingga 15 menit per hari.
• Usahakan untuk menjaga area sekitar organ kelamin tetap bersih dan kering.
• Lakukan suntik vaksinasi virus HPV sebelum berusia 26 tahun.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Untuk mencegah penularan kutil kelamin, Anda harus segera melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan di daerah Jakarta yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin. Anda dapat melakukan konsultasi secara online dan gratis bersama staf medis yang telah berpengalaman di bidangnya. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyakit dan jenis perawatan yang cocok.
 
Selain konsultasi, Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Proses penyembuhan penyakit berjalan dengan mudah dan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern. Untuk informasi lebih lanjut, lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.