Sen01Apr201913:23

Bagaimana Infeksi HPV Dapat Terjadi?

Infeksi HPV dapat menyebabkan seseorang menderita penyakit kutil kelamin dan kanker. Human papillomavirus atau HPV menular melalui hubungan seksual, baik secara oral, anal, maupun vaginal. Virus HPV paling sering terjadi pada pria berumur 20 hingga 24 tahun dan wanita yang berusia 16 sampai 19 tahun. Kutil kelamin yang muncul akibat infeksi HPV ini akan menginfeksi organ genital.
infeksi HPV
infeksi HPV

Gejala Penyakit Kutil Kelamin dan Faktor Risikonya

Tanda atau gejala yang akan dirasakan akibat infeksi HPV adalah luka kecil terbuka yang kemudian menjadi kutil serta mengering dan sembuh dalam beberapa hari. Kutil kelamin umumnya berupa lesi datar serta benjolan dengan permukaan pecah-pecah bergerombol yang menyerupai kembang kol. Munculnya kutil kelamin dapat mengakibatkan kulit terasa gatal, namun tidak menimbulkan sakit.
 


Infeksi HPV terkadang berpotensi menyebabkan kanker serviks. Karena itu, wanita biasanya dianjurkan untuk selalu memeriksakan kesehatan serta melakukan vaksinasi. Infeksi HPV sangat mudah menular serta diderita oleh siapa saja yang aktif secara seksual. Terdapat beberapa faktor risiko yang berpotensi meningkatkan seseorang terkena infeksi HPV, yakni sebagai berikut:

• Sering bergonta-ganti pasangan seksual.
• Berbagi pemakaian barang pribadi, seperti handuk.
• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
• Adanya kulit yang rusak, seperti luka terbuka.
• Faktor usia, seperti anak-anak hingga dewasa muda.
• Tidak menjaga kebersihan dengan baik.


Bagaimana Penanganan Tepat Terhadap Kutil Kelamin

Sebelum penanganan terhadap penyakit kutil kelamin dilakukan, biasanya dokter akan mendiagnosis penyakit melalui beberapa pemeriksaan. Tes atau pemeriksaan dianjurkan oleh dokter guna membantu mengetahui ada tidaknya infeksi penyebab kutil kelamin. Jenis perawatan yang mungkin dijalani oleh penderita, antara lain:
 
• Tes larutan asam asetat, yakni dengan mengolesi larutan pada bagian genital guna mendeteksi adanya infeksi virus HPV.
 
• Pap smear serta tes DNA, dilakukan dengan mengambil seampel sel dari serviks serta organ kelamin guna mendeteksi keabnormalan.

Jika hasil diagnosis telah diketahui, penanganan bisa dilakukan menggunakan obat oles sehingga membutuhkan waktu cukup lama untuk menghilangkan kutil. Selain obat oles, dokter juga memberikan pilihan pengobatan efektif, yakni melalui prosedur operasi. Beberapa tindak operasi yang dapat membantu mengatasi masalah kutil pada kelamin adalah krioterapi, bedah listrik, operasi pengangkatan, dan bedah laser. Proses penyembuhan penyakit dapat berlangsung dengan cepat jika disertai dengan pencegahan, seperti:

• Hindari menyentuh kulit yang terinfeksi secara langsung.
• Tidak bergonta ganti pasangan atau setia pada satu orang saja.
• Gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual.
• Hindari menggunakan peralatan pribadi secara bersamaan.
• Selalu jaga kebersihan, misalnya dengan memakai kaus kaki.


Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Infeksi HPV bisa ditangani dengan melakukan pengobatan penyakit bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik spesialis penanganan penyakit Andrologi, Ginekologi, dan Penyakit Menular Seksual di wilayah Jakarta. Klinik ini didukung dengan dokter ahli berpengalaman dan peralatan medis canggih berteknologi modern. Melakukan perawatan di Klinik Utama Sentosa, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan medis terbaik dan dengan biaya perawatan yang terjangkau. Layanan konsultasi dan reservasi dapat dilakukan secara online sehingga memudahkan pasien. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878. Membiarkan penyakit di dalam tubuh dalam waktu yang lama akan membahayakan kesehatan tubuh. Karena itu, segera lakukan perawatan medis bersama Klinik Utama Sentosa.