Kam14Feb201909:39

Bagaimana Cara Penularan Kutil Kelamin?

 

Tentunya kita menginginkan diri kita terlindung dari penyakit menular seksual, seperti kutil kelamin. Langkah yang harus dilakukan adalah mengetahui lebih banyak tentang apa itu kutil kelamin, penyebab dan gejala kutil kelamin, serta cara penularan kutil kelamin.

Bagaimana Cara Penularan Kutil Kelamin?
Bagaimana Cara Penularan Kutil Kelamin?

Kutil kelamin adalah penyakit menular seksual (PMS) umum ditemukan dan mudah menyebar melalui kontak kulit ke kulit. Tumbuhnya kutil kelamin berupa benjolan kutil pada area kelamin dan sekitar anus. Penyakit kelamin ini disebabkan tipe tertentu dari Human Papilloma Virus (HPV). Sebagian besar kutil kelamin disebabkan salah satu dari jenis virus HPV tipe 6 dan 11.

Kutil kelamin atau kondiloma akuminata yang terjadi pada pria menginfeksi kulup, batang penis, serta kulit sekitar alat kelamin. gejala awalnya timbul benjolan kecil dengan tekstur yang lembut yang berwarna coklat kemerahan, lalu akan menyebar secara bertahap. Kutil kelamin yang dibiarkan akan menyebar dan jika tidak diobati akan bertambah banyak, dapat berbentuk seperti jengger ayam, atau kembang kol yang dapat berubah menjadi kanker.

Cara penularan kutil kelamin umumnya terjadi karena kontak langsung dari kulit ke kulit. Virus penyebab kutil kelamin dapat berpindah melalui hubungan seksual. Hal ini merupakan cara penularan kutil kelamin yang paling umum termasuk oral seks. HPV juga dapat berpindah dari kontak kelamin dengan mulut. Penularan kutil kelamin juga dapat terjadi dari ibu hamil penderita kutil kelamin kepada bayi yang dikandungnya.

 



Penyebab dan gejala kutil kelamin

Penyebab utama kutil kelamin adalah Human Papilloma Virus (HPV). Sementara itu, faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko mengalami kutil kelamin adalah individu yang aktif secara seksual, terutama jika melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang telah terinfeksi HPV. Risiko terinfeksi lebih besar jika memiliki pasangan seksual lebih dari satu, tanpa menggunakan pengaman seperti kondom.

Kutil kelamin berukuran kecil, dengan warna menyerupai kulit atau mungkin sedikit gelap. Oleh sebab itu terkadang kutil sulit terlihat dengan kasat mata. Kutil kelamin dapat tumbuh tunggal atau dapat berkelompok yang membentuk struktur seperti kembang kol. Meski kadang tidak terlihat, kutil kelamin dapat menimbulkan gejala, berupa gatal, rasa tidak nyaman pada area kelamin, sensasi rasa terbakar, dan nyeri atau pendarahan ketikan melakukan hubungan seksual.

Pada pria kutil kelamin dapat tumbuh pada area batang atau ujung penis, kantung buah zakar, selangkangan, dan sekitar atau di dalam anus. Sedangkan pada wanita, kutil kelamin dapat tumbuh di dinding vagina,  bagian luar vagina (vulva), daerah antara vagina dan anus, di dalam vagina atau di dalam anus, dan leher rahim.

 <<<simak, jika kutil kelamin dibiarkan* klik disini>>>

Diagnosis dan pengobatan kutil kelamin

Seringkali kutil kelamin mudah dilihat dengan mata telanjang. Namun untuk kutil kelamin yang tidak terlihat dengan kasat mata, dokter akan menggunakan larutan asam asetat. Selanjutnya dokter akan melakukan tindakan pengobatan kutil kelamin sesuai dengan kebutuhan kutil kelamin berdasarkan gejala, tingkat keparahan, serta sudah berapa lama sejak kutil tersebut muncul.

Selain menggunakan obat, dokter akan menyarankan prosedur bedah untuk mengatasi atau merontokkan kutil kelamin. bedah disarankan pada pasien yang tidak respons dengan pemberian obat, atau kutil kelamin yang berukuran besar. Sejumlah prosedur bedah yang dapat dilakukan dokter ahli adalah:

  1. Eksisi.
  2. Electrocautery.
  3. Krioterapi.
  4. Bedah laser.

Jika kutil kelamin tidak diatasi, kutil kelamin akan tumbuh membesar dan akan sulit dihilangkan. Disamping itu, risiko akan menginfeksi pasangan seksual akan semakin besar pula. Beberapa jenis HPV juga berisiko akan memicu pertumbuhan sel kanker dalam serviks. Selain kanker serviks, juga kanker vulva, kanker penis, kanker anus, dan kanker mulut atau tenggorokan.

Maka sebaiknya untuk segera melakukan pemeriksaan sejak dini jika Anda mengalami gejala kutil kelamin, dan atau jika Anda adalah orang yang berisiko tinggi mengalami penyakit kelamin. semakin cepat diatasi maka akan memperbesar peluang untuk sembuh total dan mudah diatasi, selain itu akan menghemat waktu dan biaya pengobatan, dan Anda jauh dari risiko dan bahaya akibat kutil kelamin ini.

 



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Mengalami kutil kelamin? silahkan kunjungi Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang akan membantu mengatasi penyakit kelamin hinggan tuntas baik pada pria atau wanita. Anda tidak perlu khawatir dan malu dengan kondisi penyakit kelamin Anda, sebab disini Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin profesional yang sudah banyak menangani kasus seperti Anda. Kami hadir dengan metode pengobatan terbaru, di dukung peralatan medis modern yang canggih, laboratorium yang steril yang tidak akan Anda temukan ditempat lain. Kami memberikan perawatan medis prima yang nyaman, tepat, cepat, dan akurat hingga tuntas, dengan biaya pengobatan terjangkau, sudah terbukti dengan banyaknya pasien yang puas dengan pelayanan yang kami berikan.

Untuk informasi lebih lanjut terkait bagaimana cara penularan kutil kelamin, silahkan hubungi kami di 081366657878 .