Sab11Mei201911:03

Bagaimana Cara Mengobati Gatal Di Kemaluan?

Cara mengobati gatal di kemaluan dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari cara alami hingga medis tergantung dari faktor penyebabnya. Penyebab gatal di kemaluan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari infeksi bakteri, virus, hingga kurangnya menjaga kebersihan alat kelamin. Saat alat kelamin terasa gatal, tentu hal tersebut membuat kita tidak nyaman. Apalagi jika rasa gatal muncul ketika kita sedang berada di tempat umum. Bukan hanya tidak nyaman, namun kita juga akan merasa malu.
cara mengobati gatal di kemaluan
cara mengobati gatal di kemaluan
Alat kelamin baik pria mapun wanita harus dijaga kebersihannya. Pasalnya alat kelamin merupakan tempat dimana keluarnya kotoran dan rentan terkena infeksi bakteri maupun virus. Kebanyakan orang masih kurang peduli terhadap kebersihan dan kesehatan kelamin. Salah satu alasan terbesar adalah kurangnya pengetahuan mengenai penyakit kelamin yang jika tidak diberikan perawatan dapat menyebabkan komplikasi.


Penyebab Kulit Kelamin Gatal

Jika kulit kelamin gatal, hal tersebut dapat mengindikasikan berbagai hal. Berikut ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kulit kelamin gatal:


• Infeksi Menular Seksual

Salah satu hal yang dapat menyebabkan munculnya gejala kulit kelamin gatal adalah infeksi menular seksual. Gatal yang dirasakan bisa jadi merupakan gejala adanya infeksi bakteri penyebab gonore maupun klamidia. Gejala yang muncul pada penderita yang terinfeksi bakteri penyebab gonore biasanya rasa gatal yang disertai dengan keluarnya cairan seperti nanah dari alat kelamin. Gejala lain yang muncul akibat gonore adalah rasa nyeri dan sakit pada alat kelamin ketika buang air kecil. Sedangkan gejala pada penderita klamidia adalah penis gatal disertai dengan adanya pembengkakan di sekitar alat kelamin. Sebenarnya keluar cairan seperti nanah dari kelamin juga salah satu gejala penyakit klamidia, hanya saja untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai klamidia sebaiknya Anda datang ke Klinik Utama Sentosa.

• Infeksi Jamur

Gatal pada alat kelamin juga bisa jadi tanda adanya infeksi jamur atau yang dikenal dengan candidiasis. Salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur adalah balanitis. Saat seseorang terinfeksi jamur penyebab balanitis, gejala yang biasa muncul adalah kulit kelamin terasa gatal dan disertai pembengkakan atau radang kepala penis. Balanitis juga menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri setiap kali buang air kecil.
 
Selain penyebab diatas, kulit kelamin gatal bisa disebabkan oleh berbagai hal lain seperti penyakit kulit, alergi terhadap bahan kimia yang terdapat dalam sabun mandi, adanya iritasi akibat urine, dan lain sebagainya. Salah satu penyebab dari gatalnya kulit kelamin tersebut karena akibat kesadaran dalam menjaga kebersihan kelamin yang kurang.


Lakukan Langkah Ini Jika Penis Gatal

Langkah penting yang harus dilakukan jika mengalami gejala kulit gatal adalah pergi ke dokter. Lakukan pemeriksaan untuk mendiagnosis apakah penyebab kulit kelamin gatal. Selain dapat berkonsultasi mengenai cara mengobati gatal di kemaluan, Anda juga dapat mengetahui penyebab gejala tersebut. Jika belum mengetahui penyebabnya, disarankan untuk tidak sembarangan mengonsumsi obat. Salah konsumsi obat dapat memperparah gejala yang Anda miliki. Semakin cepat Anda melakukan pemeriksaan, maka semakin cepat pula gejalanya dapat disembuhkan.



Jika ternyata gejala tersebut merupakan tanda infeksi penyakit gonore, klaimidia maupun balanitis, maka pengobatan harus segera dilakukan. Pasalnya, penyebab ketiga penyakit di atas dapat menyebar jika tidak segera diatasi. Bahaya yang muncul jika tidak segera diobati cukup fatal, yaitu komplikasi, bahkan memicu infertilisasi atau kemandulan. Jika Anda memiliki kekhawatiran mengenai cara mengobati gatal di kemaluan maupun gejala lainnya, segera periksakan ke dokter. Atau konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kami melalui hotline di 081366657878.