Sen11Feb201913:08

Bagaimana Cara Menghilangkan Virus HPV?

Cara menghilangkan virus HPV dapat dilakukan bersama dokter setelah pemeriksaan fisik dilakukan. Virus human papillomavirus atau HPV merupakan virus yang menyebabkan tumbuhnya kutil di berbagai bagian tubuh, terutama organ genital. Sebagian besar penularan virus HPV terjadi akibat bersentuhan langsung dengan kulit penderitanya. Namun, hubungan seksual termasuk salah satu sarana penyebaran penyakit yang paling mudah.

cara menghilangkan virus HPV
cara menghilangkan virus HPV

Apa Saja Gejala Akibat Infeksi Virus HPV?

Kutil kelamin terkadang tidak menimbulkan gejala secara pasti sehingga infeksi jarang disadari oleh penderitanya. Sistem kekebalan tubuh bisa menghalangi virus sebelum menginfeksi sehingga penyakit kutil kelamin cenderung tidak memerlukan penanganan serius. Namun, jika tubuh tidak berhasil memberantas virus, maka HPV juga berpotensi menyebabkan penyakit kanker serviks.
 

Infeksi HPV yang sudah menimbulkan gejala akan ditandai dengan munculnya kutil. Kutil kelamin umumnya ditandai dengan adanya lesi datar serta benjolan yang bergerombol sehingga menyerupai kembang kol. Infeksi ini akan menyebabkan rasa gatal dan ketidaknyaman di sekitar daerah yang terinfeksi. Kutil kelamin dapat muncul karena dipicu oleh beberapa faktor risiko sebagai berikut:

• Berhubungan lebih dari satu pasangan seksual.
• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
• Kebersihan organ kelamin tidak terjaga dengan baik.
• Berbagai peralatan mandi dengan penderitanya.
• Sudah aktif secara seksual sejak usia yang masih muda.
• Memiliki riwayat infeksi menular seksual sebelumnya.


Cara Tepat Menghilangkan Kutil Pada Kelamin

Mengoleskan obat kutil kelamin sesuai anjuran dokter merupakan salah cara menghilangkan virus HPV. Obat yang diberikan biasanya dalam bentuk krim, gel, atau salep yang bisa dioleskan sendiri di rumah tanpa bantuan tenaga medis. Penggunaan obat ini berguna untuk meredakan rasa sakit dan mengurangi ketidaknyamanan. Jika obat tidak ampuh dalam menangani kutil, maka beberapa tindak operasi berikut perlu dilakukan, yakni:


• Krioterapi

Prosedur ini dilakukan sebagai cara menghilangkan virus HPV dengan membekukan kutil menggunakan cairan nitrogen. Metode ini tidak cukup dilakukan sekali, sehingga Anda harus melakukannya secara berulang kali hingga kutil benar-benar menghilang.


• Elektrokauter

Cara menghilangkan virus HPV dengan metode eletrokauter dilakukan menggunakan arus listrik guna membakar kulit. Metode ini bisa digunakan untuk menghilangkan kutil yang tumbuh di vulva dan sekitar anus.


• Laser

Prosedur selanjutnya yang digunakan sebagai cara menghilangkan virus HPV adalah bedah laser. Energi laser berguna untuk membakar dan menghilangkan kutil yang berukuran besar dan sulit dijangkau, seperti dalam anus dan saluran kemih atau uretra.


• Eksisi bedah

Pada metode ini, dokter membutuhkan alat khusus untuk memotong atau menghilangkan kutil. Karena itu, Anda memerlukan anestesi atau bius lokal guna mengurangi rasa sakit. Setelah pengangkatan kutil dilakukan, dokter akan menjahit luka pada kulit yang terinfeksi.


Segera Lakukan Konsultasi dengan Klinik Utama Sentosa

Cara menghilangkan virus HPV dapat Anda lakukan setelah melakukan pemeriksaan fisik di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan pelayanan terbaik dan maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan selama melakukan perawatan. Tak hanya itu, fasilitas pendukung lain seperti layanan konsultasi online ditawarkan guna mempermudah pasien untuk mengetahui penyebab penyakit secara pasti. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.