Sab09Feb201915:43

Apakah Virus HPV Bisa Sembuh?

Virus HPV bisa sembuh jika melakukan penanganan sejak munculnya gejala awal. Virus HPV merupakan penyebab dari penyakit kutil kelamin atau kondiloma akuminata. Kutil kelamin muncul dengan adanya benjolan kecil di sekitar organ kelamin dan dubur. Penyakit ini dapat diderita oleh siapa saja karena melakukan hubungan seksual yang tidak aman tanpa menggunakan pelindung atau kondom.
virus HPV bisa sembuh
virus HPV bisa sembuh

Bagaimana Penularan Virus HPV Dapat Terjadi?

Apakah virus HPV bisa sembuh? Virus HPV dapat menyebar melalui kontak seksual baik secara oral, anal, maupun vaginal. Selain itu, penularan juga dapat terjadi karena menyentuh organ kelamin sendiri atau pasangan yang telah terinfeksi. Cara penularan virus HPV lainnya, dapat berupa penggunaan mainan seks yang telah terkontaminasi dan juga menular dari ibu ke bayi dalam kandungannya. Individu yang aktif secara seksual lebih berisiko terinfeksi penyakit kutil kelamin. Namun, terdapat beberapa faktor pemicu lainnya, seperti:
 


• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
• Sedang berada dalam keadaan hamil.
• Memiliki kebiasaan buruk, seperti merokok.
• Pernah menderita infeksi menular seksual lainnya.
• Memiliki riwayat kekerasan seksual saat kecil.
• Berhubungan seks dengan orang yang tidak diketahui riwayat seksualnya.


Pengobatan Tepat Pada Penyakit Kutil Kelamin

Virus HPV bisa sembuh dengan melakukan penanganan bersama dokter. Sebelum melakukan penanganan, biasanya dokter akan mendiagnosis penyakit dengan melihat gejala yang muncul. Jika hasil diagnosis telah diketahui, pemeriksaan lanjutan akan dilakukan dokter. Tes atau pemeriksaan lanjutan terhadap penyakit kutil kelamin, antara lain:
 
• Pap smear, dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang bernama spekulum. Alat ini berguna untuk melihat bagian dalam organ kelamin wanita hingga serviks atau leher rahim.
 
• Kolposkopi, dilakukan dengan menggunakan kolposkop atau mikroskop yang dilengkapi lampu untuk melihat sel-sel di dalam serviks. Dokter akan membuka organ kelamin dengan menggunakan spekulum atau cocor bebek.
 
• Tes HPV-DNA, dilakukan guna mengetahui apakah pasien terinfeksi virus HPV yang menjadi penyebab penyakit kanker. Hal ini dikarenakan virus HPV penyebab kanker juga bisa ikut menginfeksi.
 
Virus HPV bisa sembuh dengan sendirinya jika tidak menimbulkan gejala yang mengganggu. Namun, jika penderitanya merasakan gatal, nyeri, dan sensasi terbakar pada organ kelamin maka konsumsi obat sesuai resep dokter sangat diperlukan. Obat biasanya bekerja dengan membakar kutil kelamin, namun dapat menyebakan efek samping berupa iritasi kulit hingga nyeri. Untuk menangani kutil yang berukuran besar, dokter akan melakukan prosedur bedah, seperti:


• Krioterapi

Virus HPV bisa sembuh dengan melakukan metode krioterapi. Krioterapi merupakan prosedur pengangkatan kutil kelamin menggunakan nitrogen cair dengan suhu minus 195 derajat Celsius.


• Elektrokauter

Elektrokauter atau bedah listrik merupakan metode operasi menggunakan listrik guna membuang jaringan abnormal, seperti kutil kelamin. Metode ini juga bisa digunakan untuk menghentikan pendarahan setelah tindak operasi.


• Bedah laser

Bedah laser digunakan untuk mengangkat kutil yang sulit dihilangkan dengan metode lain. Laser digunakan untuk menghancurkan pembuluh darah hingga kutil mati dan dapat diangkat dengan mudah.


Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Virus HPV bisa sembuh dengan melakukan perawatan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan kutil kelamin di klinik ini, Anda akan mendapatkan keuntungan karena ditangani oleh dokter berpengalaman di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis yang telah canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan pelayanan medis terbaik sehingga pasien mendapatkan kepuasan selama melakukan perawatan atau pemeriksaan rutin. Tak hanya itu, layanan konsultasi juga diberikan secara online dan gratis sehingga pasien dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti serta jenis penanganan yang dapat dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa segera melakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.