Jum03Mei201911:29

Apakah Virus HPV Bisa Hilang dan Tak Kambuh?

Banyak yang mempertanyakan apakah virus HPV bisa hilang dan sembuh sendiri tanpa memerlukan pengobatan khusus. Kutil kelamin penyakit menular seksual yang terjadi akibat infeksi virus bernama Human papillomavirus atau HPV. Penyakit ini dapat menyerang beberapa bagian tubuh, seperti organ kelamin atau anus, leher rahim, area selangkangan atau daerah paha, skrotum. Tak hanya itu, gejala juga dapat muncul di tenggorokan, lidah, mulut, dan juga bibir.
apakah virus HPV bisa hilang
apakah virus HPV bisa hilang

Apa Saja Gejala Penyakit Kutil Kelamin?

Sebelum mengetahui apakah virus HPV bisa hilang dengan sendirinya atau tidak, gejala penyakit perlu diketahui terlebih dahulu. Kutil kelamin umumnya berukuran kecil dan berwarna serupa dengan kulit tubuh. Karena itu, gejala kerap kali tidak terlihat secara kasat mata. Kutil bisa tumbuh tunggal ataupun berkelompok sehingga menyerupai kembang kol. Kemunculan kutil kelamin pada pria dan wanita dapat tumbuh di area yang berbeda, yakni:


• Gejala kutil kelamin pria

Pada pria, apakah virus HPV bisa hilang dapat diketahui jika gejala sudah muncul dengan jelas. Gejala kutil akan muncul di beberapa area, seperti batang atau ujung kemaluan, kantung buah zakar, sekitar selangkangan, paha bagian atas, dan sekitar atau dalam anus.


• Gejala kutil kelamin wanita

Sementara pada wanita, gejala penyakit kutil kelamin dapat tumbuh di dinding organ kelamin, vulva atau bagian luar kemaluan, daerah antara organ kelamin dan anus atau perineum, di dalam organ kelamin atau dalam anus, serta leher rahim.

Perawatan Tepat Terhadap Infeksi HPV

Pada dasarnya, apakah virus HPV bisa hilang atau tergantung pada indivu masing-masing. Beberapa penderita penyakit kutil kelamin bisa sembuh tanpa pengobatan dalam waktu dua tahun atau lebih. Apakah virus HPV bisa hilang bisa Anda konsultasikan dengan dokter secara langsung. Biasanya, dokter akan memberikan obat dalam bentuk krim khusus guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi yang terjadi. Selain obat, kutil kelamin bisa pula dihilangkan dengan melakukan beberapa tindak operasi, antara lain:


• Krioterapi

Metode operasi dengan krioterapi dilakukan dengan menggunakan nitrogen cairan guna membekukan kutil kelamin. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan kutil yang berukuran kecil. Meski efektif, krioterapi dapat menyebabkan efek samping, berupa pembengkakan yang disertai dengan sensasi terbakar.
 

• Elektrokauter

Dalam prosedur ini, dokter akan melakukan penanganan kutil dengan membakarnya menggunakan arus listrik. Waktu penyembuhan biasanya akan memakan waktu antara 4 hingga 6 minggu. Efek samping yang dirasakan penderitanya adalah pendarahan, terjadinya infeksi, munculnya jaringan parut, dan perubahan pada warna kulit.
 

• Bedah laser

Sebelum melakukan bedah laser, penderita akan diberikan anestesi lokal atau umum terlebih dahulu. Operasi ini sangat disarankan jika kutil sulit diakses, tidak dapat diobati dengan cara lain, sudah menyebar, dan cukup menonjol dengan jelas. Efek samping yang akan terjadi dapat berupa iritasi pada area tersebut, rasa sakit atau nyeri, dan pendarahan.


Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Pertanyaan mengenai apakah virus HPV bisa hilang dapat diketahui setelah berkonsultasi di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan pelayanan terbaik dan maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan selama melakukan perawatan. Tak hanya itu, fasilitas pendukung lain seperti layanan konsultasi online ditawarkan guna mempermudah pasien untuk mengetahui penyebab penyakit secara pasti. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.