Sab23Feb201914:57

Apakah Kutil Kelamin dapat Dicegah?

Kondiloma akuminata atau lebih dikenal dengan kutil kelamin merupakan salah satu infeksi menular seksual. Kutil kelamin dapat dicegah dengan menghindari faktor risiko dan menerapkan pola hidup sehat. Apa itu kutil kelamin dan apa saja gejala serta penyebabnya?
Apakah Kutil Kelamin dapat Dicegah?
Apakah Kutil Kelamin dapat Dicegah?
Pada umumnya kutil kelamin muncul akibat dari infeksi Human Papilloma Virus (HPV) tipe 6 dan 11. Selain kutil tumbuh pada vagina atau penis, beberapa tipe HPV juga dapat menyebab kanker serviks.

Penyebaran kutil kelamin terjadi melalui aktivitas hubungan seksual, baik melalui vagina, ataupun anal dan oral. Disamping itu, virus penyebab kutil kelamin juga dapat menular saat tangan penderita kutil kelamin menyentuh kelaminnya sendiri, lalu menyentuh kelamin pasangan.

Kutil kelamin dapat dicegah, dan cara terbaik untuk mencegah terjadinya kutil kelamin adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang tidak jelas diketahui riwayat seksualnya. Langkah selanjutnya, kutil kelamin dapat dicegah dengan menggunakan pengaman seperti kondom ketika melakukan hubungan seksual. Namun, perlu untuk diketahui bahwa penggunaan kondom tidak 100% efektif dapat mencegah kutil kelamin.

Metode selanjutnya, kutil kelamin dapat dicegah dengan imunisasi HPV. Vaksin HPV diberikan 2 atau 3 kali sebelum aktif secara seksual. Penelitian menunjukkan bahwa dengan pemberian vaksin pada usia yang telah dianjurkan dapat mengurangi risiko kutil kelamin mencapai hingga 50 persen.

Namun, jika terlanjur mengalami kutil kelamin sebaiknya untuk segera melakukan pemeriksaan sejak dini untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan segera agar kutil tidak berkembang dan semakin parah. Kutil kelamin tidak akan sembuh sendirinya, untuk itu membutuhkan penanganan yang tepat dibawah pengawasan dokter ahli untuk mendapatkan hasil yang maksimal.




Kutil kelamin muncul kembali setelah diobati

Kutil kelamin muncul kembali setelah melakukan tindakan pengobatan, hal ini mungkin saja terjadi, jika pengobatan kutil kelamin dilakukan hanya menghilangkan kutilnya saja tanpa membasmi virus HPV yang menjadi penyebab kutil kelamin. itu sebabnya pengobatan dengan konsumsi obat sembarangan tidak akan menyembuhkan kutil kelamin.

Selain itu pengobatan secara alami hanya akan mengurangi gejala, walau mungkin sembuh, kutil kelamin akan berulang dikemudia hari. Maka tindakan pengobatan kutil kelamin yang tepat adalah dengan melakukan perawatan intensif yang di dukung pola hidup sehat dan menghindari faktor risiko terjadinya kutil kelamin, seperti tidak melakukan hubungan seksual bebas, dan mengikuti saran dan ajuran dari dokter.

Pengobatan kutil kelamin yang tepat

Pengobatan kutil kelamin dilakukan bersarkan tingkat keparahan kutil kelamin. dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan penyakit. Sebaiknya untuk konsultasi tentang metode apa yang tepat dilakukan untuk membasmi kutil kelamin.

Dokter juga akan menyarankan prosedur bedah untuk mengatasi kutil kelamin. metode bedah disarankan jika tidak ada respons dengan pemberian obat-obatan. Sebaiknya untuk tidak merokok selama menjalani proses pengobatan. Dengan langkah ini kutil kelamin dapat dicegah untuk tidak tumbuh kembali. Selain itu, sebaiknya pasangan seksual juga ikut melakukan pemeriksaan untuk mencegah terjadinya penularan kembali.




Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Mengalami kutil kelamin yang sangat mengganggu Anda dan tidak tahucara yang tepat untuk mengatasi penyakit kelamin ini? Kunjungi Klinik Utama Sentosa sekarang juga!

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kelamin yang akan membantu mengatasi penyakit kelamin hingga tuntas baik pria atau wanita. Tidak perlu khawatir sebab disini Anda ditangani langsung oleh dokter profesional berpengalaman yang sudah banyak menangani penyakit kelamin, dan pasien puas dengan pelayanan yang kami berikan. Sekarang, sudah saatnya giliran Anda. Kami memberikan perawatan medis prima yang cepat, tepat dan akurat dengan peralatan medis modern yang canggih serta laboratorium yang steril dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut terkait apakah kutil kelamin dapat dicegah, Anda dapat menghubungi kami di 081366657878 .