Min21Jul201913:46

Apakah Kutil Kelamin Bisa Hilang Sendiri Tanpa Obat?

 

Apakah kutil kelamin bisa hilang sendiri? Temukan jawabannya dengan menyimak informasi mengenai kutil kelamin di bawah ini. Penyakit kutil kelamin yang memiliki nama lain Kondiloma akuminata adalah salah satu penyakit menular seksual. Penyakit yang satu ini dapat menular melalui hubungan seksual. Jika Anda sering berhubungan seksual dengan beberapa pasangan seksual berbeda, maka risiko terkena penyakit menular seksual yang satu ini lebih tinggi.

apakah kutil kelamin bisa hilang sendiri
apakah kutil kelamin bisa hilang sendiri

Ditambah lagi, jika Anda bergonta ganti pasangan seksual dan tidak memakai pengaman ketika berhubungan seksual. Dengan gejala yang dialami penderitanya, kutil kelamin ini dapat dihindari bahayanya dengan mengenali gejalanya. Pengobatan yang dilakukan lebih cepat juga dapat mencegah terjadinya penularan penyakit kutil kelamin. Penyakit kutil kelamin ini dapat menginfeksi pria dan wanita, jadi sebaiknya berhati-hati. Apakah kutil kelamin bisa hilang sendiri jika infeksinya disembuhkan? Jawabannya adalah tidak.

Apa Itu Kutil Kelamin?


Istilah kutil mungkin adalah hal yang sudah biasa dan sudah sering Anda dengar, tapi mungkin tidak dengan kutil kelamin. Kutil kelamin bukan berarti hanya kutil kelamin biasa yang muncul di kelamin. Munculnya kutil ini merupakan sebuah gejala yang muncul akibat adanya infeksi human papilloma virus (HPV) yang menyerang tubuh. Dengan munculnya gejala ini, apakah kutil kelamin bisa hilang sendiri? Tentu saja tidak jika tidak dilakukan metode pengobatan kutil kelamin yang tepat.


Kutil kelamin ini juga dapat semakin bertambah ukuran serta jumlahnya jika tidak segera dilakukan pengobatan. Yang membedakan kutil kelamin dengan kutil biasa adalah tempat tumbuhnya yang di sekitar alat kelamin. Jika pada pria, kutil kelamin dapat tumbuh di bagian penis dan anus, maka beda halnya dengan kutil kelamin pada wanita. Kutil kelamin yang tumbuh pada wanita bahkan dapat muncul di sekitar dinding rahim atau bagian dalam organ reproduksi. Jika kutilnya bagian dalam tubuh, maka diperlukan pemeriksaan tertentu untuk mengetahui keberadaan kutil tersebut.

apakah kutil kelamin bisa hilang sendiri
apakah kutil kelamin bisa hilang sendiri

Mencegah Penularan Kutil Kelamin


Penularan penyakit kutil kelamin dapat terjadi melalui berbagai cara. Salah satunya adalah dengan aktivitas berhubungan seksual. Selain itu, melakukan kontak langsung dengan kutil kelamin lalu menyentuh kelamin pasangan juga dapat menyebabkan penularan infeksinya. Jadi, untuk mencegah penularan kutil kelamin ini dapat dilakukan dengan menghindari beberapa hal berikut:

• Berhubungan seksual ketika dinyatakan positif terkena kutil kelamin.
• Mencuci tangan dengan bersih setelah menyentuh kutil pada kelamin.
• Tidak berhubungan seksual dengan penderita kutil kelamin.
• Melakukan seks bebas tanpa menggunakan pengaman.

Selain menghindari hal yang dapat menyebabkan penularan, mengenali gejala penyakit kutil kelamin juga dapat dilakukan untuk mencegah kutil kelamin semakin menyebar. Gejala yang dialami oleh penderita kutil kelamin biasanya adalah tumbuhnya kutil di sekitar kelamin. kutil ini memang tidak menimbulkan gatal, namun bisa juga menimbulkan gatal ketika jumlahnya sudah semakin banyak. Kutil ini juga lama kelamaan dapat menutupi kelamin sehingga sulit menjalankan fungsinya. Jadi pertanyaan apakah kutil kelamin bisa hilang sendiri, merupakan hal yang tidak dapat terjadi. Bahkan setelah virusnya berhasil dihentikan infeksinya, bekas kutil kelamin akan tetap ada di kulit. Dan cara yang bisa menghilangkan kutil ini adalah dengan menggunakan teknologi laser.


Cara Menghilangkan Kutil Kelamin

Cara terbaik untuk menghilangkan kutil kelamin adalah dengan melakukan metode laser yang dapat Anda jalani di Klinik Utama Sentosa. Penggunaan obat untuk kutil kelamin saja tidak akan mampu untuk membuat kutil kelamin rontok. Bahkan, apakah kutil kelamin bisa hilang sendiri begitu kutil kelamin dinyatakan sembuh? Jika tidak menggunakan teknologi laser, maka hal tersebut akan sulit untuk dilakukan. Jika Anda ingin menghilangkan kutil kelamin dengan laser, maka konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kami lewat layanan hotline kami di 081366657878.