Rab06Mar201913:11

Apakah Kondiloma Akuminata Bisa Menular?

Kutil kelamin atau kondiloma akuminata bisa menular dan merupakan salah satu infeksi menular seksual. Kutil kelamin muncul pada kulit di area alat kelamin dan anus. Kutil kelamin atau kondiloma akuminata disebabkan infeksi bakteri Human Papilloma Virus (HPV).
Apakah Kondiloma Akuminata Bisa Menular?
Apakah Kondiloma Akuminata Bisa Menular?
HPV merupakan virus yang sulit untuk dipahami. Hal ini merupakan penyakit menular seksual yang umum, terkadang dapat hilang dengan sendirinya. Dan terkadang beberapa jenis HPV sangat berisiko tinggi sebab dapat berkembang menjadi kanker jika tidak ditangani.

Kutil kelamin atau kondiloma akuminta bisa menular. Anda tertular kutil kelamin melalui kontak kulit dengan seseorang yang telah terinfeksi selama hubungan seksual vaginal, anal atau oral. Kutil kelamin tetap dapat menyebar bahkan ketika kutil kelamin tidak terlihat atau gejala tidak muncul. Kondiloma akuminata bisa menular kepada bayi dari ibu penderita kutil kelamin ketika proses persalinan normal, walau kondisi ini jarang terjadi.

Kutil kelamin berbeda dengan kutil biasanya yang ditemukan di bagian tubuh lain. Maka, jika Anda mengalami kutil kelamin dan ketika gejala awal muncul, sebaiknya untuk melakukan tes dan tindakan pengobatan sejak dini untuk mencegah risiko penularan kepada pasangan.




Bagaimana saya mengetahui jika saya memiliki kutil kelamin?

Jika kutil muncul pada area alat kelamin atau dubur, sebaiknya untuk segera melakukan pemeriksaan sejak dini. Kutil kelamin dapat tumbuh tunggal, namun ada yang tumbuh berkelompok sehingga berbentuk seperti kembang kol. Penyakit menular seksual lain seperti herpel kelamin dan sifilis, bisa terlihat seperti kutil kelamin tetapi akan membutuhkan perawatan yang berbeda.

Wanita yang terkena kondiloma akuminata dapat tumbuh pada paha bagian atas, dinding vagina, vulva, area alat kelamin dan anus, serta leher rahim. Sedangkan pada pria, kutil dapat tumbuh di ujung atau batang penis, paha bagian atas, disekitar atau dalam anus, dan skrotum (testis).

Ciri-ciri munculnya kutil kelamin atau kondiloma akuminata berupa bengkak pada area kemaluan, beberapa kutil yang berdekatan, gatal dan rasa tidak nyaman pada area kemaluan, serta terjadi pendarahan ketika melakukan hubungan seksual.

Sebaiknya untuk segera melakukan pemeriksaan diri ke dokter jika gejala penyakit kelamin ini muncul pada genital, jika gejala terdeteksi sejak ini akan membantu proses penyembuhan sehingga kutil dapat dengan mudah dibasmi. Mengingat kondiloma akuminata bisa menular, sebaiknya pasangan seksual ikut melakukan pengobatan untuk mencegah terjadinya penularan kembali.

Simak: Beberapa Penyebab Kutil Kelamin* Klik Disini

Bisakah HPV dicegah?

Cara terbaik agar tidak tertular HPV sebagai penyebab kutil kelamin atau infeksi menular seksual (IMS) lain dengan tidak melakukan hubungan seksual yang berisiko. Hindari melakukan seksual dengan seseorang yang telah terinfeksi.

Dengan menggunakan kondom ketika melakukan hubungan seksual akan mengurangi kondiloma akuminata bisa menular kepada Anda, namun kondom tidak melindungi seluruh area genital dari kontak kulit ke kulit. Maka setia kepada pasangan adalah cara ampuh untuk mencegah berbagai penyakit menular seksual. Selain itu, vaksin HPV dapat melindungi diri dari kutil kelamin.

Namun, jika saat ini Anda terlanjur mengalami penyakit kelamin ini langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan mengatsinya hingga tuntas. Sebab kutil kelamin tidak akan sembuh dengan sendirinya. Penting untuk memahami bahwa setiap orang membutuhkan tindakan perawatan yang berbeda-beda.

Sebaiknya untuk konsultasi ke dokter, karena hanya dokter yang dapat menentukan metode perawatan yang terbaik dan apa saja yang Anda butuhkan untuk mencegah munculnya komplikasi akibat kutil kelamin.




Konsultasikan Keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Jika saat ini Anda mengalami penyakit kelamin menular seksual yaitu kutil kelamin, segera kunjungi Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang akan membantu mengatasi penyakit kelamin Anda hingga tuntas baik pria atau wanita.

Kami memberikan perawatan medis prima yang aman tanpa efek samping dan didukung peralatan medis modern canggih dengan laboratorium yang steril. Untuk informasi lebih lanjut terkait apakah kondiloma akuminata bisa menular, silahkan klik website kami untuk konsultasi, atau hubungi kami di 081366657878 .