Sen01Apr201913:51

Apakah HPV adalah Penyebab Kutil Pada Kelamin?

HPV adalah virus penyebab penyakit kutil kelamin yang menyebar melalui hubungan seksual. Penyakit ini bisa diderita oleh siapa saja, baik pria maupun wanita yang atif secara seksual. Kutil biasanya muncul berupa tonjolan berwarna kulit atau keabu-abuan dengan ukuran kecil. Beberapa benjolan tumbuh secara tunggal, namun ada pula yang bergerombol sehingga menyerupai kembang kol.
HPV adalah
HPV adalah

Penyebab Utama Terjadinya Infeksi Kutil Kelamin

Penyebab seseorang mudah terinfeksi HPV adalah karena melakukan hubungan seksual tidak aman, seperti tanpa pelindung atau kondom. Kutil kelamin umumnya terjadi akibat infeksi HPV tipe 6 dan tipe 11. Faktor risiko seseorang mudah terkena infeksi HPV adalah usia muda dengan status seksual yang aktif. Selain itu, beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko penyakit kutil kelamin, antara lain:
 

• Berhubungan seks dengan banyak orang atau bergonta-ganti pasangan.
• Menggunakan pemakaian barang pribadi, seperti handuk secara bergantian.
• Sistem kekebalan tubuh lemah akibat mengidap penyakit HIV/AIDS.
• Memiliki kulit yang rusak, seperti adanya luka terbuka.
• Tidak menjaga kebersihan, seperti menggunakan toilet umum tanpa alas kaki.

Gejala kutil kelamin akibat adanya infeksi HPV adalah rasa gatal, nyeri, serta sensasi terbakar. Jika tidak segera ditangani, infeksi juga bisa menyebabkan kanker serviks yang ditandai dengan beberapa gejala, seperti pendarahan atau keluarnya cairan dari organ kelamin, sakit pada perut bagian bawah atau area pelvic, darah keluar ketika berhubungan seksual atau masa menopause, dan nyeri saat melakukan hubungan seks.


Diagnosis Kutil Kelamin Serta Penanganan Penyakitnya

Untuk mengetahui jenis perawatan yang cocok, cara terbaik yang bisa dilakukan pada infeksi HPV adalah mendiagnosis penyakit. Dokter juga mungkin memeriksa kondisi fisik penderita secara langung serta pemeriksaan penunjang lainnya. Prosedur pengangkatan bagian kecil kutil untuk sampel biasanya dilakukan dokter dengan shave biopsy. Setelah itu, sampel kemudian akan dikirim ke laboratorium guna mengetahui status kutil, jenis obat yang cocok, dan pencegahan tepat terhadap pertumbuhan kutil.
 
Kutil kelamin bisa ditangani dengan mengonsumsi obat antibiotik sesuai resep dokter. Jika obat belum mampu menghilangkan kutil, maka penanganan lain yang bisa dilakukan adalah prosedur bedah. Beberapa tindak operasi atau bedah anjuran dari dokter untuk penanganan kutil kelamin, antara lain:


• Bedah laser, digunakan jika kutil muncul secara terus menerus meski telah diobati.
• Krioterapi, dilakukan dengan nitrogen cair atau cryoprobe guna membekukan kutil.
• Elektrokauter, dilakukan menggunakan arus listrik untuk menghancurkan kutil.
• Eksisi bedah, yakni pembedahan dengan memotong kutil yang masih berukuran kecil.

Penyakit kutil kelamin dapat dicegah dengan menghindari hubungan seksual tanpa pelindung atau kondom. Virus penyebab kutil bisa menyerang mukosa mulut sehingga Anda juga perlu menghentikan aktivitas seks secara oral dengan orang yang terdiagnosis. Dokter akan menyarankan langkah pencegahan penyakit dengan melakukan vaksinasi HPV. Vaksin ini dapat diberikan sejak usia 10 hingga 26 tahun.


Konsultasikan Segera Bersama Klinik Utama Sentosa

Cara menyembuhkan infeksi HPV adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan pelayanan terbaik dan maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan selama melakukan perawatan. Tak hanya itu, fasilitas pendukung lain seperti layanan konsultasi online ditawarkan guna mempermudah pasien untuk mengetahui penyebab penyakit secara pasti. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.