Kam04Jul201910:10

Apa Saja Penyebab Munculnya Kutil Kelamin?

Penyebab munculnya kutil kelamin adalah infeksi subtipe tertentu dari Human papilloma virus (HPV), virus yang sama yang menyebabkan kutil pada area lain dalam tubuh. Virus penyebab munculnya kutil kelamin menyebar melalui hubungan seksual, sehingga penyakit ini diklarifikasikan sebagai salah satu penyakit menular seksual (PMS) dan dapat mempengaruhi pria dan wanita.
Apa Saja Penyebab Munculnya Kutil Kelamin?
Apa Saja Penyebab Munculnya Kutil Kelamin?
Kutil kelamin adalah benjolan kecil, abu-abu atau berwarna kulit yang tumbuh di atau area alat kelamin. Umumnya kutil kelamin tumbuh didekat vagina, vulva, uretra, leher rahim, penis, atau anus. Terkadang mereka sangat kecil dan datar sehingga Anda tidak segera melihatnya. Kutil kelamin dapat tumbuh tunggal, namun bisa menggumpal terlihat seperti kembang kol.

Siapa saja yang berisiko tertular virus penyebab munculnya kutil kelamin? siapa saja yang aktif secara seksual bisa mendapatkan atau menularkan HPV. Beberapa hal yang meningkatkan risiko terkena virus penyebab munculnya kutil kelamin, antara lain:

  • Memiliki pasangan seksual lebih dari satu atau pasangan yang melakukannya.
  • Sedang hamil.
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah.
  • Merokok.


Diagnosis dan pengobatan kutil di kelamin

Dokter akan bertanya terkait riwayat medis dan kebiasaan seksual Anda sebelumnya. Kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mencari bukti kutil kelamin. Penampilan kutil kelamin sangat khas dan paling umum didiagnosis tidak memerlukan pengujian lebih lanjut. Jika perlu, larutan seperti cuka diletakkan pada kutil mengubah kutil menjadi putih membuat diagnosis lebih mudah.

Perawatan kutil kelamin dilakukan tergantung pada ukuran dan lokasi tumbuhnya kutil. Meskipun kutil dapat dihilangkan, masih ada beberapa virus penyebab munculnya kutil kelamin kemungkinan tersisa pada kulit. Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati kutil kelamin tidak dapat digunakan selama kehamilan, maka beritahu dokter jika Anda terinfeksi dan sedang hamil.

Jangan mendiagnosis penyakit Anda sendiri dengan mengobati kutil kelamin sendiri menggunakan obat-obatan yang dijual bebas untuk menghilangkan kutil di tangan atau area tubuh lainnya, sebab bahan kimia dapat menyebabkan area kulit kelamin menjadi sangat sakit dan iritasi.

Simak: Apakah Kutil Kelamin Bisa Kambuh Kembali?

Segera hubungi dokter jika Anda melihat pertumbuhan berdaging atau benjolan pada area organ kelamin, atau jika Anda merasa gatal, terbakar, nyeri atau sakit di area itu. Selain itu, hubungi dokter segera jika Anda mengalami tanda-tanda infeksi seperti demam, kedinginan atau sakit otot.

Penting untuk Anda ketahui bahwa kutil kelamin dapat dihilangkan dengan pilihan pengobatan yang dilakukan oleh dokter ahli profesional. Dan yang tidak kalah penting bahwa strain tertentu dari virus HPV penyebab munculnya kutil kelamin, menyebabkan hampir semua kasus kanker serviks, meskipun hanya sebagian kecil dari wanita yang terinfeksi akan mengembangkan kanker.

Jika Anda memiliki kutil kelamin, ada kemungkinan bahwa Anda juga telah terinfeksi jenis virus penyebab kanker. Oleh sebab itu Anda harus memastikan untuk mendapatkan pap smear secara teratur.



Kutil kelamin? dapatkan solusi yang tepat di Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan kulit kelamin khusus menangani penyakit menular seksual (PMS), Andrologi, dan Ginekologi. Kami hadir dengan metode pengobatan terbaru yang efektif untuk membasmi kutil kelamin, memiliki dokter ahli terlatih dibidangnya dan sudah terbukti dengan banyaknya pasien yang sudah disembuhkan puas dengan pelayanan yang kami berikan.

Kami memberikan perawatan medis prima yang akurat dan berkualitas serta terarah yang berfokus pada penyebab penyakit kelamin, didukung peralatan medis canggih, laboratorium steril untuk mendukung berjalannya proses pengobatan untuk mendapatkan hasil yang sempurna dengan biaya terjangkau. Untuk informasi lebih lanjut terkait kutil kelamin atau penyakit kelamin lainnya kami menyediakan layanan konsultasi online 24 gratis langsung dengan tenaga medis kesehatan profesional, silahkan klik website kami atau Anda dapat menghubungi kami di 081366657878.