Sab22Jun201911:25

Apa Saja Penyebab Adanya Kutil Pada Kelamin?

Penyebab adanya kutil pada kelamin harus Anda ketahui agar penyakit dapat disembuhkan dengan mudah. Kutil kelamin merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Human papillomavirus atau HPV. Bentuk kutil kelamin biasanya berukuran kecil dan tidak mudah terlihat dengan kasat mata. Meskipun begitu, kutil pada kelamin bisa menyebabkan penderitanya merasakan gaal, sensasi terbakar, nyeri, hingga pendarahan ketika berhubungan seksual.
penyebab adanya kutil
penyebab adanya kutil

Penyebab Serta Gejala Penyakit Kutil Kelamin

Penyebab adanya kutil kelamin yang paling utama adalah human papillomavirus tipe 6 dan 11. Seseorang yang aktif secara seksual lebih berisiko terinfeksi virus penyebab kutil kelamin. Sejumlah faktor lain yang dapat memperbesar risiko seseorang menderita kutil kelamin adalah kebiasaan merokok, dalam keadaan hamil, memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, aktif secara seksual sejak usia muda, serta pernah menderita infeksi menular seksual lain.



Kutil kelamin dapat tumbuh secara tunggal maupun berkelompok sehingga membentuk struktur mirip dengan kembang kol. Meskipun kadang tidak tampak dengan jelas, namun terdapat beberapa gejala yang mungkin dirasakan penderitanya. Gejala kutil kelamin akan muncul di beberapa bagian tubuh, yakni batang atau ujung kelamin, kantung buah zakar, selangkangan, paha bagian atas, dan sekitar atau dalam anus. Sementara penderita wanita dapat tumbuh di dinding kemaluan, vulva atau bagian luar vagina, daerah antara kemaluan serta anus, dan serviks.
 
Pengobatan terhadap gejala kutil kelamin harus segera dilakukan karena jika dibiarkan dapat menyebabkan komplikasi serius. Komplikasi yang bisa dialami penderita kutil kealmin adalah kanker dan infeksi pada masa kehamilan. Karena itu, bagi wanita disarankan untuk melakukan pap smear secara teratur agar penyebab adanya kutil bisa terdeteksi lebih awal. Pengobatan sejak dini juga sangat diperlukan bersama dokter ahli di bidangnya.


Pengobatan Kutil Kelamin yang Harus Dilakukan

Pada dasarnya, kutil kelamin tidak perlu diobati jika gejala yang muncul tidak terlalu mengganggu. Namun, jika penderitanya sudah merasakan gatal, nyeri, hingga sensasi terbakar maka dokter akan meresepkan obat dalam bentuk salep atau krim. Obat ini bekerja dengan cara membakar kutil kelamin, namun dapat memberikan efek samping seperti iritasi dan nyeri pada kulit. Selain menggunakan obat untuk kutil kelamin, dokter juga menyarankan untuk melakukan prosedur bedah, seperti:


• Eksisi, dilakukan dengan cara memotong dan membuang kutil dengan pisau bedah.
• Elektrokauter, merupakan metode bedah menggunakan listrik guna membuang kutil.
• Krioterapi, yaitu prosedur bedah kutil kelamin menggunakan nitrogen cair.
• Bedah laser, yakni prosedur dengan cara menghancurkan pembuluh darah dalam kutil.

Penyebab adanya kutil pada kelamin bisa dihindari jika Anda melakukan beberapa tindak pencegahan, seperti tidak berhubungan seksual dengan orang yang tidak diketahui riwayat seksualnya, gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seks, dan lakukan imunisasi HPV yang dilakukan mulai dari usia 10 hingga 18 tahun. Vaksinasi pada usia yang dianjurkan bisa mengurangi risiko kutil kelamin hingga lebih dari 50 persen.


Lakukan Pengobatan Bersama Klinik Utama Sentosa

Penyebab adanya kutil kelamin serta cara pengobatannya bisa Anda ketahui setelah berkonsultasi dengan Klinik Utama Sentosa. Melakukan penanganan penyakit kulit dan kelamin, terutama kutil kelamin di klinik ini, Anda akan mendapatkan perawatan terbaik. Hal ini dikarenakan Klinik Utama Sentosa dilengkapi dengan peralatan medis canggih serta modern dan mengikuti kemajuan teknologi.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan pelayanan terbaik dan maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan selama melakukan perawatan. Tak hanya itu, fasilitas pendukung lain seperti layanan konsultasi online ditawarkan guna mempermudah pasien untuk mengetahui penyebab adanya kutil kelamin secara pasti. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.