Rab10Jul201916:40

Apa Saja Gejala Kutil Kelamin Pada Pria?

 

Untuk mengatasi gejala kutil kelamin pada pria, sebaiknya simak informasi di bawah ini agar tidak salah melakukan pengobatan. Kutil kelamin merupakan penyakit yang tidak boleh diremehkan, pasalnya penyakit yang satu ini cukup sulit disembuhkan, Meskipun gejalanya berhenti muncul, namun kutil kelamin tidak akan ikut hilang kecuali dilakukan metode untuk menghilangkannya.

Apa Saja Gejala Kutil Kelamin Pada Pria?
Apa Saja Gejala Kutil Kelamin Pada Pria?


Kutil kelamin adalah salah satu penyakit menular seksual yang dapat menginfeksi pria maupun wanita. Disebabkan oleh human papilloma virus, penyakit kutil kelamin dapat menyebar dan ditularkan melalui hubungan seksual. Baik melalui hubungan seks oral, anal, maupun oral, kutil kelamin ini dapat berpindah virusnya dari satu orang ke orang lain. Gejalanya memang kurang terlihat apalagi pada tahap awal infeksi.

Apa Itu Penyakit Kutil Kelamin?


Penyakit kutil kelamin merupakan penyakit kelamin yang ditandai dengan adanya gejala kutil kelamin pada pria maupun wanita. Penyebabnya adalah human papilloma virus. Virus ini banyak sekali jenisnya, dan salah satunya dapat menyebabkan adanya kutil kelamin ini. Meskipun dapat menyerang pria dan wanita, namun virus penyakit ini biasanya jauh lebih sering menginfeksi wanita.



Gejala kutil kelamin ini sering kali tidak disadari karena pada awal gejala kutil kelamin pada pria, bentuknya kecil dan tidak kasat mata. Pada wanita lebih sulit lagi ditemukan gejalanya karena kutil kelamin dapat tumbuh di vagina bagian dalam. Jika hal tersebut terjadi, maka dibutuhkan adanya alat medis khusus dan bantuan dokter untuk melihat gejala kutilnya. Saat sudah parah, kutil kelamin ini akan bertambah jumlah dan ukurannya. Jika sudah banyak jumlahnya, maka kutil kelamin dapat berbentuk seperti kembang kol maupun jengger ayam. Bentuk kutil kelamin yang muncul pada penderitanya juga bisa saja berbeda.

gejala kutil kelamin pada pria
gejala kutil kelamin pada pria

Penyebab Kutil Kelamin


Kutil kelamin perlu diwaspadai oleh Anda yang suka gonta ganti pasangan seksual ketika berhubungan seksual. Berhubungan seksual tanpa menggunakan alat pengaman dapat menyebabkan berbagai penyakit menular seksual, salah satunya adalah penyakit kutil kelamin ini. Secara umum, kutil kelamin dapat terjadi karena hal-hal berikut ini:

• Berhubungan seksual dengan penderita kutil kelamin.
• Tidak menggunakan alat pengaman ketika melakukan seks bebas.
• Memiliki riwayat penyakit seksual sebelumnya.

Kurang lebih itulah penyebab penyakit kutil kelamin, untuk menghindari bahaya yang dapat ditimbulkan oleh kutil kelamin ini, hindari faktor-faktor seperti di atas. Jika memiliki pasangan seksual lebih dari satu, maka sebaiknya gunakan alat pengaman ketika berhubungan seksual.


Bahaya Kutil Kelamin Yang Makin Parah

Parah atau tidaknya kutil kelamin dapat dilihat dari seberapa banyak kutil yang tumbuh di alat kemaluan Anda. Ketika kutil telah bertambah banyak, itu artinya virusnya sudah menyebar dan menginfeksi organ lain dan dapat menyebabkan kanker penis. Jangan biarkan kutil kelamin sampai ke tahap ini, karena gejalanya akan sulit untuk disembuhkan. Begitu pula dengan bekas kutilnya yang harus dihilangkan dengan metode laser.
 
Ketika kutil kelamin semakin parah, maka ada banyak bahaya yang bisa terjadi. Berikut bahaya kutil kelamin yang muncul dengan gejala kutil kelamin pada pria yang diabaikan. Pada pria, kutil kelamin dapat menyebabkan komplikasi yaitu kanker penis, sedangkan pada wanita hamil, kutil kelamin dapat membahayakan kehamilannya. Jika menemukan gejala kutil kelamin pada pria, segera periksakan ke dokter, bisa jadi itu adalah penyakit menular seksual yang perlu segera diobati. Untuk diagnosis dan penyembuhannya, silahkan datang ke Klinik Utama Sentosa. Anda bisa lakukan konsultasi dengan dokter kami di nomor 081366657878 .