Sen11Feb201914:20

Apa Saja Gejala Kondiloma Akuminata?

Gejala kondiloma akuminata ditandai dengan munculnya benjolan kecil atau bergerombol banyak yang serupa dengan warna kulit. Kondiloma akuminata atau kutil kelamin merupakan salah satu gejala paling umum dari infeksi menular seksual. Penyebab utama penyakit ini disebabkan oleh infeksi Human papillomavirus atau HPV tipe tertentu, yaitu HPV tipe 6 dan tipe 11. Kutil biasanya tumbuh sangat lembut sehingga tidak disadari keberadaannya, namun bisa dideteksi melalui sentuhan.

gejala kondiloma akuminata
gejala kondiloma akuminata

Bagaimana Gejala dari Penyakit Kondiloma Akuminata?

Secara umum, gejala kondiloma akuminata menimbulkan rasa gatal di sekitar organ kelamin hingga membuat ketidaknyamanan. Keberadaan kutil kelamin bagi wanita dapat pula menyebabkan terjadinya pendarahan ketika melakukan hubungan seksual. Tanda atau gejala kutil kelamin lainnya, dapat berupa pembengkakan di daerah kemaluan dan tumbuh kutil yang berdekatan hingga menyerupai kembang kol. Gejala kondiloma akuminata dapat muncul di tempat yang berbeda antara pria dan wanita, yakni:


• Pada wanita

Gejala kondiloma akuminata pada wanita biasanya akan menyerang beberapa bagian tubuh, seperti paha bagain atas, vulva, dinding organ kelamin, saluran anus, daerah antara organ kelamin dan anus, serta pada leher rahim.


• Pada pria

Sementara pada pria, gejala kondiloma akuminata akan menyerang ujung atau batang kemaluan, area selangkangan, paha bagain atas, sekitar atau dalam anus, skrotum atau testis, dan dalam saluran kemih.


Bahaya Kondiloma Akuminata dan Penanganannya

Penyakit ini dapat diderita oleh pria maupun wanita yang aktif secara seksual. Beberapa faktor lain yang dapat memicu risiko seseorang untuk terinfeksi kutil kelamin adalah melakukan hubungan seks tanpa menggunakan pelindung dengan pasangan yang berbeda-beda. Selain itu, kutil kelamin dapat menginfeksi dengan mudah karena memiliki riwayat infeksi menular seksual sebelumnya. Jika tak ditangani dengan tepat, penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi serius, seperti:


• Penyakit kanker

Beberapa jenis kanker yang kerap dikaitkan dengan infeksi HPV genital, antara lain kanker vulva, kanker anus, kanker organ kelamin, kanker tenggorokan, dan kanker mulut. Meski tidak selalu menyebabkan kanker, pemeriksaan dengan metode pap smear harus dilakukan secara teratur guna menghindari penyebaran virus lebih lanjut.


• Infeksi pada masa kehamilan

Kutil kelamin dapat menyebabkan munculnya masalah selama masa kehamilan. Wanita hamil yang memiliki kutil dengan ukuran besar akan mengalami kesulitan ketika buang air kecil. Selain itu, kutil pada dinding kelamin juga akan mengurangi kemampuan jaringan untuk meregang saat proses persalinan.
 
Pengobatan kondiloma akuminata tidak diperlukan jika gejala yang muncul sangat ringan. Namun, kutil kelamin yang telah menyebabkan rasa gatal dan sakit maka penanganan harus segera dilakukan guna mencegah penyebaran virus ke organ tubuh lain. Beberapa metode penanganan yang dilakukan untuk mengatasi kondiloma akuminata, adalah sebagai berikut:

• Mengaplikasikan obat topikal pada kulit yang terinfeksi secara rutin.
• Mengangkat kutil dengan metode cryosurgery atau teknik bedah beku.
• Menggunakan teknik menghilangkan kutil menggunakan arus listrik.
• Menghilangkan kutil pada kulit dengan menggunakan metode terapi laser.


Konsultasikan Segera Bersama Klinik Utama Sentosa

Untuk menghilangkan gejala kondiloma akuminata, Anda dapat melakukan perawatan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik spesialis yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Perawatan terbaik bisa Anda dapatkan karena klinik ini telah dilengkapi dengan fasilitas lengkap serta peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Melakukan penanganan serta pemeriksaan fisik di klinik ini, Anda akan didampingi oleh staf medis profesional dan ditangani oleh dokter ahli yang telah berpengalaman di bidangnya. Salah satu unggulan yang dimiliki Klinik Utama Sentosa adalah layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, Anda dapat mengetahui penyebab penyakit serta jenis pengobatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Kami di nomor 081366657878.