Rab27Feb201915:01

Apa Penyebab Adanya Kutil di Kelamin?

Kutil di kelamin bisa dialami oleh pria maupun wanita yang aktif secara seksual. Kutil di kelamin ini ditandai dengan adanya benjolan kecil yang tumbuh di sekitar organ genital dan dubur. Kutil di kelamin merupakan salah satu gejala paling umum dari infeksi menular seksual yang terjadi akibat infeksi virus. Penyebaran infeksi penyebab kutil ini, yakni melalui hubungan seksual, baik secara oral, anal, maupun vaginal.
kutil di kelamin
kutil di kelamin

Penyebab Munculnya Kutil Pada Kemaluan

Penyebab kutil di kelamin disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV. Terdapat lebih dari 120 jenis virus HPV, namun hanya 30 hingga 40 jenis yang menular melalui kontak seksual dan menyebabkan penyakit kutil kelamin. Virus HPV yang menjadi penyebab utama kutil pada kelamin adalah tipe 6 dan tipe 11. Risiko penyebaran virus ini lebih besar terjadi karena berhubungan seksual dengan lebih dari satu orang tanpa menggunakan pelindung atau kondom. Beberapa faktor risiko lain yang dapat memperbesar risiko terjangkitnya penyakit kutil kelamin, yaitu:
 


• Memiliki kebiasaan buruk, seperti merokok.
• Wanita yang sedang dalam keadaan hamil.
• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
• Sudah aktif secara seksual sejak usia muda.
• Pernah menderita penyakit menular seksual lain.
• Berhubungan seksual dengan sembarang orang.
• Memiliki riwayat kekerasaan seksual saat masih kecil.


Bagaimana Penanganan yang Dapat Dilakukan

Untuk mendiagnosis kutil di kelamin, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan dengan melihat gejala yang muncul serta riwayat penyakit penderitanya. Untuk mendapatkan hasil diagnosis lebih akurat, biasanya dokter menyarankan beberapa tes, seperti pap smear, kolposkopi, dan tes HPV-DNA. Pada dasarnya, kutil di kelamin tidak perlu diobati jika hanya menyebabkan gejala ringan.
 
Namun, jika penderita sudah mulai merasakan gatal, nyeri, serta sensasi terbakar pada organ kelamin, maka penanganan bisa dilakukan dengan memberikan obat. Obat resep dokter bekerja dengan cara membakar kutil sehingga memiliki efek samping, berupa iritasi dan nyeri pada kulit. Selain menggunakan obat, prosedur bedah juga disarankan dokter jika kutil sulit dihilangkan dan berukuran cukup besar. Beberapa prosedur bedah untuk mengatasi kutil kelamin, meliputi:


• Eksisi

Metode penanganan kutil kelamin dengan eksisi dilakukan menggunakan pisau bedah. Kutil akan dipotong dan dihilangkan dengan mudah, namun menimbulkan efek samping berupa nyeri setelah prosedur bedah dilakukan.


• Elektrokauter

Elektrokauter merupakan metode bedah untuk menghilangkan kutil kelamin dengan menggunakan listrik. Aliran listrik berguna dalam membantu membuang jaringan abnormal pada tubuh.


• Krioterapi

Krioterapi adalah prosedur yang dilakukan untuk menghilangkan kutil pada kelamin menggunakan cairan nitrogen dengan suhu minus 195 derajat Celsius. Metode ini cukup efektif untuk mengatasi kutil yang berukuran kecil.
 
• Bedah laser
 
Prosedur bedah yang umum digunakan untuk mengangkat kutil adalah menggunakan laser. Dalam metode ini, laser bekerja dengan menghancurkan pembuluh darah dalam kutil sehingga mudah diangkat.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Cara tepat untuk menangani kutil di kelamin adalah dengan berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan pada biaya sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan untuk melakukan perawatan, pasien dapat berkonsultasi secara online guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.