Jum26Apr201914:52

Apa Pengertian dari Penyakit HPV?

Penyakit HPV atau lebih dikenal dengan kutil kelamin dapat terjadi pada pria maupun wanita. Human papillomavirus atau HPV tak hanya menimbulkan penyakit kutil kelamin, namun juga kanker serviks. Infeksi penyakit HPV juga memicu munculnya beberapa jenis kanker lain, berupa kanker anus, mulut, tenggorokan, dan organ kelamin. Penularan virus ini terjadi karena melakukan hubungan seksual, termasuk oral dan anal.
penyakit HPV
penyakit HPV

Apa Saja Gejala Akibat Terinfeksi HPV?

Gejala penyakit HPV terkadang tidak muncul dengan jelas sehingga penularan terjadi tanpa disadari. Seseorang yang menderita penyakit HPV biasanya tidak akan merasakan gejala yang parah. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh akan memberantas infeksi HPV sebelum virus menyebabkan gejala. Kutil kelamin umumnya berupa lesi datar dengan permukaan pecah-pecah serta berbentuk menyerupai kembang kol.
 


Infeksi HPV yang sudah sampai pada tahap menimbulkan gejala biasanya akan ditandai dengan pertumbuhan kutil kelamin. Kutil kelamin dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti kutil biasa, kutil plantar, kutil datar, kutil filiform, dan kutil periungual. Gejala penyakit HPV dipicu oleh beberapa faktor risiko, seperti:
 
• Sering bergonta ganti pasangan seksual.
• Berbagi pemakaian barang pribadi dengan orang lain.
• Kulit yang rusak, seperti adanya luka terbuka.
• Faktor usia, yakni remaja dan kalangan dewasa muda.
• Tidak menjaga kebersihan diri dengan baik.

Penanganan Tepat Terhadap Penyakit HPV

Penanganan penyakit akibat HPV ini dapat dilakukan dengan 2 metode medis yang dapat dipilih, yakni menggunakan obat atau prosedur operasi. Obat oles yang digunakan untuk mengatasi kutil kelamin membutuhkan waktu penyembuhan yang lama. Karena itu, Anda dapat memiliki metode pengobatan dengan tindak operasi. Metode operasi untuk menghilangkan kutil kelamin, antara lain:

• Bedah eksisi, dilakukan dengan menggunakan pisau bedah untuk memotong dan membuang kutil pada kulit.
 
• Elektrokauter, merupakan metode bedah yang dilakukan menggunakan listrik untuk membuang jaringan abnormal termasuk kutil kelamin.
 
• Krioterapi, yaitu prosedur bedah yang menggunakan nitrogen cair dengan suhu minus 195 derajat Celsius.
 
• Bedah laser, merupakan prosedur operasi untuk menghancurkan pembuluh darah dalam kutil agar mudah diangkat.
 
HPV tidak akan menghilang sepenuhnya karena virus dapat bersembunyi di dalam tubuh penderita sehingga mengakibatkan penularan kembali. Cara tepat untuk mencegah infeksi ini adalah melakukan vaksinasi HPV. Pemberian vaksin dianjurkan bagi remaja perempuan atau ketika berusia 10 hingga 26 tahun. Selain vaksinasi, beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan, yakni:

• Tidak menyentuh kutil secara langsung atau sesering mungkin mencuci tangan.
• Tidak bergonta ganti pasangan seksual atau setia pada satu orang saja.
• Selalu gunakan pelindung atau kondom ketika melakukan hubungan seksual.
• Kenakan alas kaki ketika berada di tempat umum yang lembap atau basah.
• Hindari berbagi pemakaian barang pribadi dengan orang lain.


Konsultasikan Segera Bersama Klinik Utama Sentosa

Gejala penyakit HPV dapat disembuhkan dengan melakukan penanganan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik spesialis penanganan penyakit kulit dan kelamin terpercaya di wilayah Jakarta. Perawatan di klinik ini ditangani langsung oleh dokter ahli berpengalaman dan peralatan medis canggih berteknologi modern. Melakukan penanganan penyakit di Klinik Utama Sentosa, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan.

Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan medis terbaik dan dengan biaya perawatan yang terjangkau. Layanan konsultasi dan reservasi dapat dilakukan secara online sehingga memudahkan pasien. Membiarkan penyakit di dalam tubuh dalam waktu yang lama dapat menyebabkan munculnya komplikasi serius. Karena itu, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878