Min13Jan201913:58

Apa Kutil Kelamin Bisa Sembuh Sendiri?

Apakah kutil kelamin bisa sembuh sendiri tanpa penanganan bersama dokter ahli? Sebagian besar kasus kutil kelamin bisa sembuh sendiri tanpa butuh pengobatan khusus. Namun, untuk menghindari penyebaran virus, maka penanganan tetap perlu dilakukan. Kutil kelamin yang menginfeksi kulit disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV tipe 6 dan 11. Virus ini masuk ke dalam tubuh melalui hubungan seks secara oral, vaginal, maupun anal.

kutil kelamin bisa sembuh sendiri
kutil kelamin bisa sembuh sendiri
Penyakit kutil kelamin muncul dengan gejala berupa benjolan berwarna merah muda yang biasanya lebih sensitif saat disentuh. Benjolan ini tumbuh di sekitar organ kelamin secara tunggal atau bergerombol sehingga menyerupai kembang kol. Meskipun begitu, gejala penyakit kutil kelamin terkadang tidak terdeteksi secara kasat mata. Namun, penderitanya masih dapat mengetahui adanya kutil dengan sentuhan.


>>>klik untuk konsultasi 24 jam gratis<<<

Beberapa Gejala Pada Penyakit Kutil Kelamin

Kutil kelamin bisa sembuh sendiri dengan melakukan deteksi penyakit sejak dini. Penyakit ini umumnya muncul dengan bentuk yang kecil dan berwarna serupa dengan kulit atau sedikit lebih gelap. Gejala umum yang mungkin dirasakan penderitanya, antara lain adanya pembengkakan di sekitar kemaluan, muncul rasa gatal hingga ketidaknyamanan di daerah organ kelamin, dan keluarnya darah ketika berhubungan seksual. Untuk mengetahui apa kutil kelamin bisa sembuh sendiri, ketahui perbedaan letak munculnya gejala antara pria dan wanita berikut ini.


• Gejala kutil kelamin pada pria

Biasanya kutil kelamin pada pria tumbuh di batang atau ujung kelamin. Selain itu, gejala juga dapat muncul di beberapa tempat, seperti kantung buah zakar daerah selangkangan, bagian atas paha, dan sekitar atau dalam anus.


• Gejala kutil kelamin pada wanita

Kutil kelamin pada wanita dapat tumbuh di dinding organ kelamin, vulva atau bagian luar kelamin, daerah antara vagina dan anus, serta di dalam organ kelamin atau dalam anus. Kutil juga sering kali muncul di leher rahim sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman.


Penanganan Tepat Pada Penderita Penyakit Kutil Kelamin

Kutil kelamin bisa sembuh sendiri dan tak perlu penanganan lebih lanjut jika gejala tidak terlalu mengganggu. Namun, jika penderita mulai merasakan gejala, seperti gatal, nyeri, dan sensasi terbakar pada organ kelamin maka harus segera dilakukan penanganan dengan dokter. Dokter akan memberikan beberapa obat dalam bentuk salep guna mengurangi iritasi dan nyeri pada kulit. Selain itu, sejumlah prosedur bedah juga dilakukan untuk mengatasi kutil kelamin, yaitu sebagai berikut.


• Eksisi

Eksisi merupakan metode penanganan pada kutil kelamin dengan cara memotong atau membuang kutil menggunakan pisau bedah. Meskipun termasuk metode yang efektif, prosedur ini akan mengakibatkan efek samping berupa rasa nyeri pasca pemotongan kutil.


• Krioterapi

Krioterapi adalah salah satu prosedur pengangkatan kutil menggunakan nitrogen cair dengan suhu minus 195 derajat celcius. Prosedur ini cukup efektif dalam menghilangkan kutil yang berukuran kecil. Namun, jika kutil berukuran lebih besar maka penanganan krioterapi harus dilakukan sebanyak 3 hingga 4 kali.


• Laser

Prosedur bedah laser kerap dilakukan dokter untuk mengangkat kutil yang sulit dihilangkan dengan metode lain. Laser berguna untuk menghancurkan pembuluh darah di dalam kutil sehingga pengangkatan menjadi lebih mudah dilakukan.


Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Untuk mengetahui apa kutil kelamin bisa sembuh sendiri, Anda dapat berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Perawatan terbaik akan Anda dapatkan di klinik ini karena telah dilengkapi dengan peralatan modern serta canggih. Segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878 untuk mengetahui infomasi lebih lanjut mengenai kutil kelamin atau penyakit lainnya.