Sab30Mar201912:02

Apa Kondiloma Akuminata Adalah Tanda Infeksi Kelamin?

Kutil kelamin atau kondiloma akuminata adalah gejala umum akibat adanya infeksi kelamin. Penyakit ini bisa diderita oleh pria maupun wanita yang telah aktif secara seksual. Penyebab utama dari munculnya kondilima akuminata adalah infeksi HPV atau human papillomavirus. Gejala yang akan terlihat biasanya berupa benjolan daging kecil berwarna merah yang tumbuh secara bergerombil hingga membentuk seperti kembang kol.
kondiloma akuminata adalah
kondiloma akuminata adalah

Beberapa Gejala Penyakit Kondiloma Akuminata

Kutil pada kelamin lebih sering muncul dengan bentuk kecil dan memiliki warna yang serupa dengan kulit atau sedikit gelap. Benjolan kecil ini dapat tumbuh secara tunggal atau berkelompok hingga membentuk struktur, seperti kembang kol. Gejala yang dirasakan penderitanya berbeda baik wanita ataupun pria. Penyakit kutil kelamin berbahaya dapat dibedakan sesuai tempat pertumbuhannya, yaitu:
 

• Kutil kelamin pada pria

Biasanya kutil kelamin tumbuh di batang atau ujung kelamin. Selain itu, beberapa bagian tubuh yang kerap ditumbuhi oleh kondiloma akuminata adalah kantung buah zakar, area selangkangan, bagian atas paha, dan sekitar atau dalam anus.


• Kutil kelamin pada wanita

Kutil kelamin dapat tumbuh di dinding organ kelamin, vulva atau bagian luar kelamin, daerah antara vagina dan anus, serta di dalam organ kelamin atau dalam anus. Kutil juga sering kali muncul di leher rahim sehingga menyebabkan perasaan tidak nyaman.


Faktor Risiko Kondiloma Akuminata Serta Penanganannya

Wanita lebih berisiko menderita penyakit kutil kelamin dibandingkan pria. Penularan kutil kelamin atau kondiloma akuminata adalah melalui kontak fisik secara langaung. Beberapa kondisi yang dapat mengingkatkan risiko seseorang menderita kondiloma akuminata adalah sebagai berikut:


• Sudah aktif secara seskual di usia yang masih muda.
• Memiliki kebiasaan sering bergonta ganti pasangan seks.
• Pernah menderita penyakit menular seksual sebelumnya.
• Berhubungan seks dengan orang yang tidak diketahui riwayatnya.
• Mengalami stres sehingga menyebabkan keringat berlebih.

Cara terbaik menghilangkan kondiloma akuminata adalah segera melakukan penanganan. Penanganan sejak dini sangat berguna untuk meredakan gatal serta rasa sakit, mernurunkan risiko penyebaran virus HPV, mengangkat kutil yang sulit dihilangkan, dan menyakinkan penderita jika kondisi yang dialami bukan termasuk kanker. Beberapa penanganan yang mungkin diberikan dokter untuk meredakan penyakit kutil kelamin atau kondiloma akuminata, yakni:

• Konsumsi obat-obatan berupa krim, salep, atau gel.
• Tindak pembedahan untuk mengangkat kutil kelamin.
• Membekukan kutil kelamin dengan nitrogen cair.
• Melakukan terapi sinar laser guna menghancurkan kutil.
• Menghilangkan kutil dengan arus listik atau kauterisasi.

Untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, hal yang perlu dilakukan penderita kondiloma akuminata adalah menerapkan tindak pencegahan. Beberapa cara mencegah penyakit ini, yakni dengan menggunakan pelindung atau kondom saat berhubungan seksual dan melakukan vaksinasi kanker serviks.


Konsultasikan Segera Bersama Klinik Utama Sentosa

Cara mengobati kondiloma akuminata adalah melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan konsultasi di klinik ini, Anda akan mendapatkan kesembuhan maksimal karena peralatan medis yang digunakan sudah canggih serta modern.

Klinik Utama Seentosa juga memiliki fasiltas unggulan, seperti layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi ini, pasien dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti serta jenis penanganan yang cocok dilakukan. Tak perlu ragu, karena Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan pada biaya perawatan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Kami di nomor 081366657878.