Jum29Mar201916:42

Apa Itu Penyakit Kondiloma Akuminata?

Penyakit kondilima akuminata atau lebih dikenal dengan kutil kelamin merupakan salah gejala paling umum akibat infeksi menular seksual. Penyebab umum penyakit kondiloma, yakni akibat infeksi human papillomavirus tertentu. Biasanya, gejala yang akan terlihat berupa benjolan daging kecil berwarna merah atau bergerombol yang menyerupai kembang kol. Dalam beberapa kasus, kutil akan tubuh dengan sangat lembut dan sulit terdeteksi secara kasat mata.
penyakit kondiloma
penyakit kondiloma

Beberapa Tanda dan Gejala Kondiloma Akuminata

Selain benjolan pada kulit, gejala penyakit kondiloma akan disertai dengan rasa gatal pada area genital yang membuat tidak nyaman. Wanita yang menderita penyakit kondiloma juga dapat menyebabkan terjadinya pendarahan saat melakukan hubungan seksual. Tanda dan gejala penyakit kondiloma akuminata pada wanita akan menginfeksi beberapa bagian tubuh, seperti paha bagain atas, vulva, dinding organ kelamin, saluran anus, dan leher rahim.
 


Sementara pada pria, penyakit kondiloma dapat muncul di ujung atau batang kelamin, area selangkangan, paha bagian atas, sekitar atau dalam anus, dalam saluran kemih, dan skrotum atau testis. Selain itu, kutil juga bisa berkembang pada mulut atau tenggorokan orang yang telah melakukan kontak seksual secara oral dengan penderita penyakit kondiloma. Seseorang mudah terinfeksi penyakit ini karena adanya beberapa faktor risiko, yakni sebagai berikut:

• Memiliki sistem imun yang lemah, seperti penderita HIV/AIDS.
• Mengalami stres sehingga keringat keluar secara berlebih.
• Menderita penyakit kencing manis atau diabetes mellitus.
• Melakukan kegiatan seksual tanpa pelindung atau kondom.
• Pernah memiliki infeksi menular seksual lain sebelumnya.
• Melakukan seks dengan orang yang tidak diketahui riwayatnya.
• Sudah aktif secara seksual sejak usia yang masih muda.


Komplikasi Penyakit Serta Penanganan yang Dapat Dilakukan

Sebelum pengobatan terhadap penyakit kutil kelamin atau kondiloma akuminata dilakukan, dokter akan mendiagnosis terlebih dahulu. Dokter juga memungkinkan untuk mengambil sampel dari daerah yang terkena infeksi. Sampel kemudian akan diuji guna melihat ada tidaknya virus penyebab kutil kelamin. Penanganan penyakit harus segera dilakukan sebelum menyebabkan komplikasi yang lebih berbahaya, di antaranya:


• Kanker

Penyakit kutil kelamin dikaitkan erat dengan beberapa penyakit kanker, seperti kanker vulva, kanker anus, kanker organ kelamin, kanker mulut, dan kanker tenggorokan. Karena itu, pemeriksaan pap smear secara rutin sangat diperlukan terutama pada wanita.


• Infeksi saat masa kehamilan

Kondiloma akuminata atau kutil kelamin bisa mengakibatkan masalah yang serius selama masa kehamilan. Wanita hamil akan mengalami keseulitan saat buang air kecil serta menyebabkan pendarahan saat proses mengejan karena adanya kutil pada vulva atau dinding organ kelamin.
 
Penanganan tepat yang bisa dilakukan adalah memberikan obat kutil kelamin berbentuk krim, gel, hingga cairan. Selain menggunakan obat, cara ampuh lain untuk menghilangkan kutil, yakni menjalani prosedur operasi. Beberapa tindak operasi yang disarankan dokter, antara lain krioterapi, elektrokauter, bedah eksisi, serta laser.


Segera Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Penyakit kondiloma akuminata dapat ditangani dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, penyakit akan ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Sebelum melakukan penanganan, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu secara online dan gratis. Konsultasi ini sangat berguna bagi pasien karena dapat mengetahui penyebab penyakit serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.