Sab16Feb201909:43

Apa Bahaya Akibat Kondiloma Akuminata?

 

Kondiloma kuminata atau jengger ayam dan lebih dikenal sebagai kutil kelamin merupakan gejala yang paling umum muncul akibat penyakit menular seksual (PMS). Kondiloma akuminata muncul akibat infeksi Human Papilloma Virus (HPV) tertentu, yaitu HPV tipe 6 dan 11. Apa saja gejala dan apa bahaya akibat kondiloma akuminata ini?

Apa Bahaya Akibat Kondiloma Akuminata?
Apa Bahaya Akibat Kondiloma Akuminata?
Kondiloma akuminata berbentuk benjolan daging kecil yang berwarna merah atau bergerombol tampak seperti bentuk kembang kol tumbuh pada area kelamin. pada beberapa kasus, kutil biasanya tumbuh lembut dan sering tidak terlihat secara kasat mata. Akan tetapi lama-kelamaan akan muncul dan dapat terdeteksi dengan sentuhan. Kondiloma akuminata menyebabkan rasa sakit, perih, perasaan tidak nyaman, serta gatal pada area kutil.

Virus HPV sebagai penyebab kondiloma akuminata biasanya ditularkan melalui hubungan seksual, baik vaginal, anal, dan oral. Terkadang HPV juda dapat menular dari ibu hamil penderita kutil kelamin ke bayinya. Umumnya kondiloma akuminata menyerang siapa saja yang telah aktif secara seksual.

 



Tanda-tanda dan gejala kutil kelamin

Tanda dan gejala kutil kelamin, antara lain:

  • Bengkak kecil pada kemaluan.
  • Kutil dapat tumbuh sendiri dan ada yang berkelompok hingga berbentuk seperti kembang kol.
  • Gatal atau tidak nyaman pada daerah kelamin.
  • Terjadi pendarahan ketika melakukan hubungan seksual.
Wanita yang mengalami kondiloma akuminata atau kutil kelamin di bagian paha atas, vulva, dinding vagina, daerah antara alat kelamin dan anus, dan leher rahim. Sedangkan pada pria, kutil kelamin dapat tumbuh pada bagian ujung atau batang penis, paha bagian atas, selangkangan, sekitar atau dalam anus, dan skrotum.

Jika gejala kutil kelamin ini muncul, sebaiknya untuk segera melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan diagnosis yang tepat, kondiloma akuminata yang terdeteksi sejak dini akan lebih mudah untuk disembuhkan sebab virus belum berkembang, dan hal ini akan membantu untuk terhindar dari bahaya akibat kondiloma akuminata.

Lakukan pemeriksaan jika Anda atau pasangan memiliki benjolan di area genital, sebaiknya pasangan seksual ikut serta melakukan pengobatan untuk menghindari penularan terjadi. Jika Anda memiliki kekhawatiran, atau mungkin Anda seorang yang berisiko mengalami penyakit kelamin, sebaiknya untuk mengkonsultasikannya ke dokter ahli kelamin.

 <<<simak, apa saja gejala kondiloma akuminata?* klik disini>>>

Bagaimana pengobatan kutil kelamin?

Tujuan pengobatan kutil kelamin adalah dengan membasmi bakteri penyebab untuk mencegah kutil kembali. Penting untuk dipahami bahwa setiap pasien dengan kutil kelamin kemungkinan membutuhkan tindakan pengobatan yang berbeda-beda. Pengobatan kutil kelamin bergantung pada tingkat keparahan kutil, seberapa lama setelah kutil muncul, seberapa banyak kutil, dan kutil berulang atau pertama kali muncul. Hanya dokter yang dapat menentukan perawatan yang terbaik dan tindakan pengobatan seperti apa yang Anda butuhkan.

Itu sebabnya penting untuk konsultasi, tidak dianjurkan untuk melakukan pengobatan sembarangan dan mengkonsumsi obat bebas, ditakutkan jika dosis tidak sesuai akan memperparah kondisi penyakit.

Kutil kelamin tidak bisa dibiarkan begitu saja tanpa tindakan pengobatan, sebab bahaya akibat kondiloma akuminata ini berdampak pada kondisi kesehatan jika hanya dibiarkan saja. Komplikasi yang mungkin terjadi dari penyakit ini adalah kanker serviks pada wanita. Selain itu beberapa HPV juga berhubungan dengan kanker vulva, kanker penis, kanker anus, dan kanker mulut. Memang, HPV tidak akan selalu menyebabkan kanker, namun jika kondisi kutil kelamin hanya dibiarkan saja, tidak menutup kemungkinan untuk hal ini terjadi.

 



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Mengalami kutil kelamin dan tidak tahu cara untuk mengatasinya dengan tepat? Kami akan memberi Anda solusi untuk mengatasi kutil kelamin hingga tuntas. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kelamin yang memiliki dokter ahli profesional yang telah berpengalaman sehingga Anda tidak perlu khawatir dan malu dengan kondisi Anda saat ini. Kami hadir dengan metode pengobatan terbaru yang efektif untuk menyembuhkan penyakit kelamin Anda, baik pria maupun wanita. Kami memberikan perawatan medis prima yang nyaman, tepat, cepat, dan akurat hingga tuntas, yang di dukung peralatan medis modern yang canggih, laboratorium yang steril, dengan biaya pengobatan terjangkau, terbukti dengan banyaknya pasien yang datang dan puas dengan pelayanan yang kami berikan.

Untuk informasi lebih lanjut terkait apa bahaya akibat kondiloma akuminata atau kutil kelamin, silahkan hubungi kami di 081366657878 .