Rab13Mar201913:12

3 Metode Operasi Penyembuhan Gejala Jengger Ayam

Gejala jengger ayam berbentuk benjolan kecil yang tumbuh secara berkelompok sehingga menyerupai kembang kol. Penyakit jengger ayam atau biasa disebut jengger ayam terjadi akibat infeksi human papillomavirus atau HPV. Virus ini bisa menginfeksi siapa saja, namun lebih rentan menyerang wanita. Selain benjolan, gejala jengger ayam lainnya dapat berupa rasa sakit serta perih, cenderung tidak nyaman, dan gatal di sekitar kutil.
gejala jengger ayam
gejala jengger ayam

Gejala Penyakit Jengger Ayam Secara Umum

Organ kelamin menjadi tempat yang baik bagi virus penyebab kutil untuk tumbuh dan berkembang. Hal ini dikarenakan daerah genital banyak mengeluarkan keringat sehingga menjadi lembap dan basah. Selain organ kelamin, gejala jengger ayam juga dapat muncul di mulut serta tenggorokan karena melakukan aktivitas seks, secara oral. Gejala kutil kelamin pada pria dan wanita dapat tumbuh di tempat yang berbeda, yakni sebagai berikut:



• Kutil kelamin wanita

Pada wanita, gejala jengger ayam biasanya tumbuh di bagian tubuh tertentu, seperti paha bagian atas, vulva, dinding organ kelamin, daerah antara organ kelamin eksternal dengan anus, saluran anus, serta leher rahim.


• Kutil kelamin pria

Sementara itu, kutil kelamin pada pria dapat muncul di beberapa daerah, seperti ujung atau batang kemaluan, area selangkangan, paha bagian atas, sekitar atau dalam anus, di dalam saluran kemih atau uretra, dan skrotum atau testis.


Bagaimana Penanganan Tepat Pada Jengger Ayam?

Penanganan yang dapat dilakukan untuk menghilangkan gejala jengger ayam dapat dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter. Pengobatan gejala jengger ayam akan bergantung pada tingkat keparahannya. Dokter biasanya akan menangani penyakit jengger ayam atau kutil kelamin dengan memberikan obat oles. Obat oles dalam bentuk krim, gel, maupun cairan bisa Anda aplikasikan sendiri di rumah tanpa bantuan medis. Selain obat, jengger ayam bisa dihilangkan dengan beberapa metode operasi, seperti:


• Krioterapi

Krioterapi merupakan salah satu metode operasi untuk menghilangkan kutil kelamin atau jengger ayam dengan menggunakan cairan nitrogen. Pengobatan ini sangat ampuh dalam mengangkat kutil berukuran kecil. Namun, jika kutil tumbuh lebih besar maka krioterapi harus dilakukan secara berulang.


• Elektrokauter

Metode pengangkatan kutil kelamin lainnya adalah elektrokauter. Elektrokauter adalah prosedur operasi menggunakan arus listrik untuk membakar kutil. Cara ini biasanya dilakukan guna menghilangkan kutil yang tumbuh di daerah vulva dan anus. Meski ampuh, penderitanya mungkin akan merasakan sakit dan pembengkakan sebagai efek samping.


• Bedah laser

Prosedur bedah ini menggunakan energi laser untuk membakar dan menghilangkan kutil. Biasanya, metode laser dilakukan jika kutil tumbuh dengan ukuran cukup besar dan terdapat di daerah yang sulit dijangkau, seperti di dalam anus dan saluran kemih atau uretra. Laser merupakan pilihan metode bedah terakhir jika berbagai prosedur lainnya tidak berhasil.


Konsultasikan Segera Bersama Klinik Utama Sentosa

Gejala jengger ayam dapat dihilangkan dengan melakulan perawatan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan di daerah Jakarta yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin. Anda dapat melakukan konsultasi secara online dan gratis bersama staf medis yang telah berpengalaman di bidangnya. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyakit dan jenis perawatan yang cocok.
 
Selain konsultasi, Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Proses penyembuhan penyakit berjalan dengan mudah dan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern. Untuk informasi lebih lanjut, lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.