Sab10Agu201914:35

Simak, Berikut Cara Mengatasi Fimosis Pada Orang Dewasa

Cara mengatasi fimosis pada orang dewasa biasanya dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter. Fimosis sendiri merupakan suatu kelainan pada pria yang belum disunat dimana kulup tidak bisa ditarik ke belakang kepala penis. Pada dasarnya, kondisi ini terjadi pada anak berusia dua hingga enam tahun dan wajar terjadi. Namun, jika kulup tidak dapat ditarik hingga berusia 17 tahun ke atas maka harus segera diatasi.
cara mengatasi fimosis pada orang dewasa
cara mengatasi fimosis pada orang dewasa

Beberapa Gejala yang Dirasakan Penderita Fimosis

Jika Anda mengetahui cara mengatasi fimosis pada orang dewasa, kenali dulu gejalanya. Gejala fimosis secara umum tidak menimbulkan rasa nyeri namun penderitanya akan mengalami kesulitan ketika membersikan bawah kulup. Dalam kasus yang parah, gejala juga bisa berupa penis berwarna merah, terjadi pembengkakan, dan terasa nyeri. Selain itu, fimosis yang tidak segera ditangani bisa menimbulkan kesulitan dalam buang air kecil atau gangguan ketika berhubungan seks. Beberapa penyebab fimosis yang mungkin perlu Anda sadari, di antaranya:

  • Masalah medis

Penyakit fimosis bisa terjadi pada penderita yang juga memiliki riwayat diabetes. Diabetes membuat penderitanya rentan terkena infeksi yang dapat membentuk jaringan parut pada kulup.

  • Faktor usia

Pertambahan usia pada seorang pria bisa mempermudah fimosis dapat terjadi. Hal ini dikarenakan, pria yang bertambah usianya bisa menyebabkan berkurangnya kelenturan pada kulup sehingga sulit ditarik ke belakang.

  • Tarikan dan peregangan yang kuat

Jika Anda melakukan tarikan atau peregangan yang terlalu kuat dan keras, maka bisa meningkatkan terjadinya kondisi fimosis. Hal ini dikarenakan kulit kulup bisa mengalami iritasi hingga peradangan sehingga sulit ditarik ke belakang.

Metode Apa yang Digunakan Untuk Mengobati Fimosis?

Setelah gejala diketahui, Anda bisa segera mengetahui cara mengatasi fimosis pada orang dewasa melalui pemeriksaan. Cara mengatasi fimosis pada orang dewasa akan dilakukan setelah mendapatkan hasil diagnosis. Dokter akan mendiagnosis fimosis dengan menanyakan riwayat penyakit dan pemeriksaan fisik. Setelah hasil diagnosis diketahui, berikut beberapa cara mengatasi fimosis pada orang dewasa yang bisa dilakukan.

  • Steroid topikal, digunakan untuk membantu melenturkan kulup sehingga mudah untuk ditarik ke belakang glans.
  • Krim antijamur, biasanya diberikan pada penderita yang mengalami infeksi akibat jamur.
  • Obat antibiotik, dipergunakan untuk mengatasi infeksi yang terjadi akibat infeksi dari bakteri.

Cara mengatasi fimosis pada orang dewasa yang disarankan oleh dokter adalah penggunaan kondom atau pelumas saat berhubungan seksual. Hal ini dilakukan untuk mencegah rasa tidak nyaman atau nyeri ketika melakukan hubungan intim. Jika infeksi masih terus terjadi meski sudah mengonsumsi obat-obatan, dokter biasanya akan menyarakan dilakukannya sirkumsisi atau sunat.


Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Cara mengatasi fimosis pada orang dewasa bisa Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik spesialis penanganan berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Perawatan penyakit di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter ahli yang telah berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan pelayanan medis terbaik sehingga pasien dapat merasakan kenyamanan serta kepuasaan setelah melakukan perawatan maupun pemeriksaan rutin. Sebelum dilakukan penanganan, Anda bisa berkonsultasi untuk mengetahui penyebab penyakit serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.