Pengobatan Fimosis Secara Alami

Pengobatan fimosis secara alami berguna jika tidak ingin mengonsumsi obat-obatan. Fimosis atau kulup panjang adalah salah satu kelainan yang terjadi pada kulup kelamin pria akibat belum melakukan sunat. Kondisi ini ditandai dengan melekatnya kulup pada kepala kelamin dengan kencang sehingga sulit untuk ditarik ke belakang. Fimosis dibagi menjadi dua jenis, yakni fimosis fisiologis dan fimosis patologis.

pengobatan fimosis secara alami
pengobatan fimosis secara alami

Penyebab dan Cara Mencegah Masalah Fimosis

Penyakit fimosis dapat terjadi pada balita dan anak berusia dua hingga enam tahun. Pada kondisi ini, fimosis masih dianggap wajar dan tak perlu melakukan perawatan bersama dokter. Umumnya, fimosis tidak menimbulkan rasa sakit, namun terkadang menyebabkan kotoran di bawah kulup menjadi sulit untuk dibersihkan. Jika hal ini dibiarkan, maka dapat mengakibatkan kemerahan pada kulit kulup, sulit buang air kecil, dan pembengkakan di organ kelamin.
 
Penyebab utama fimosis biasanya karena bawaan sejak lahir. Namun, fimosis juga bisa terjadi akibat beberapa penyebab lainnya, seperti masalah medis, usia, dan penarikan atau peregangan secara paksa. Kondisi atau masalah medis yang menjadi penyebab fimosis adalah diabetes. Selain itu, fimosis dapat menyerang seseorang yang telah lanjut karena kulup kelamin sudah semakin berkurang kelenturannya.
 
Hindari menarik kulup dengan terlalu keras karena akan membuat kulit menjadi robek dan mengalami peradangan. Untuk mencegah terjadinya kondisi tersebut, Anda dapat melakukan beberapa tindakan pencegahan, seperti:

• Bersihkan kulup kelamin dengan air hangat setiap hari.
• Hindari penggunaan bedak atau parfum di sekitar kelamin.
• Tidak menggunakan sabun pembersih kelamin berbahan kimia.
• Terapkan pola hidup sehat, seperti rutin melakukan olahraga.
• Hindari konsumsi rokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol.

Pengobatan Lain Penyakit Fimosis Pada Pria

Pengobatan fimosis secara alami dapat dilakukan dengan rutin melakukan olahraga. Selain itu, membersihkan organ kelamin dengan rutin bisa menjadi salah satu cara pengobatan fimosis secara alami. Pengobatan fimosis secara alami lainnya adalah dengan latihan menarik kulup kelamin secara perlahan setiap harinya.
 
Namun, jika pengobatan fimosis secara alami tidak memberikan efek, penanganan bersama dokter harus dilakukan, seperti:


• Obat antibiotik, diperlukan untuk mengatasi infeksi yang terjadi akibat bakteri.
• Krim antijamur, diberikan guna menangani infeksi akibat adanya jamur.
• Steroid topikal, bertujuan untuk melenturkan kulup agar mudah ditarik.

Pada kasus yang serius, pengobatan fimosis secara alami tidak bisa digunakan lagi. Hal ini dikarenakan fimosis akan menyebabkan komplikasi yang lebih berbahaya. Karena itu, satu-satunya tindakan yang harus dilakukan adalah melakukan sirkumsisi atau sunat. Tindak sunat bertujuan untuk mengangkat sebagian atau keseluruhan kulit kulup. Sirkumsisi atau sunat ini sangat efektif untuk mengobati fimosis, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Salah satu cara terbaik untuk menangani fimosis adalah berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter berpengalaman di bidangnya. Selain itu, perawatan terhadap berbagai penyakit kulit dan kelamin dapat tertangani dengan cepat dan tepat karena telah dilengkapi oleh peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa merupakan salah klinik kesehatan yang berada di daerah Jakarta. Tak perlu khawatir mengenai perawatan, karena biaya yang diberikan sangat terjangkau untuk semua kalangan. Untuk infomasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878. Membiarkan penyakit di dalam tubuh hanya akan memperparah kondisi kesehatan. Karena itu, segera konsultasikan masalah yang Anda miliki dengan Klinik Utama Sentosa.