Cara Mengatasi Fimosis Tanpa Sunat

Sudah terdapat berbagai cara mengatasi fimosis tanpa sunat. Fimosis atau kulup panjang merupakan kondisi dimana kulup kelamin memiliki kelainan, yakni melekat erat dengan kepala kelamin. Hal ini menyebabkan kulup tidak dapat ditarik ke belakang hingga melewati kepala kelamin. Jika kasus fimosis sudah semakin parah, maka dapat memunculkan gejala berupa kemerahan pada kulit kelamin.

cara mengatasi fimosis tanpa sunat
cara mengatasi fimosis tanpa sunat

Apa yang Menyebabkan Munculnya Masalah Fimosis?

Penyakit fimosis dapat dibedakan menjadi dua, yaitu fisiologis dan patologis. Fimosis fisiologis adalah kelainan pada kulup yang terjadi sejak lahir dan umumnya dapat diatasi pada usia 6 atau 7 tahun. Sementara, fimosis patologis biasanya disebabkan oleh infeksi, peradangan, serta terdapatnya jaringan parut pada organ kelamin. Selain itu, penyakit fimosis dapat pula disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:


• Kondisi medis

Mengetatnya kulit kulup bisa dipicu oleh adanya masalah medis, seperti penyakit diabetes. Penyakit ini dapat mengakibatkan terbentuk jaringan parut pada kulup sehingga kulit menjadi tidak lentur dan sulit ditarik ke belakang.


• Faktor usia

Selain masalah medis, penyakit fimosis pada pria dipicu oleh faktor usia. Seiring bertambahnya usia seorang pria, maka menyebabkan berkurangnya kelenturan pada kulup. Hal ini akan membuat kulit kulup sulit ditarik karena tidak lentur kembali.


• Penarikan paksa

Melakukan penarikan atau peregangan secara paksa dapat menyebabkan kulit kulup menjadi robek dan mengalami peradangan. Jika peradangan ini dibiarkan, maka akan mengakibatkan kulit kulup mengetat dan sulit di tarik ke belakang.

Bagaimana Penanganan Terhadap Penyakit Fimosis?

Cara mengatasi fimosisi tanpa sunat dapat dilakukan jika fimosis yang terjadi bukan masalah serius. Namun, jika gejala fimosis sudah mengganggu maka cara mengatasi fimosis tanpa sunat dapat dilakukan bersama dokter. Biasanya, cara mengatasi fimosis tanpa sunat yang dilakukan dokter adalah memberikan beberapa obat-obatan guna meringankan gejala fimosis. Obat yang diberikan dokter pada penderita fimosis, antara lain:


• Steroid topikal

Obat ini biasanya efektif diberikan pada penderita fimosis karena mengandung kortikosteroid. Biasanya, obat ini tersedia dalam bentuk krim atau salep yang dioleskan pada organ kelamin. Pemberian obat secara rutin dapat membantu melenturkan kulup sehingga mudah ditarik.


• Obat antibiotik

Antibiotik yang diberikan pada penderita fimosis ini biasanya berbentuk obat minum. Obat ini dikonsumsi sesuai resep yang dokter berikan. Mengonsumsi obat secara rutin dapat membantu mengatasi infeksi pada organ kelamin yang terjadi akibat bakteri.


• Krim antijamur

Penyebab fimosis pada pria dapat beragam, salah satunya adalah jamur. Jamur yang menginfeksi organ kelamin akan menyebabkan masalah pada kulit kulup. Karena itu, cara terbaik untuk mengatasinya adalah menggunakan krim antijamur.
 
Selama mengikuti cara mengatasi fimosis tanpa sunat tersebut, penderitanya disarankan untuk tidak melakukan aktivitas seksual sampai gejala menghilang. Namun, jika tetap ingin melakukan hubungan seksual maka Anda biasanya disarankan untuk menggunakan pelindung atau kondom serta pelumas. Hal ini berguna untuk mencegah rasa nyeri atau ketidaknyaman ketika berhubungan seksual.

Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Penanganan terhadap masalah fimosis dapat Anda lakukan dengan berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Konsultasi bertujuan untuk mengetahui cara mengatasi fimosis tanpa sunat serta pilihan pengobatan yang cocok dilakukan. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin. Klinik ini dilengkapi dengan peralatan medis yang canggih sehingga perawatan dapat berlangsung cepat.
 
Melakukan perawatan di klinik ini, Anda juga tak perlu khawatir karena biaya cukup terjangkau dan berlokasi sangat strategis. Sebelum perawatan dilakukan, Anda perlu berkonsultasi bersama dokter ahli guna mengetahui cara mengatasi fimosis tanpa sunat atau sirkumsisi. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878. Menunda penyakit hanya akan memperburuk keadaan Anda, karena itu periksakan dengan Klinik Utama Sentosa.