Bisakah Disembuhkan Dengan Salep Untuk Fimosis?

 

Dapatkan fimosis diobati dengan menggunakan salep untuk fimosis? Temukan jawabannya lewat penjelasan di bawah ini. Fimosis merupakan salah satu masalah pada kulit penis yang dapat terjadi pada siapa saja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Penyebab fimosis pada anak-anak dan orang dewasa biasanya berbeda-beda. 



Kondisi kulup penis yang tidak dapat ditarik merupakan hal yang wajar bagi anak kecil terutama yang belum disunat. Jika fimosis terjadi pada anak, sebaiknya jangan ditarik dengan paksa, karena dapat mengakibatkan adanya infeksi.Pada pria dewasa, biasanya fimosis disebabkan oleh adanya infeksi menular seksual dimana untuk mengatasinya tidak cukup jika hanya menggunakan salep untuk fimosis saja. Pada umumnya, saat dewasa kulit penis menjadi elastis dan bisa ditarik ke belakang. Namun, jika fimosis terjadi, maka salah satu solusi yang bisa digunakan untuk mengatasinya adalah dengan melakukan sunat atau khitan.

Apa Yang Menyebabkan Fimosis?


Faktor penyebab fimosis ini biasanya berbeda-beda untuk anak-anak dan orang dewasa. Jika anak-anak merupakan hal yang wajar, maka pada pria dewasa hal ini bisa jadi masalah yang serius. Anak-anak yang berumur dibawah 6 tahun biasanya mengalami masalah kulit penis yang sulit ditarik ini. Berikut beberapa gejala dan risiko yang menyebabkan terjadinya fimosis.

•Usia balita

Pada masa ini fimosis sering dialami oleh anak-anak, pasalnya kulup atau kulit yang menutupi penis masih menempel dengan bagian kelenjar. Jika ditarik secara paksa, hal ini dapat menyebabkan rasa sakit.

Baca Juga : Apa Penyebab Kulup Tidak Bisa Ditarik?



•Infeksi kulup

Mereka yang mengalami infeksi kulup juga lebih rentan terkena gangguan fimosis ini.

•Kondisi kulit

Hal ini biasanya menjadi penyebab terjadinya fimosis pada pria dewasa. Adanya psoriasis, eksim, lichen planus, maupun lichen schlerosus merupakan kondisi-kondisi yang dapat meningkatkan terjadinya fimosis pada pria dewasa. Salep untuk fimosis dapat dijadikan salah satu cara mengatasi masalah fimosis ini.

Bahaya Menderita Fimosis


Jika mengalami gejala fimosis, namun Anda abaikan maka akan ada bahaya yang mungkin Anda alami. Pada anak-anak, biasanya fimosis dapat sembuh seiring dewasa. Namun untuk pria dewasa jika tidak segera diatasi tentu dapat mengakibatkan adanya ketidaknyamanan. Terutama terkait masalah berhubungan seksual. Pasalnya pria yang mengalami fimosis akan kesulitan dalam melakukan hubungan seksual. Penis akan terasa sakit saat digunakan untuk ejakulasi. Selain itu, jika fimosis dibiarkan, maka dapat mengganggu aktivitas berkemih yang merupakan kebutuhan setiap orang.

Gejala Terjadinya Fimosis


Tanda bahwa Anda mengalami fimosis adalah kulit penis atau kulup yang menutupi penis dan mengganggu aktifitas berkemih maupun saat berhubungan seksual. Fimosis sebenarnya tidak menyimbulkan rasa nyeri, namun jika kulup dipaksa ditarik, maka dapat menimbulkan rasa sakit. Fimosis pada pria dewasa dapat mengganggu hubungan seksual dan jika dibiarkan terlalu lama dapat memicu penyakit menular seksual. Jika gejala yang muncul sudah sampai penis memerah, bengkak, dan nyeri, maka hal tersebut harus diwaspadai. Bisa jadi hal tersebut adalah gejala terjadinya radang glans, yang tidak cukup diobati dengan salep untuk fimosis saja.

Cara Mengobati Fimosis


Fimosis dapat diobati dengan berbagai cara. Tergantung dari penderita maupun penyebabnya. Salah satunya cara mengobati fimosis ini adalah dengan menggunakan salep untuk fimosis. Namun, perlu diingat bahwa Anda jangan asal membeli salep untuk fimosis. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat untuk mengobati fimosis. Fimosis ini paling sering diderita oleh pria dewasa yang tidak disunat. Jarang sekali fimosis menyerang pria yang sudah disunat.



Untuk pria dewasa, fimosis dapat diatasi dengan cara melakukan sunat. Jika ingin mengatasi fimosis dengan cara disunat, maka lakukan saja di Klinik Utama Sentosa. Dengan peralatan yang lengkap, dokter kami siap membantu Anda dalam mengatasi masalah fimosis. Untuk masalah biaya dan prosedur lengkapnya, Anda bisa konsultasikan dengan dokter kami melalui hotline di nomor 081366657878 .