Kam17Jan201912:52

Bahaya Kulup Panjang Pada Pria

Bahaya kulup panjang yang dimiliki pria dapat menyebabkan komplikasi berbahaya jika tak ditangani dengan segera. Kulup panjang atau biasa disebut fimosis merupakan kondisi dimana kulup kelamin terlalu ketat hingga tidak bisa ditarik ke belakang kepala atau glans. Penyakit fimosis muncul dalam bentuk cincin ketat yang melingkari kulup sekitar ujung kelamin. Hal ini menyebabkan sulitnya kulit kulup untuk ditarik ke belakang melewati kepala kelamin.

bahaya kulup panjang
bahaya kulup panjang

Penyakit fimosis pada sebagian orang tidak menimbulkan gejala yang jelas. Namun beberapa penderitanya mungkin merasakan nyeri ketika berereksi, kulit kulup mengalami kemerahan, dan terjadi pembengkakan besar di bawah kulup. Jika infeksi yang terjadi sudah semakin parah, biasanya akan mengganggu kerja saluran urin, menyebabkan munculnya peradangan pada kelamin, dan infeksi pada kelenjar kulup.


>>>lakukan konsultasi online dengan dokter Kami<<<

Penyebab Seseorang Mengalami Kulup Panjang

Kulup panjang atau fimosis umumnya terjadi pada anak yang berusia 3 hingga 4 tahun. Penyebab utama seseorang menderita penyakit fimosis adalah belum melakukan sunat. Selain itu, beberapa penyebab adanya masalah fimosis, yakni karena bagian atas kulup kelamin terlalu kecil sehingga kepala kelamin sulit dilewati, kulup tidak dapat ditarik dengan sempurna karena braking cord terlalu pendek, dan adanya infeksi yang menyebabkan luka di kepala kelamin.
 
Faktor lain yang mengakibatkan seseorang bisa mengalami kondisi ini dapat berasal dari riwayat penyakit yang pernah dimiliki, faktor internal dalam tubuh, dan masalah kesehatan yang berkaitan dengan organ kelamin. Selain faktor bawaan lahir, penyebab kulup kelamin sulit ditarik ke belakang, adalah sebagai berikut:


• Memiliki riwayat penyakit kronis, seperti diabetes.
• Adanya peradangan pada kepala kelamin atau balanitis.
• Faktor usia yang mempengaruhi keelastisitasan kulup.
• Terlalu kuat dan keras melakukan peregangan pada kulup.
• Infeksi jaringan parut yang menyebabkan kulit sulit ditarik.


PENYEBAB FIMOSIS PADA PRIA KLIK DISINI*

Bahaya atau Komplikasi Akibat Kulup yang Panjang


Untuk mengetahui ada tidaknya bahaya kulup panjang pada pria, biasanya diagnosis akan dilakukan oleh dokter ahli. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan lanjutan guna mengetahui bahaya kulup panjang secara pasti. Beberapa bahaya kulup panjang yang dapat terjadi akibat tidak melakukan penanganan, yakni:

• Terjadi pendarahan

Infeksi akibat memiliki kulup panjang akan semakin berkembang dan menyebabkan darah keluar bersamaan dengan urin dari organ kelamin. Bahaya yang akan terjadi akibat kondisi ini adalah keluarnya darah kapan saja dan tidak dapat dikontrol.

• Memicu kista

Bahaya kulup panjang pada pria karena mengabaikan tindak penanganan adalah mengakibatkan munculnya kista pada pangkal kepala kelamin. Kista ini akan semakin parah jika infeksi masih terus terjadi dan tidak segera ditangani. Kista ini akan menyebabkan air urin tidak dapat keluar dengan lancar.

• Bengkak pada kulup

Pembengkakan pada kulit kulup merupakan bahaya kulup panjang lainnya. Bagian kulit yang mengalami pembengkakan akan menghambat proses buang air kecil dan menyebabkan retensi urin. Pada kondisi ini, penderitanya akan merasakan sakit luar biasa ketika buang air kecil dan perlu mengejan.

• Masalah pada ereksi

Bahaya kulup panjang pada orang dewasa, yakni mengalami masalah ereksi. Seorang pria yang menderita penyakit ini akan merasakan sakit karena tidak mampu melakukan ereksi. Hal ini dapat berdampak pada sperma yang terjebak di organ bagian dalam dan menyebabkan kemandulan pada pria.

• Penyakit parafimosis

Kulup panjang yang dibiarkan tanpa penanganan dapat berlanjut pada munculnya masalah parafimosis. Parafimosis merupakan keadaan dimana kulit kulup terjebak setelah ditarik ke belakang kepala kelamin. Kondisi ini akan menimbulkan rasa sakit karena kulit kulup tidak dapat kembali ke posisi semula dalam waktu yang cukup lama.


>>>klik untuk konsultasi 24 jam gratis<<<

Konsultasi Masalah Anda dengan Klinik Utama Sentosa


Cara mengatasi penyakit kulup panjang biasanya dilakukan oleh dokter dengan memberikan beberapa jenis obat antibiotik. Sementara pada kondisi yang sudah serius, tindakan sunat perlu dilakukan untuk menghindari penyebaran infeksi lebih luas. Karena itu, penyakit fimosis dapat disembuhkan dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa.

Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik spesialis penanganan penyakit Andrologi, Ginekologi, dan Penyakit Menular Seksual di wilayah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan berbagai keunggulan karena dilengkapi dengan peralatan medis yang telah berteknologi modern. Lakukan penanganan segera bersama Klinik Utam Sentosa dengan menghubungi hotline Kami di nomor 0813 6665 7878.