Apa Penyebab Kulup Tidak Bisa Ditarik?

Apa Anda pernah mengalami kulit kulup tidak bisa ditarik ketika ingin membersihkan alat kelamin? banyak yang tidak mengetahui penyebab kulup tidak bisa ditarik dan bahaya akan terjadi jika kondisi ini terjadi dan menganggap remeh.
Apa Penyebab Kulup Tidak Bisa Ditarik?
Apa Penyebab Kulup Tidak Bisa Ditarik?
Kulup merupakan bagian dari kulit luar yang terdiri dari jaringan otot, kulit, pembuluh darah, dan selaput lendir. Kulup adalah bagian dari kulit yang berada di kepala penis, berfungsi untuk melindungi penis ketika ereksi.

Saat pria ingin membersihkan glans penis, akan dilakukan dengan cara menarik kulit kulup kebelakang sehingga mudah untuk dibersihkan. Akan tetapi beberapa dari pria mengalami kondisi berbeda, dimana kulup tidak dapat ditarik serta menimbulkan rasa sakit.

Pada pria yang belum atau tidak disunat, maka penis masih memiliki kulup yang menempel di ujungnya. Kulup penis pada umumnya dapat ditarik ke belakang atau akan mengerut mundur ketika ereksi. Namun demikian, ada banyak kemungkinan masalah yang bsa menghampiri penis. Salah satu penyebab kulup tidak bisa ditarik adalah fimosis.




Apa itu fimosis?

Kulit kulup mewakili setidaknya ada sepertiga dari kulit penis. Kulup berfungsu melindungi kepala penis dari gesekan dan kontak langsung dengan pakaian. Saat kulit kulup tidak dapat ditarik ke belakang atau mengerut mundur melewati kepala penis ketika sedang ereksi, kondisi ini disebut dengan fimosis.

Faktor yang dapat meningkatkan seorang pria mengalami fimosis dan penyebab kulup tidak bisa ditarik adalah karena tidak melakukan sunat atau khitan. Hal ini akan mempengaruhi banyak masalah yang akan ditimbulkan oleh bakteri yang berada di kulup serta berkembang menimbulkan gangguan kesehatan.

Pada umumnya fimosis tidak menimbulkan gejala selain kulit kulup penis tidak bisa ditarik ke belakang. Namun, pada beberapa orang mungkin akan merasakan nyeri ketika ereksi, kulit kemerahan, dan kadang menyebabkan pembengkakan seperti balon di bawah kulup.

Simak: Metode Sunat Untuk Fimosis* Klik Disini

Fimosis yang sudah parah, dapat mengganggu kerja saluran urin, mengakibatkan terjadinya peradangan pada penis (penyakit balanitis), infeksi kelenjar kulup, hingga penyakit parafimosis (ketika kulit kulup macet akhirnya akan mengehentikan aliran darah ke ujung penis.

Selain itu, bakteri yang berada di kulup dapat menyebar, mengakibatkan penyakit menular. Ketika melakukan hubungan seksual dengan pasangan, kemungkinan bakteri akan menular yang menyebabkan kondisi yang berbahaya. Pria yang mengalami peradangan disebabkan fimosis dapat meningkatkan risiko pria mengalami kanker penis.




Bagaimana cara mengatasi kulup tidak bisa ditarik?

Pria dewasa yang mengalami kondisi ini karena tidak melakukan sunat. Pria yang tidak sunat akan memiliki banyak penyakit yang dapat menyerang area kelamin. untuk mengatasi penyebab kulup tidak bisa ditarik, gunakan cara untuk membersihkan dengan menggunakan air hangat ketika membersihkan daerah tersebut. Selalu menjaga kebersihan area kelamin, membersihkan area kelamin dengan benar agar tidak mudah terinfeksi bakteri.

Jika kondisi terus menerus, maka cara yang paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan melakukan tindakan sunat. Sunat atau khitan bertujuan untuk memotong kulit kulup, hal ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan pria.

Anda tidak perlu khawatir apalgi malu, sebab saat ini sudah tersedia metode sunat laser bagi pria dewasa. Metode sunat laser merupakan cara yang tepat untuk sunat pria dewasa, meminimalisir rasa sakit, pendarahan yang sedikit.

Baca Juga: Mengapa Penting Melakukan Sunat?

Jika saat ini Anda sedang mengalami kulit kulup yang tidak bisa ditarik dan untuk mengatasinya hingga tuntas, silahkan kunjungi Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin dengan dokter ahli profesional yang akan membantu mengatasi masalah penyakit kelamin Anda. Kami memberikan perawatan medis prima yang aman, cepat dan akurat yang di dukung peralatan medis modern canggih dengan biaya sunat laser terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut terkait penyebab kulup tidak bisa ditarik, silahkan klik website kami untuk konsultasi, atau hubungi kami di 081366657878.