Apa Penyebab Fimosis Pada Pria?

Penyebab fimosis pada pria maupun anak-anak adalah karena tidak melakukan sunat. Fimosis merupakan kelainan organ kelamin, yakni melekatnya kulit kulup dengan kepala kelamin dengan erat. Hal ini menyebabkan kulit kulup tidak dapat ditarik ke belakang melewati kepala kelamin atau glans. Umumnya, kondisi ini terjadi pada anak berusia dua hingga enam tahun dan pria dewasa yang belum disunat.

penyebab fimosis
penyebab fimosis
Penyakit fimosis pada pria dapat berlanjut ke tahap peradangan atau biasa disebut balanitis. Karena itu, fimosis memiliki risiko peningkatan infeksi saluran kemih, sulit melakukan hubungan seksual, dan mengganggu proses berkemih. Penyebab fimosis yang tak segera tak ditangani akan memunculkan kondisi kulit, seperti:
 
• Eksim, yaitu peradangan kulit jangka panjang yang menyebabkan kulit menjadi gatal, kemerahan, dan kering.
• Psoriasis, yaitu kondisi dimana kulit mengalami bercak-bercak kemerahan, berkerak, dan bersisik.
• Lichen planus, yakni ruam yang terasa gatal sehingga mempengaruhi daerah sekitar untuk ikut terinfeksi.
• Lichen sclerosus, yaitu kondisi kulit yang disebabkan oleh iritasi urin sehingga jaringan parut pada kulup terbentuk.


>>>lakukan konsultasi online dengan dokter Kami<<<

Penyebab Penyakit Fimosis Secara Umum

Beberapa penyebab fimosis secara umum dapat dibedakan berdasarkan usia penderitanya. Biasanya, kulup kelamin pada anak berusia 3 hingga 4 tahun dapat ditarik. Namun, beberapa kulup kelamin anak lainnya lengket dan tidak dapat ditarik ke belakang. Kondisi yang menyebabkan terjadinya penyakit fimosis pada anak, antara lain:


• Bagian atas kulup kelamin terlalu kecil sehingga tidak dapat melewati glans.
• Braking cord terlalu pendek sehingga kulup tidak bisa ditarik sempurna.
• Glans kelamin yang terluka hingga menyebabkan munculnya infeksi pada kulup.

Sementara itu, penyebab fimosis pada orang dewasa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

• Kondisi medis
 
Penyebab fimosis pada pria dewasa berkaitan dengan adanya riwayat penyakit dalam tubuh, seperti diabetes. Penyakit diabetes akan mengakibatkan penderitanya rentan terinfeksi hingga menimbulkan jaringan parut pada kulup.


• Faktor usia

Usia yang semakin bertambah juga bisa menjadi salah satu penyebab fimosis pada pria dewasa. Seorang pria yang mengalami pertambahan usia akan berdampak pada berkurangnya kelenturan kulup. Hal inilah yang mengakibatkan kulup kelamin sulit untuk ditarik ke belakang.
 

• Peregangan terlalu kuat

Penyebab penyakit fimosis pada pria lainnya adalah dikarenakan oleh peregangan atau penarikan kulup yang terlalu kuat. Hal tersebut akan membuat kulit kulup menjadi robek hingga menyebabkan peradangan yang mengarah pada fimosis.


Apa Saja Gejala yang Dirasakan Penderitanya

Kulup kelamin yang mengetat merupakan gejala utama penyakit fimosis. Kondisi tersebut akan mengganggu proses buang air kecil sehingga mencegah seseorang untuk mengosongkan kandung kemih sepenuhnya. Selama melakukan hubungan seksual, pria dengan penyakit fimosis akan merasakan sakit serta pengelupasan pada kulit kelamin. Beberapa gejala lain yang tampak ketika Anda menderita fimosis adalah sebagai berikut:
 
• Adanya rasa sakit dan nyeri saat buang air kecil.
• Muncul rasa gatal yang berlanjut pada kemerahan.
• Pembengkakan kelamin karena penumpukan cairan.


Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Penanganan terhadap penyakit fimosis yang paling tepat adalah melakukan pemeriksaan dengan dokter di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan terpercaya yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin. Klinik ini berlokasi sangat strategis karena berada di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan ditangani dengan dokter berkompeten dan berpengalaman di bidangnya.
 
Salah satu keunggulan dari Klinik Utama Sentosa adalah memprioritas pelayanan medis kepada pasien sehingga tercipta kepuasaan saat melakukan perawatan serta pemeriksaan rutin. Klinik ini juga dilengkapi peralatan medis canggih dan modern sehingga proses penyembuhan dapat berlangsung cepat. Selain itu, Anda juga dapat melakukan konsultasi secara online dan gratis bersama staf medis ahli.
 
Untuk informasi lebih lengkap mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda dapat menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878. Penyakit yang terlalu lama dibiarkan dalam tubuh akan menyebabkan kondisi kesehatan memburuk hingga membutuhkan penanganan yang lebih serius. Karena itu, segera hubungi Klinik Utama Sentosa untuk pemeriksaan penyakit lebih lanjut.