Apa Itu Fimosis?

Fimosis adalah suatu kondisi dimana kulit kulup tidak dapat ditarik (ditarik kembali) dari sekitar ujung penis. Fimosis dapat terjadi secara alami atau akibat jaringan parut. Perawatan perlu segera dilakukan jika menyebabkan buang air kecil menjadi sulit atau menyebabkan gejala yang lain.
Apa Itu Fimosis?
Apa Itu Fimosis?
Pada pria yang tidak disunat, kulup menutupi kepala penis, umumnya, kulup dapat ditarik kembali saat dibutuhkan. Ketika kulup tidak bisa ditarik kembali, kondisi ini dikenal dengan fimosis. Saat seorang pria mengalami fimosis, mungkin terlihat seperti cincin ketak di sekitar area ujung penis, area ini mungkin bengkak dan merah serta mungkin mengalami kesulitan untuk buang air kecil.

Fimosis adalah kondisi umum, fimosis ada dua jenis, yaitu:

Fimosis fisiologis. Keadaan normal untuk bayi laki-laki yang baru lahir. Seiring bertambahnya usia anak laki-laki, kulit khatan menjadi bisa ditarik. Umumnya terjadi pada usia 7 tahun, namun terkadang dibutuhkan beberapa tahun lagi.

Fimosis patologis. Fimosis adalah hasil dari infeksi, peradangan, atau jaringan parut. Fimosis patologis kadang-kadang disebabkan kebersihan yang buruk. Jika seorang pria tidak mencuci area secara menyeluruh dan konsisten, dapat mengembangkan infeksi, seperti radang kulup, atau balanitis, bahkan keduanya terjadi secara bersamaan.

Komplikasi akibat fimosis termasuk pendarahan, infeksi, sulit untuk buang air kecil atau terasa menyakitkan, dan ereksi yang menyakitkan. Sebaiknya untuk tidak mengabaikan fimosis. Sebab, seiring waktu cincin dapat menjadi lebih ketat dan lebih sulit untuk dirawat.



Gejala fimosis

Gejala utama fimosis adalah ketidakmampuan untuk menarik kulup kembali. Gejala umum lainnya adalah pembengkakan kulup ketika buang air kecil.

Selain itu, gejala fimosis adalah ketidakmampuan untuk buang air kecil. Fimosis tidak selalu mengarah pada gejala. Namun, ketika hal itu terjadi, mungkin termasuk kemerahan, nyeri atau bengkak. Kulit khatan yang kencang dapat mengganggu aliran urin yang normal. Dalam kasus yang sudah parah, dapat mencegah mengosongkan kandung kemih sepenuhnya.

Baca Juga: Tempat Sunat laser di jakarta! Klik Disini

Perawatan untuk fimosis

Pemeriksaan fisik dan tinjauan umumnya cukup untuk mendiagnosis fimosis atau kondisi yang mendasarinya seperti penyakit balanitis. Mengobati balanitis atau infeksi jenis lain dimulai dengan usap kulit khatan untuk di tes di laboratorium.

Jika tidak ada infeksi atau penyakit lain yang menyebabkan fimosis, ada beberapa perawatan yang tersedia yang akan diberikan oleh dokter. Tergantung pada tingkat keparahan kondisinya. Dalam kasus yang lebih serius, sunat atau prosedur bedah akan diperlukan.

Operasi pengangkatan sebagian kulup juga mungkin akan dilakukan, sementara sunat dilakukan pada masa bayi, operasi dapat dilakukan pada anak laki-laki atau pria di segala usia. Tindakan sunat juga akan diperlukan jika mengalami balanitis berulang, infeksi saluran kemih (ISK), atau infeksi yang lainnya.



Fimosis? Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Fimosis yang terjadi pada pria dapat diatasi hingga tuntas dan tanpa efek samping jika Anda mendapatkan perawatan yang tepat. Fimosis adalah kondisi yang umum terjadi pada pria yang tidak disunat.

Jika saat ini Anda mengalami fimosis dan sedang mencari cara mengatasinya terutama bagi Anda yang belum di sunat, kunjungi Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang khusus menangani penyakit menular seksual (PMS), Andrologi, dan Ginekologi. Memiliki dokter ahli kelamin profesional terlatih yang sudah berpengalaman.

Klinik Utama Sentosa melayani sunat dewasa dengan metode terbaru. Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait penyakit fimosis adalah, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.