Jum02Agu201914:40

Waspada Terhadap Tanda dan Gejala Infeksi Saluran Kemih

 Tanda dan gejala infeksi saluran kemih yang paling sering dialami adalah gangguan buang air kecil. Infeksi saluran kemih adalah infeksi yang mengenai organ yang termasuk ke dalam bagian sistem saluran kemih. Sistem saluran kemih terdiri dari kandung kemih, ureter, ginjal, dan uretra. Jenis infeksi saluran kemih ini tergantung dari bagian yang diinfeksi.

tanda dan gejala infeksi saluran kemih
tanda dan gejala infeksi saluran kemih


Infeksi saluran kemih dapat terjadi pada pria maupun wanita, namun infeksi ini paling sering menyerang wanita. Penyebabnya adalah bentuk dan letak uretra wanita yang lebih pendek dan lebih dekat dengan anus. Pada anus, bakteri lebih banyak dan masuk untuk menginfeksi, dimana penyebab infeksi saluran kemih ini berasal dari bakteri dari sekitar anus. Jika Anda mengalami gangguan buang air kecil seperti buang air kecil yang terlalu sering dan ingin tahu penyebabnya, kenali tanda dan gejala infeksi saluran kemih.

Apa Itu Infeksi Saluran Kemih


Infeksi saluran kemih merupakan salah satu gangguan kesehatan yang dapat menular. Untuk itu berhati-hatilah terhadap tanda dan gejala infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih terjadi akibat infeksi yang disebabkan oleh bakteri E. coli. Bakteri yang satu ini memang sudah ada dan hidup di saluran pencernaan, namun yang jadi masalah ada perkembangan bakteri ini yang jika tidak terkendali. Jika pertumbuhannya tidak terkendali maka dapat menyebabkan terjadinya infeksi.

Infeksi saluran kemih ini dapat diatasi dengan menggunakan obat kencing. Namun, yang perlu diwaspadai adalah infeksi bakteri ini dapat naik hingga ke ginjal. jika infeksinya telah mengenai ginjal, maka dapat menyebabkan gangguan pada ginjal. Aktivitas berkemih dimulai dari ginjal dimana zat sisa dari darah mulai disaring dan dikeluarkan dalam bentuk urine. Jika ginjal tidak dapat melakukan penyaringan terhadap zat sisa ini dengan benar, maka fungsi organ lainnya akan mulai terganggu. Inilah kenapa saluran kemih harus segera disembuhkan sebelum menyebabkan bahaya infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih ini jika terjadi pada wanita hamil dapat menyebabkan berbagai bahaya, salah satunya adalah kelahiran prematur dimana bayi yang dilahirkan akan memiliki berat badan yang kurang.


Jenis-Jenis Infeksi Saluran Kemih


Berdasarkan bagian sistem saluran kemih yang terinfeksi, infeksi saluran kemih dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu infeksi saluran kemih bawah dan atas. Secara lebih mendetail, jenis beserta tanda dan gejala infeksi saluran kemih meliputi:

• Infeksi Kandung Kemih (Cystitis)

Infeksi saluran kemih jenis ini disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada bagian kandung kemih. Jika infeksinya baru mengenai kandung kemih, maka belum terlalu berbahaya. Bahkan tanda dan gejala infeksi saluran kemih ini dapat sembuh sendiri. Namun gejala yang cukup mengganggu aktivitas ini akan lebih baik jika diberikan perawatan dan pengobatan yang tepat agar gejalanya dapat segera hilang. Penyebab dari infeksi pada kandung kemih ini disebabkan oleh bakteri.

• Infeksi Uretra (Urethritis)

Ketika infeksi saluran kemih menginfeksi uretra, maka gangguan infeksinya disebut Uretritis. Uretra adalah saluran kencing yang memiliki tugas untuk mengangkut urin dari kandung kemih keluar tubuh. Gejala pada penderita infeksi saluran kemih jenis ini frekuensi buang air kecil yang bertambah dan rasa sakit yang menyertai.

• Infeksi Ginjal (Pyelonephritis)

Ketika infeksi saluran kemih, bakterinya telah menyebar hingga ke ginjal maka gangguan ini disebut dengan infeksi saluran kemih Pyelonephritis. Infeksi jenis ini dapat menyebabkan berbagai tanda dan gejala infeksi saluran kemih yang menyebabkan ketidaknyamanan. Gejala yang muncul diantaranya adalah rasa nyeri dimana jika tidak segera diobati dapat menyebabkan adanya komplikasi. Ketika ginjal mengalami masalah, maka fungsi organ lainnya juga akan terganggu.

Ketiga jenis infeksi saluran kemih ini mungkin menyebabkan tanda atau gejala infeksi saluran kemih yang berbeda-beda. Tanda dan gejala infeksi saluran kemih dapat diatasi dengan menggunakan obat kencing tergantung seberapa parah infeksi yang dialami. Infeksi saluran kemih ini semakin lama dibiarkan maka dapat menyebar dan menginfeksi organ sistem saluran kemih lainnya. Untuk itu pengobatannya harus segera dilakukan. Sedangkan untuk mencegah penularan infeksi saluran kemih dapat dilakukan dengan menggunakan obat antibiotik. Penggunaan obat untuk mengobati infeksi saluran kemih dapat dilakukan dengan mengikuti saran dokter.

tanda dan gejala infeksi saluran kemih
tanda dan gejala infeksi saluran kemih

Gejala Infeksi Saluran Kemih


Seseorang yang menderita infeksi saluran kemih, biasanya akan mengalami beberapa gejala seperti berikut:

• Buang air kecil menjadi lebih sering.
• Ketika buang air kecil terasa sakit dan seperti terbakar.
• Nyeri pada perut bagian bawah.
• Urin yang keluar berbau tidak sedap dan warnanya lebih gelap.
• Kencing disertai darah.
• Demam.

Itulah tanda dan gejala infeksi saluran kemih pada umumnya. Jika gejala tersebut disertai dengan adanya rasa nyeri pada punggung serta mual dan muntah-muntah, maka berhati-hatilah. Bisa jadi itu adalah tanda bahwa infeksinya telah menyebar naik hingga ke ginjal. Semakin infeksinya menyebar, maka gejalanya juga semakin bertambah parah. Jika Anda buang air kecil dan urine bercampur darah padahal tidak sedang menstruasi, maka segeralah periksakan diri Anda ke dokter. Jangan sampai infeksinya menyebar dan menyebabkan berbagai tanda dan gejala infeksi saluran kemih yang mengganggu.

Bahaya Infeksi Saluran Kemih


Ketika penderita gejala infeksi saluran kemih dirasakan, maka kemungkinan infeksinya menybar sangatlah mungkin. Untuk itu segera atasi tanda atau gejala infeksi saluran kemih begitu muncul. Jangan biarkan gejalanya semakin parah dan mengacu pada bahaya seperti berikut ini:

• Striktur uretra

Salah satu bahaya yang dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih adalah striktur uretra atau penyempitan uretra. Bahaya ini dapat terjadi pada pria. Ketika uretra menyempit, maka aktivitas buang air kecil akan terganggu.

• Sepsis

Apa itu sepsis? Tanda dan gejala infeksi saluran kemih telah mengenai ginjal adalah terjadinya sepsis. Jika sudah sampai pada sepsis ini, maka kerja ginjal akan mulai tidak maksimal.

• Kelahiran prematur

Bahaya ini dapat terjadi jika infeksi saluran kemih dialami oleh wanita hamil. Bayi yang dikandungnya akan lahir prematur atau lebih awal dari waktu yang seharusnya. Selain itu, berat badan bayi juga masih rendah dan berisiko saat dilahirkan.


Mencegah dan mengobati Infeksi Saluran Kemih
Untuk mencegah infeksi saluran kemih sampai ke ginjal, maka sebaiknya hindari hal-hal yang dapat memicu terjadinya infeksi saluran kemih. Hal tersebut di antaranya adalah tidak membiasakan menahan buang air kecil. Selain itu minum air yang cukup setiap hari dapat melancarkan aktivitas berkemih. Jika aktivitas berkemih lancar, maka bakteri yang berpotensi menyebabkan infeksi juga dapat dikeluarkan dari tubuh bersama dengan urine.
 
Sedangkan untuk mengobatinya, perlu diketahui tanda dan gejala infeksi saluran kemih agar lebih cepat dideteksi. Semakin cepat Anda mengenali gejalanya, semakin cepat pula Anda dapat melakukan pemeriksaan dan menjalani pengobatan. Pengobatan infeksi saluran kemih ini dapat Anda lakukan di Klinik Utama Sentosa. Untuk konsultasinya, silahkan lakukan dengan dokter kami melalui layanan hotline di nomor 081366657878 .